Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkutut katuranggan yang baik dipelihara dan dapat mendatangkan keberuntungan

gambar perkutut katuranggan
Ilustrasi Perkutut Katuranggan Pedaringan Kebak
Onkicau.com - Sejal jaman dulu burung Perkutut lokal selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis yang kadang diluar nalar. Oleh sebagian orang burung Perkutut diyakini memiliki kekuatan ghaib yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Konon dengan memelihara burung Perkutut, khususnya Perkutut lokal dengan katuranggan tertentu diyakini dapat mendatangkan rejeki / kekayaan, menaikkan pangkat / jabatan, membuat rumah tangga tentram dan bahagia serta untuk tujuan-tujuan lainnya tergantung dari katuranggan atau ciri mathinya.

Kegemaran masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa memelihara burung Perkutut sebagai klangenan untuk dinikmati suara anggungannya yang merdu sudah menjadi tradisi turun temurun sejak jaman dahulu.

Baca juga: Ciri-ciri Perkutut lokal yang suara manggungnya besar

Bahkan konon pada jaman Kerajaan Majapahit burung Perkutut hanya boleh dipelihara oleh kalangan bangsawan atau kalangan ningrat saja.

Kegemaran memelihara burung Perkutut tetap lestari sampai saat ini, baik dikalangan Keraton maupun masyarakat umum sekarang ini banyak yang memiliki hobi memelihara burung Perkutut, baik itu Perkutut lokal maupun Perkutut bangkok.

Dalam tradisi masyarakat Jawa jaman dahulu, burung Perkutut diyakini sebagai bilangan ke-5 dari kelengkapan seorang laki-laki Jawa yang sudah di anggap mapan, yaitu: Wismo (Rumah), Garwo (Istri), Curigo (Keris), Turonggo (Kuda) dan Kukilo (Burung Perkutut).

Perkutut merupakan sarana pencipta kepuasan atau kenikmatan batin karena suara anggungannya yang merdu dapat menciptakan suasana tenang, teduh, santai, bahagia dan seolah-olah bisa menjadi media yang mengantarkan Manusia agar dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung.

Untuk mengetahui baik dan tidaknya burung Perkutut untuk dipelihara, orang-orang jaman dulu sering menggunakan ilmu titen dengan melihat katuranggan atau ciri mathinya, seperti warna bulu, jumlah bulu ekor, bentuk paruh, bentuk sisik kaki dan juga sifat atau perilakunya.

Baca juga: Ciri-ciri Perkutut katuranggan yang tidak baik untuk dipelihara

Berikut ini beberapa Perkutut katuranggan yang dipercaya dapat mendatangkan rejeki dan keberuntungan:

1. Perkutut Songgo Ratu

Perkutut ini memiliki ciri khusus terdapat jambul dikepalanya seperti mahkota yang berwarna putih. Sifatnya juga seperti kalangan ningrat yang tidak suka berkeliaran seperti burung Perkutut pada umumnya.

Perkutut Songgo Ratu lebih suka berada ditempat-tempat yang sepi seperti didalam goa, petilasan keramat, pemakaman dan tempat-tempat angker lainnya.

Konon Perkutut Songgo Ratu juga sangat kuat menahan lapar dan haus sampai beberapa hari serta tidurnya selalu ditempat yang paling tinggi dari Perkutut lainnya.

Perkutut Songgo Ratu memiliki aura kewibawaan yang sangat besar sehingga jika ada Perkutut lain yang berada didekatnya tidak akan berani bersuara / manggung.

Ciri fisik lainnya dari Perkutut ini, yaitu kaki dan paruhnya berwarna hitam serta bulunya juga berwarna agak kehitam-hitaman.

Perkutut yang memiliki yoni, termasuk Perkutut Songgo Ratu biasanya jarang sekali manggung dan suaranya rata-rata juga kecil / cempreng.

Perkutut Songgo Ratu dipercaya memiliki tuah untuk menangkal serangan ilmu hitam, melancarkan rejeki, menambah kewibawaan dan meningkatkan derajat pemiliknya.

2. Perkutut Lurah

Perkutut Lurah memiliki ciri khusus pada corak bulu ditubuhnya yang sepintas mirip seperti ular. Bulu-bulu dibagian dadanya berwarna keputih-putihan dan luriknya seperti sisik ular.

Perkutut Lurah lebih suka tinggal didalam hutan yang jauh dari pemukiman dan selama hidupnya Perkutut ini tidak pernah turun ke tanah karena makannya selalu disuapi atau disediakan oleh Perkutut lain yang menjadi bawahannya.

