Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan dan ekstra fooding (EF) untuk Kacer serta manfaatnya

gambar jangkrik, kroto, belalang dan ulat hongkong
Jenis-jenis extra fooding (EF) yang bagus untuk burung Kacer

Onkicau.com - Kacer adalah jenis burung pemakan serangga. Di alam bebas burung ini biasa memakan belalang, jangkrik, ulat, cacing dan hewan-hewan kecil lainnya.

Tapi ketika dipelihara didalam kandang biasanya burung Kacer akan dibiasakan untuk mengkonsumsi voer sebagai pakan utamanya, sedangkan jenis pakan hewani hanya diberikan sebagai pakan tambahan saja.

Burung Kacer membutuhkan asupan pakan bernutrisi agar selalu sehat, aktif dan rajin berkicau. Terutama untuk Kacer lomba yang membutuhkan stamina prima saat bertanding di arena lomba.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Berikut ini beberapa jenis pakan dan extra fooding (EF) yang bagus untuk burung Kacer beserta manfaatnya:

1. Voer

Voer adalah pakan utama untuk burung Kacer yang dipelihara didalam kandang, tentu tujuannya agar lebih praktis dan tidak repot dalam perawatan hariannya, cukup taruh voer didalam cepuk bisa cukup untuk beberapa hari tanpa harus kuatir burung Kacer akan kelaparan.

Mengenai kandungan nutrisinya, tentunya tidak akan bisa menyamai kandungan nutrisi dari pakan alami seperti serangga, ulat dan binatang-binatang kecil lainnya. Jenis pakan hewani tersebut tentunya memiliki kandungan nutrisi yang lebih bagus jika dibandingkan dengan pakan buatan pabrik.

Pemilihan jenis voer untuk burung Kacer, terutama untuk Kacer lomba juga tidak boleh sembarangan, tidak hanya membuat kenyang saja tapi juga harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan burung Kacer. Pilihlah voer yang memiliki kandungan protein tinggi agar bisa memenuhi kebutuhan protein burung Kacer setiap harinya.

Untuk kandungan bahan baku voer juga harus disesuaikan dengan karakter burung Kacer yang akan mengkonsumsinya.

Voer yang pada komposisi bahan bakunya terdapat kandungan rumput laut lebih cocok untuk burung Kacer yang cepat panas / over emosi / fighter tinggi, karena sifat rumput laut yang dingin dapat meredam suhu tubuh burung Kacer.

Sedangkan voer yang pada komposisi bahan bakunya terdapat kandungan madu dan telur lebih cocok untuk burung Kacer yang lambat panas / kurang emosi /fighter rendah, karena telur dan madu akan memberikan efek hangat pada tubuh burung Kacer.

Baca juga: Pakan alami vs pakan buatan pabrik (voer) serta dampaknya pada performa burung

2. Extra fooding (EF)

Extra fooding (EF) adalah poin paling penting untuk Kacer lomba karena fungsinya sebagai sumber protein utama yang berperan untuk mendongkrak stamina dan birahi burung Kacer, Jika tidak diberikan extra fooding (EF), maka burung Kacer pasti akan loyo dan tidak bisa menampilkan performa terbaiknya.

Jenis extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer dan manfaatnya:

• Jangkrik

Jangkrik adalah menu extra fooding (EF) yang wajib untuk semua tipe burung Kacer, baik itu Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) maupun Kacer tipe fighter rendah (tipe dingin).

Yang berbeda adalah porsi pemberiannya, untuk Kacer tipe fighter tinggi tidak membutuhkan terlalu banyak asupan jangkrik karena Kacer tipe ini sudah memiliki mental fighter yang tangguh dan emosinya juga meluap-luap, jadi tidak perlu digenjot dengan banyak konsumsi jangkrik lagi.

Sedangkan untuk Kacer tipe fighter rendah membutuhkan lebih banyak asupan jangkrik untuk mendongkrak birahi dan emosinya agar sifat fighternya bisa meningkat.

