Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Perkutut katuranggan yang tidak baik untuk dipelihara

gambar perkutut bromo labuh geni
Ilustrasi Perkutut Bhahma Labuh Geni dan Perkutut Lembu Rawan
Onkicau.com - Perkutut lokal sangat identik dengan Perkutut katuranggan yang sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis dan mitos-mitos yang terkadang tidak masuk akal.

Sejak jaman dahulu burung Perkutut dengan katuranggan tertentu dipercaya dapat membawa keberuntungan atau nasib baik bagi orang yang memeliharanya.

Karena kepercayaan itulah yang membuat banyak orang ingin memelihara Perkutut katuranggan sebagai sarana untuk kelancaran rejeki, untuk kewibawaan, untuk keberuntungan, untuk keselamatan atau untuk tujuan-tujuan lainnya.

Tapi selain Perkutut katuranggan yang dipercaya bisa membawa keberuntungan, ada juga Perkutut katuranggan yang di anggap tidak baik untuk dipelihara karena dapat membawa kesialan atau malapetaka bagi pemiliknya.

Baca juga: Perkutut katuranggan yang baik dipelihara dan dapat mendatangkan keberuntungan

Berikut ini beberapa jenis katuranggan / ciri mathi Perkutut lokal yang tidak baik untuk dipelihara:

1. Perkutut Durgo Nguwuh

Ciri-ciri Perkutut Durgo nguwuh, yaitu selalu bunyi / manggung hanya pada waktu tengah malam saja.

Menurut kepercayaan, Perkutut yang memiliki kebiasaan bunyi / manggung pada waktu tengah malam jika dipelihara maka pemiliknya akan sering mendapatkan masalah dalam kehidupannya.

Orang yang memelihara Perkutut Durgo Nguwuh akan sering mengalami sakit, rumah tangganya menjadi berantakan, sulit mencari rejeki dan sering terjadi masalah-masalah lain dalam kehidupannya.

2. Perkutut Durgo Ngerik

Ciri-ciri Perkutut Durgo Ngerik, yaitu selalu bunyi / manggung sepanjang hari tidak kenal lelah baik siang maupun malam.

Menutut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Durgo Ngerik rejekinya akan menjadi seret dan sering terjadi pertengkaran dalam kehidupan rumah tangganya.

3. Perkutut Wisnu Tinundung

Ciri-ciri Perkutut Wisnu Tinundung, yaitu warna bulunya kehitaman tapi tidak merata (belang-belang).

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Wisnu Tinundung akan sulit untuk mencapai keinginan dan cita-citanya.

Baca juga: Ciri-ciri Perkutut putih yang asli

4. Perkutut Brahma Suku

Ciri-ciri Perkutut Brahma Suku, yaitu warna bulunya agak kemerahan.

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Brahma Suku akan sering sakit-sakitan karena Perkutut jenis ini konon bisa mengundang penyakit.

5. Perkutut Brahma Kukup

Ciri-ciri Perkutut Brahma Kukup, yaitu terdapat beberapa helai bulu berwarna keputihan pada bagian kepala dan ekornya.

Menurut kepercayaan, Perkutut Brahma Kukup dapat mendatangkan sial bagi orang yang memeliharanya dan juga anggota keluarganya.

6. Perkutut Brahma Labuh Geni

Ciri-ciri Perkutut Brahma Labuh Geni, yaitu bulu-bulu disekujur tubuhnya berwarna kemerahan tapi tidak merata (belang-belang).

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Brahma Labuh Geni akan sering mengalami kesusahan dan kekurangan uang.

7. Perkutut Buntel Mayit

Ciri-ciri Perkutut Buntel Mayit, yaitu terdapat bulu berwarna putih pada bagian sayapnya.

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Buntel Mayit akan selalu mendapat musibah dan malapetaka termasuk anggota keluarganya.

8. Perkutut Lembu Rawan

Ciri-ciri Perkutut Lembu Rawan, yaitu pertumbuhan bulu-bulu pada seluruh badannya tidak pernah bisa bagus / mulus dan tidak pernah tumbuh merata dengan sempurna seperti burung Perkutut lain pada umumnya.

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Lembu Rawan akan selalu mengalami kesulitan dalam urusan rezeki.

9. Perkutut Kelabang Kepipit

Ciri-ciri Perkutut Kelabang Kepipit, yaitu terdapat bulu berwarna putih di sayap bagian dalam.

Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Kelabang Kepipit rumah tangganya akan sering mengalami pertengkaran dan sering timbul masalah.

Baca juga: Makna Katuranggan Perkutut

Sumber: Harta Langit

Video YouTube - Harta Langit Channel

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri burung Perkutut yang tidak baik untuk dipelihara beserta mitosnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Perkutut katuranggan yang tidak baik untuk dipelihara"