Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan ekstrim untuk Kacer petarung

gambar burung kacer petarung
Kacer Poci

Onkicau.com - Perawatan Kacer lapangan jelas berbeda dengan perawatan Kacer rumahan. Pasalnya, Kacer lapangan dituntut harus memiliki stamina dan mental yang tangguh agar bisa bertanding dengan Kacer-Kacer terbaik lainnya digantangan.

Agar sifat fighternya semakin kuat, maka Kacer lomba wajib diberikan perawatan terbaik dan bahkan bisa dikatakan ekstrim jika dibandingkan dengan perawatan Kacer rumahan.

Perawatan untuk Kacer lomba harus detail dan konsisten, mulai dari pengembunan, perawatan mandi dan penjemuran, pemberian pakan dan extra fooding (EF), pengerodongan, latihan dikandang umbaran, penggunaan untulan dsampai pemasteran.

Pola perawatan tersebut harus dilakukan secara konsisten agar burung Kacer menjadi lebih tangguh dan bringas ketika bertanding digantangan tanpa menunjukkan perilaku negatif seperti mbagong, matung, ngetem, ngruji, ngelantai, salto dan perilaku-perilaku nakal lainnya ketika dilombakan.

Baca juga: Penyebab Kacer salto dan cara mengatasinya

Berikut ini tahapan perawatan khusus untuk Kacer petarung:

1.Pengembunan

Lakukan pengembunan setiap pagi jika kondisi cuaca cerah agar burung Kacer menghirup udara segar pagi hari dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu favotit bagi burung-burung di alam bebas untuk berkicau. Selain itu, udara segar pagi hari juga dapat membuat emosi burung Kacer menjadi lebih stabil.

2. Mandi

Mandikan burung Kacer setiap hari ketika matahari sudah mulai bersinar. Mandi akan membuat burung Kacer merasa segar dan nyaman sehingga secara naluri akan rajin berkicau untuk menarik perhatian lawan jenisnya, selain itu mandi juga bermanfaat untuk meredam emosi burung Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) yang meluap-luap.

Dan jika emosi burung Kacer sudah terlalu over, sebaiknya burung Kacer dimandikan 2x sehari atau bisa juga dilakukan mandi malam agar suhu tubuhnya turun dan emosinya kembali stabil.

3. Penjemuran

Penjemuran sangat bermanfaat untuk burung Kacer, selain untuk menjaga kesehatan tubuh burung, penjemuran juga bermanfaat untuk melatih stamina dan nafas burung Kacer agar tahan banting ketika bertanding dilapangan.

Jemur burung Kacer sampai terlihat mangap dan gelisah. Pada saat dijemur, pakan dan air minumnya sebaiknya di ambil untuk melatih ketahanannya terhadap cuaca panas dan rasa lapar, selain itu juga agar lendir-lendir ditenggorokan burung Kacer bisa keluar.

Baca juga: Cara mengatur keseimbangan emosi dan birahi Kacer lomba

4. Pemberian pakan

Untuk pakan harian sebaiknya hanya diberikan pakan alami saja agar sama seperti dihabitat aslinya. Berikan jenis pakan alami yang mengandung protein tinggi tapi yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh burung Kacer terlalu drastis.

Berikan pakan alami seperti jangkrik alam, belalang, ulat daun pisang dan kroto dalam jumlah yang cukup agar burung Kacer tidak perlu lagi mengkonsumsi voer.

Tapi agar lebih mudah dan tidak repot, berikan saja jangkrik alam sekenyangnya untuk settingan hariannya. Berikan juga kroto segar 2x seminggu untuk mendongkrak birahinya, sedangkan ulat daun pisang atau ulat bumbung bisa diberikan seminggu sekali untuk meredam emosinya karena pada tubuh kedua jenis ulat tersebut mengandung banyak air sehingga sifatnya dapat mendinginkan.

Voer tetap disediakan didalam cepuk hanya untuk antisipasi jika burung Kacer masih merasa lapar. Pilihlah voer yang mengandung protein tinggi dan usahakan untuk menggunakan voer dengan warna yang netral.

Karena voer dengan warna cerah / mencolok kemungkinan besar menggunakan pewarna kimia yang dapat berakibat negatif jika dikonsumsi burung Kacer dalam jangka panjang.

Baca juga: Pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

5. Pengerodongan

Agar karakter fighternya tetap terjaga, maka Kacer lomba harus banyak dikerodong setiap harinya (full kerodong) untuk menjaga suhu tubuh dan emosinya agar tetap stabil.

Selain bermanfaat untuk menjaga sifat fighter dan emosi burung Kacer, pengerodongan juga bertujuan agar burung Kacer lebih banyak istirahat untuk menyimpan tenaga dan tidak membuang-buang tenaga untuk berkicau dirumah.

Dari segi keamanan, kerodong juga berfungsi untuk melindungi burung Kacer agar tidak memakan serangga-serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

6. Pengumbaran

Umbar burung Kacer seminggu 3x untuk melatih otot-otot tubuhnya agar staminanya semakin prima. Pengumbaran juga bermanfaat untuk mengurangi stress pada burung Kacer karena setiap hari berada didalam kandang sempit yang ditutup kerodong.

Terapi kandang umbaran juga dapat menurunkan emosi dan birahi burung Kacer yang terlalu berlebihan. Tapi ketika akan dilombakan, stop pengumbaran seminggu sebelum hari H lomba dan setiap hari full kerodong setelah dilakukan perawatan harian seperti pengembunan, mandi dan penjemuran.

Pada hari H lomba, pagi hari burung Kacer dimandikan lalu dijemur secukupnya dan berikan jangkrik alam dengan porsi seperti hariannya tapi dikurangi 2 ekor.

Jadi misal biasanya burung Kacer tersebut kuat makan jangkrik 7 ekor sekali makan, berarti pada hari H lomba diberikan jangkrik sebanyak 5 ekor sebelum berangkat ditambah kroto segar sebanyak 1 cepuk kecil dicampur dengan beberapa tetes vitamin khusus penggacor burung. Atau bisa juga air minumnya yang dicampur dengan beberapa tetes vitamin. Satu sesi sebelum naik berikan jangkrik sebanyak 3 ekor lagi.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

7. Penggunaan burung untulan

Pada saat di umbar, masukkan burung-burung kecil atau Kacer bahan / bakalan sebagai untulan. Terapi ini memang tergolong ekstrim tapi sangat efektif untuk mendongkrak mental fighter burung Kacer.

Dengan diberikan untulan, maka burung Kacer akan menjadi petarung sejati yang lebih bringas karena merasa lebih dominan dan selalu menang dari burung-burung lainnya.

8. Pemasteran

Kacer lomba harus memiliki materi isian yang terdengar dominan ketika digantangan. Oleh karena itu, Kacer lomba wajib di master dengan burung-burung masteran seperti burung Cililin, Cucak jenggot, Kapas tembak, Lovebird dan lainnya agar terdengar dominan ketika dilombakan.

Jika memiliki materi lagu yang mewah dan melimpah, maka akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi burung Kacer tersebut. Selain itu, burung Kacer yang memiliki banyak materi lagu akan lebih percaya diri ketika bertanding di arena lomba.

Baca juga: Cara pemasteran Kacer lomba dan Kacer rumahan

Demikian sedikit informasi tentang perawatan ekstrim untuk Kacer petarung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang kain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan ekstrim untuk Kacer petarung"