Perkutut Lurah termasuk sangat pemilih dan hanya cocok dipelihara oleh seorang pemimpin atau pejabat yang memiliki kedudukan tinggi dan memiliki banyak bawahan.

Perkutut Lurah dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan dan dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah bagi pemiliknya.

Baca juga: Mitos Perkutut jadi ular

3. Perkutut Putih

Perkutut Putih merupakan primadona dikalangan para penggemar Perkutut katuranggan, sebab selain sangat langka, Perkutut Putih juga diyakini memiliki tuah ampuh untuk mendatangkan kekayaan dan meningkatkan derajat pemiliknya.

Ciri Perkutut Putih lokal alam yaitu seluruh bulu tubuhnya berwarna putih tapi agak kusam. Sedangkan warna paruh dan kakinya sama seperti Perkutut lokal pada umumnya.

Pada jaman dulu, Perkutut Putih hanya dimiliki oleh Raja dan para bangsawan. Perkutut putih lokal juga diyakini dari hasil perkawinan "In breed", yaitu perkawinan yang terjadi antara saudara sekandung yang berlangsung selama beberapa generasi secara alami sekitar 5 sampai 10 tahun lamanya.

Jadi, Perkutut putih belum tentu akan menghasilkan anakan yang berwarna putih juga. Tapi burung Perkutut biasa yang memiliki gen / trah dari Perkutut putih memiliki kemungkinan untuk menghasilkan keturunan dengan warna bulu putih.

Konon karena yoni yang bersemayam pada Perkutut sangat kuat sehingga Perkutut ini tidak bisa dipelihara oleh sembarang orang karena sifatnya seperti pusaka yang akan memilih sendiri siapa yang akan di ikutinya,

Sebelum dimiliki / dipelihara oleh seseorang biasanya Perkutut putih atau yang sering disebut Mustikaning Manuk ini akan datang lewat mimpi terlebih dulu dengan wujud orang yang sudah tua berpakaian serba putih, berambut putih dan berjenggot putih.

Tapi perlu untuk diketahui, Perkutut putih yang dijual dipasar burung atau dipeternakan adalah Perkutut biasa hasil kawin silang yang dilakukan para breeder dan tidak memiliki yoni / khodam.

Perkutut Putih yang memiliki yoni adalah Perkutut putih lokal alam yang hidup dihutan secara alami dan bukan merupakan hasil rekayasa genetika.

Baca juga: Ciri-ciri Perkutut putih yang asli

4. Perkutut Cemani

Perkutut Hitam / Cemani memiliki ciri khusus pada bulu-bulu disekujur tubuhnya yang berwarna hitam. Ada dua jenis Perkutut Cemani, yaitu Cemani Majapahit dan Cemani Kol Buntet.

Perkutut Cemani di anggap sebagai rajanya Perkutut dan konon jika dipelihara dapat mendatangkan keberuntungan dan keselamatan bagi pemiliknya.

5. Perkutut Sri Mangumpel

Perkutut Sri Mangumpel / Sri Mangempel memiliki ciri khusus pada kuku-kukunya yang berwarna putih semua.

Perkutut ini lebih cocok dipelihara oleh para petani karena dipercaya dapat mendatangkan kesuburran dan kemakmuran. Konon orang yang memelihara Perkutut Sri Mangumpel akan mendapatkan kemakmuran dan semua cita-citanya akan tercapai.

6. Perkutut Wisnu Wicitro

Perkutut Wisnu Wicitra memiliki ciri khusus pada bagian paruh dan kakinya yang berwarna kehitaman. Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan selalu terjaga keselamatannya karena Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk menangkal serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya.

7. Perkutut Wisnu Mangenu

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada kulit diseluruh tubuhnya yang berwarna kehitaman. Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan memiliki banyak rejeki dan memiliki kehidupan yang makmur dan sejahtera.

8. Perkutut Kusumo Wicitro

Perkutut Kusumo Wicitro / Kusuma Wicitra memiliki ciri khusus pada bagian paruh dan kakinya yang berwarna keputihan.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan menjadi orang terhormat dan semua yang di inginkannya akan tercapai.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan Perkutut putih jantan dan betina

9. Perkutut Pendowo Mijil

Perkutut Pendowo Mijil / Pandawa Mijil memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 15 lembar. Berbeda dengan bulu ekor burung Perkutut pada umumnya yang berjumlah 14 lembar.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan memiliki kewibawaan yang besar sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang lain serta dapat mencapai kedudukan tinggi.

10. Perkutut Purnomo Sidhi

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna merah jika terkena cahaya dan warna bulunya agak kemerah-merahan.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan memiliki wibawa dan kharisma sehingga akan disegani dan disukai oleh orang-orang disekitarnya.

