Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Khusus Untuk Perkutut Mabung

gambar burung perkutut mabung
Burung Perkutut
Onkicau.com - Burung Perkutut bisa mengalami mabung sampai 2 kali dalam setahun, tapi umumnya burung Perkutut hanya berganti bulu secara bergiliran (nyulam).

Sebetulnya burung Perkutut yang sedang dalam masa mabung tidak perlu diberikan perawatan khusus seperti perawatan mabung pada burung kicauan.

Burung Perkutut yang dalam kondisi mabung / nyulam biasanya juga tidak mengalami penurunan performa yang signifikan, karena pada umumnya walaupun sedang mabung burung ini masih tetap bunyi (manggung) meskipun tidak serajin pada saaat kondisi normal (tidak mabung).

Tapi agar kondisi burung Perkutut tetap prima dan proses mabungnya bisa berlangsung dengan normal, maka tidak ada salahnya jika diberikan perawatan khusus agar proses pergantian bulunya bisa cepat selesai.

Baca juga: Jenis pakan dan jamu yang bagus untuk burung Perkutut

Berikut ini cara merawat burung Perkutut mabung / ngurak yang benar agar cepat tuntas:

1. Burung Perkutut yang sedang mabung sebaiknya dipindahkan kedalam kandang yang lebih luas atau kandang umbara agar bisa melepaskan bulu-bulunya dengan lebih leluasa sehingga proses mabungnya bisa berjalan lancar dan cepat selesai.

2. Berikan satu butir minyak ikan dua hari sekali selama masa mabung agar kondisi fisik burung Perkutut selalu fit dan agar bulu-bulu barunya bisa tumbuh lebih sehat dan mengkilap.

Berikan juga tulang sotong dan bubukan batu bata untuk membantu proses pencernaannya sekaligus untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral burung Perkutut.

3. Berikan tambahan ketan hitam dan beras merah pada menu pakannya dengan takaran masing-masing cukup setengah sendok teh saja untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut dan mempercepat proses perontokan bulu-bulu lamanya.

Jika burung Perkutut tidak mau memekan ketan hitam dan beras merah bisa di akali dengan menumbuk ketan hitam dan beras merah menjadi butiran-butiran kecil.

4. Selama masa mabung burung Perkutut tidak perlu dimandikan.

5. Penjemuran tetap dilakukan setiap hari pada jam 07:00 pagi agar burung Perkutut tetap sehat. Tapi durasinya jangan terlalu lama, cukup 15 - 20 menit saja.

6. Sebaiknya burung Perkutut yang sedang mabung ditempatkan dilokasi yang tenang dan dijauhkan dari semua gangguan agar proses mabungnya berjalan lancar dan cepat selesai.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan konsisten agar masa mabung burung Perkutut berjalan normal dan cepat selesai.

Jika diberikan perawatan yang tepat selama masa mabung, maka setelah selesai mabung burung Perkutut akan memiliki bulu-bulu yang rapi dan mengkilap serta akan bertambah gacor.

Baca juga: Cara memandikan burung Perkutut yang benar

Demikian sedikit informasi tentang perawatan yang tepat untuk burung Perkutut mabung / ngurak agar cepat tuntas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan Khusus Untuk Perkutut Mabung"