Lebih bagus jika menggunakan jangkrik alam karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding jangkrik broiler.

• Ulat hongkong (UH)

Ulat hongkong sangat diperlukan untuk Kacer yang lambat panas (tipe dingin) karena efek panasnya akan menaikkan tensi Kacer sehingga emosi juga akan meningkat dan menjadi lebih agresif serta responsif dengan keberadaan Kacer lain disekitarnya.

Ulat hongkong (UH) tidak cocok untuk Kacer tipa fighter tinggi karena akan membuatnya over emosi, tapi pada saat cuaca dingin / hujan ulat hongkong juga bisa diberikan untuk Kacer tipe fighter tinggi agar suhu tubuh Kacer tetap stabil.

Ulat hongkong (UH) juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh Kacer pada saat cuaca dingin. Karena sifatnya yang panas, ulat hongkong (UH) juga bisa digunakan pada saat burung Kacer mabung untuk mempercepat rontoknya bulu-bulu lama burung Kacer.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk Kacer mabung agar cepat tuntas

• Belalang

Belalang sebetulnya merupakan extra fooding (EF) terbaik untuk burung Kacer karena kandungan proteinnya lebih tinggi dari jenis extra fooding (EF) lainnya.

Belalang cocok diberikan untuk burung Kacer yang lambat panas / kurang fighter. Tapi karena sulit untuk mendapatkannya, belalang bisa digunakan sebagai extra fooding (EF) alternatif saja.

• Kelabang

Kelabang bisa digunakan untuk mendongkrak emosi dan birahi burung Kacer yang lambat panas / kurang fighter.

Sebelum diberikan pada burung Kacer sebaiknya kepala dan ujung ekornya dibuang terlebih dulu karena mengandung racun. Kelabang bisa digunakan sebagai extra fooding (EF) alternatif karena tidak mudah untuk mendapatkannya.

• Kroto

Kroto sangat diperlukan untuk Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) karena sifat kroto yang dingin berfungsi untuk meredam emosi burung Kacer yang terlalu tinggi. Kroto juga sangat efektif untuk meningkatkan stamina dan birahi burung Kacer karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

• Ulat daun pisang

Ulat yang hidup didalam gulungan daun pisang ini sangat bagus diberikan pada burung Kacer tipe panas. Kandungan air didalam tubuh ulat ini bermanfaat untuk mendinginkan suhu tubuh burung Kacer.

Kandungan protein ulat daun pisang juga cukup tinggi dan tentunya sangat bagus untuk mendongkrak stamina burung Kacer.

Ulat daun pisang bisa digunakan sebagai extra fooding (EF) altetnatif untuk burung Kacer karena tidak mudah untuk mendapatkannya.

Sebelum diberikan pada burung Kacer, bersihkan dulu serbuk putih pada permukaan ulat daun pisang menggunakan air sampai bersih.

• Ulat bambu

Ulat bambu bisa diberikan pada saat burung Kacer dalam kondisi over birahi (OB), manfaatnya hampir sama dengan ulat daun pisang. Ulat ini banyak dijual dikios-kios burung, jadi ulat bambu bisa digunakan kapan saja kita membutuhkannya.

• Cacing

Cacing juga bisa di jadikan sebagai extra fooding (EF) alternatif untuk burung Kacer tipe fighter tinggi, fungsinya untuk menurunkan tensi burung Kacer yang emosinya meluap-luap dan juga bisa untuk menurunkan birahi Kacer.

Sebelum diberikan pada burung Kacer, sebaiknya bersihkan dulu kotoran yang ada didalam perut cacing.

Beberapa jenis extra fooding (EF) merupakan jenis pakan alami yang biasa diberikan untuk burung Kacer dalam perawatan harian atau menjelang lomba.

Baca juga: Cara paling ampuh untuk membentuk mental fighter Kacer lomba

Demikian sedikit informasi tentang jenis pakan dan extra fooding (EF) terbaikk untuk burung Kacer beserta manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Pakan dan ekstra fooding (EF) untuk Kacer serta manfaatnya"