11. Perkutut Mercu Jiwo

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bagian iris matanya yang berwarna kuning dan bulu-bulu pada bagian pantat / duburnya berwarna kuning.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan dicintai dan dihormati oleh banyak orang dan juga akan dilimpahi banyak rejeki. Pada jaman dulu Perkutut Mercu Jiwo merupakan burung peliharaan para Raja.

12. Perkutut Gedong Mineb

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada perilakunya yang selalu bunyi pada sore hari menjelang terbenamnya matahari.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan berkecukupan dalam hal rejeki dan akan mencapai kemajuan dalam berdagang.

13. Perkutut Gedong Mengo

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada perilakunya yang selalu bunyi pada pagi hari menjelang terbitnya matahari.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan mendapatkan keselamatan, ketentraman, kebahagiaan dan dapat mengumpulkan harta kekayaan.

Baca juga: Jamu tradisional untuk menjernihkan suara Perkutut

14. Perkutut Wisnu Murti

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bagian mata, paruh, dan kakinya yang berwarna hitam. Konon burung Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu adalah untuk tumbal dan merupakan peliharaan Raja.

15. Perkutut Udan Mas

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bulu-bulu disekujur tubuhnya yang berwarna kekuningan dan lurik dibagian lehernya berwarna kekuningan seperti warna emas. Perkutut Udan Mas dipercaya memiliki tuah ampuh untuk mendatangkan rejeki dan kekayaan bagi pemiliknya.

16. Perkutut Widahsana Gasta Gasti

Perkutut ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan, ketentraman dan kebahagiaan serta apa yang di inginkan oleh pemiliknya akan tercapai.

17. Perkutut Muncis

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada ukuran tubuhnya yang jauh lebih kecil dari burung Perkutut pada umumnya dan kakinya juga pendek.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan selalu dianugerahi ketentraman, keselamatan dan mudah dalam mencari rejeki.

18. Perkutut Gendowo Sabdo

Perkutut ini memiliki ciri khusus terdapat bulu putih dibagian lehernya dan suara manggungnya juga keras dan merdu sehingga dapat digunakan untuk memikat Perkutut lain.

Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan dilimpahi banyak rejeki dan rumah tangganya akan selalu tentram. Jika waktu manggungnya lama, halus dan merdu, maka pemiliknya akan mudah mencapai cita-cita dan juga banyak rejeki.

19. Perkutut Rupo Cahyo

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada warna bulunya yang mengkilat seperti bercahaya terutama pada bagian kepala atau mukanya. Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan memiliki kehidupan yang tentram, damai dan bahagia.

20. Perkutut Cendolo Sabdo

Perkutut ini memiliki ciri khusus terdapat bulu kecil berwarna putih dibagian pundak atau sayap bagian luar. Konon Perkutut ini memiliki aura pemikat dan membawa suasana gembira bagi pemiliknya. Tapi ada juga yang berpendapat jika Perkutut Cendolo Sabdo tidak baik untuk dipelihara.

21. Perkutut Misti Kanya

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bulu-bulu dan seluruh bagian tubuhnya yang berwarna keputihan. Konon Perkutut ini baik dipelihara oleh Raja dan para pemimpin karena memiliki tuah untuk keselamatan.

22. Perkutut Songgo Bhuono

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bagian punggungnya terdapat sehelai bulu berwarna putih. Konon Perkutut ini akan memudahkan datangkan rejeki dan meningkatkan derajat pemiliknya.

23. Perkutut Mercuci

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna kuning dan sipit seperti wayang bambangan. Konon orang yang memelihara Perkutut ini akan disukai oleh banyak orang dan banyak rejeki.

24. Perkutut Satrio Pinayungan

Perkutut ini memiliki ciri khusus terdapat bulu berwarna putih ditengah kepalanya. Perkutut Satrio Pinayungan dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan kewibawaan.

Selain katuranggan Perkutut yang sudah disebutkan di atas, masih cukup banyak jenis Perkutut katuranggan lainnya yang baik untuk dipelihara, antara lain: Perkutut Pedaringan Kebak/ Kalung Tepung, Perkutut Rondo Semoyo, Perkutut Banyu Mili, Perkutut Pancuran Mas dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Jenis Perkutut lokal alam terbaik

Sumber: Harta Langit

Video YouTube - Harta Langit Channel

Demikian sedikit informasi tentang jenis katuranggan Perkutut yang baik dipelihara dan dapat mendatangkan rejeki serta keberuntungan bagi pemiliknya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perkutut katuranggan yang baik dipelihara dan dapat mendatangkan keberuntungan"