Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri dan Kelebihan Cucak Ijo Banyuwangi Asli

gambar burung cucak ijo banyuwangi asli
Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Onkicau.com - Cucak ijo (CI) Banyuwangi adalah jenis burung Cucak ijo yang paling terkenal dan paling banyak diminati oleh para Kicau Mania, karena burung ini di anggap memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding burung Cucak ijo dari daerah lain.

Kelebihan dan keistimewaan burung Cucak ijo asal Banyuwangi bukanlah isapan jempol belaka, karena kualitasnya memang sudah terbukti dengan banyaknya Cucak ijo Banyuwangi yang menjadi jawara di arena lomba burung kicau tingkat Nasional.

Karena banyaknya Cucak ijo Banyuwangi yang berprestasi dalam event-event lomba burung tingkat Nasional sehingga membuat pamornya semakin bersinar dan banyak diminati oleh para pemain Cucak ijo lapangan.

Baca juga: Cara membuat Cucak ijo tampil nagen dan bongkar isisan ketika dilombakan

Banyaknya peminat Cucak ijo Banyuwangi dan stocknya yang sangat minim membuat harga jual burung Cucak ijo dari daerah Banyuwangi menjadi lebih tinggi dibanding burung Cucak ijo dari daerah lain.

Karena peminatnya banyak, kemudian peluang tersebut dimanfaatkan oleh para oknum pedagang nakal dengan menjual burung Cucak ijo dari daerah lain yang dikatakan sebagai burung Cucak ijo asli Banyuwangi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Karena burung Cucak ijo dari daerah Banyuwangi paling laku dipasaran dan harga jualnya juga paling tinggi dibanding burung Cucak ijo dari daerah lain sehingga lebih mudah untuk menjualnya dengan harga lebih tinggi jika diberi label Cucak ijo Banyuwangi.

Oleh karena itu, jika berniat membeli Cucak ijo Banyuwangi sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak tertipu, karena saat ini stock bahan / bakalan burung Cucak ijo asli dari Banyuwangi sudah sangat langka, dan kalaupun ada harganya juga cukup mahal walaupun masih bahan tangkapan hutan.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk Cucak Ijo muda hutan agar rajin bunyi dan cepat gacor

Berikut ini beberapa ciri-ciri otentik Cucak Ijo Banyuwangi yang asli:

1. Postur tubuh burung Cucak ijo Banyuwangi yang asli relatif lebih besar dan panjang jika dibandingkan dengan burung Cucak ijo dari daerah lain.

2. Jika diperhatikan, bentuk tubuh Cucak ijo Banyuwangi asli terlihat melengkung (bongkok udang), berbeda dengan burung Cucak Ijo dari daerah lain yang rata-rata postur tubuhnya lebih pendek dan lurus.

3. Warna bulu burung Cucak ijo asli dari hutan Banyuwangi terlihat hijau cerah dan matang, tidak kekuning-kuningan seperti burung Cucak ijo dari Kalimantan.

4. Ekor burung Cucak ijo Banyuwangi yang asli cenderung lebih panjang dan lebih lentur jika dibandingkan dengan bulu ekor burung Cucak ijo dari daerah lain yang terkesan pendek dan kaku.

5. Kaki burung Cucak ijo Banyuwangi yang asli terlihat lebih besar dan kokoh, dan jika sudah berumur (tua) maka sisik kakinya terlihat lebih kering dan kasar.

6. Bentuk kepala Cucak ijo Banyuwangi yang asli cenderung lebih besar tapi terlihat proporsional dengan leher jenjang serta bentuk paruh yang panjang dan tebal.

7. Ketika berkicau, jambul Cucak Ijo Banyuwangi yang asli tampak lebih njegrik / berdiri penuh dan warna ster biru menyala pada kedua sisi sayapnya tampak begitu jelas pada saat ngentrok.

8. Pada saat sendiri, suara kicauan Cucak ijo Banyuwangi yang asli cenderung monoton, tapi ketika tarung atau berada di arena lomba maka burung ini akan terlihat begitu garang dengan gaya trokbul dan materi lagu yang mewah penuh variasi serta dibawakan dengan ngotot dan full power.

Kelebihan yang paling menonjol dari Cucak ijo asli Banyuwangi adalah pada mental fighternya yang lebih tangguh dibanding rata-rata burung Cucak Ijo dari daerah lain.

Dengan semua kelebihannya tersebut, dari mulai suara kicauannya yang lantang dan bervariasi, mental fighternya yang tangguh dan gaya tarungnya yang memukau, maka tidak heran jika banyak Cucak ijo Banyuwangi yang merajai arena lomba burung, baik pada event-event kecil maupun event-event besar skala Nasional.

Hal itulah yang menyebabkan Cucak ijo Banyuwangi menjadi sangat terkenal di kalangan Kicau Mania dan menjadi salah satu burung ocehan yang paling di minati.

Baca juga: Ciri-ciri Cucak ijo Kalimantan dan Cucak ijo Sumatera

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Cucak ijo Banyuwangi asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak Ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan Kelebihan Cucak Ijo Banyuwangi Asli"