Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi

On Kicau
Burung Ciblek kristal dan Ciblek semi

On Kicau - Burung Ciblek saat ini memang tidak setenar dulu, pamornya kini semakin meredup karena semakin jarang di adakan lomba untuk kelas Ciblek. Tapi meskipun tidak setenar dulu, burung Ciblek masih tetap memiliki penggemar fanatik walaupun kebanyakan Kicau Mania memelihara burung Ciblek hanya untuk digunakan sebagai burung masteran saja.

Suara burung Ciblek yang begitu nyaring dengan tembakan-tembakan rapatnya memang sangat cocok untuk masteran burung-burung lainnya seperti Murai Batu (MB), Kacer dan lainnya, terutama burung-burung yang diperuntukkan untuk lomba.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi burung Ciblek yang macet bunyi

Ada dua jenis burung Ciblek yang paling banyak diminati dan paling banyak dipelihara para penggemar burung kicauan, baik untuk tujuan lomba atau hanya untuk burung masteran saja, yaitu Ciblek Kristal (Cikris) dan Ciblek Semi (Cisem).

Sekilas kedua jenis burung Ciblek ini memang sangat mirip, baik dari penampilan fisiknya maupun dari suaranya. Tapi secara kualitas, Ciblek Kristal sedikit lebih unggul dari Ciblek Semi dan harga Ciblek Kristal juga lebih mahal dari Ciblek Semi.

Walaupun kedua burung ini terlihat sangat mirip, tapi jika kita perhatikan dengan lebih detail sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang cukup jelas yang membedakan antara Ciblek Kristal dan Ciblek Semi.

Perbedaan yang paling jelas bisa dilihat pada warna bulu dibagian dada sampai dibagian perutnya. Warna bulu dada Ciblek Kristal tampak putih bersih sampai pada bagian perut dan ada semburat warna hitam yang cukup dominan dibagian dadanya. Sedangkan warna bulu dada Ciblek Semi tampak putih dengan sedikit semburat warna hitam, dan ada sedikit warna kekuningan pada bagian sekitar perutnya.

Menurut pendapat dari para penggemar burung Ciblek, suara Ciblek Kristal cenderung lebih nyaring, keras dan tembakan brennya lebih rapat dibanding Ciblek Semi. Mental fighter Ciblek Kristal juga rata-rata lebih tangguh dari Ciblek Semi.

Jadi, jika tujuan memelihara burung Ciblek adalah untuk lomba, maka sebaiknya pilihlah Ciblek Kristal karena memiliki mental fighter yang lebih kuat. Tapi semua itu tergantung dari karakter masing-masing burung dan perawatan serta perlakuan yang diberikan.

Baca juga:

Settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Ciblek, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi"