Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Kolibri Daun/Muncang agar rajin bunyi

Burung Kolibri Daun/Kolibri Muncang

On Kicau - Burung Kolibri Daun memang kalah populer dengan burung Kolibri jenis lainnya terutama dengan Kolibri Ninja. Tapi sebetulnya suara kicauan burung Kolibri Daun tidak kalah bagus dengan burung Kolibri jenis lainnya dan perawatannya juga lebih mudah.

Perawatan Kolibri Daun/Muncang sebetulnya tidak berbeda jauh dengan perawatan burung Kolibri jenis lainnya. Tapi ada yang berbeda untuk perawatan Kolibri Daun/Muncang, karena burung ini bisa diberikan voer halus sebagai pakan hariannya, jadi perawatan harian Kolibri Daun/Muncang lebih mudah dibandingkan dengan burung Kolibri jenis lainnya.

Perawatan Kolibri Daun/Muncang sangat mudah, kita hanya perlu menyediakan minuman manis pengganti nektar, voer halus dan kroto sebagai menu hariannya. Jadi kita tidak kuatir burung akan kelaparan karena kehabisan pakan karena burung ini bisa diberikan voer sebagai pakan hariannya.

Perawatan harian Kolibri Daun/Muncang:

• Embunkan Kolibri Daun/Muncang sekitar jam 05:30 dan gantang ditempat yang tinggi untuk menikmati udara pagi yang segar.

• Jam 07.00 turunkan Kolibri Daun/Muncang, ganti air minumnya dengan yang baru dan keluarkan tempat nektar serta tempat krotonya.

• Kemudian gantang lagi ditempat yang terkena sinar Matahari secara langsung agar burung bisa berjemur dan biarkan mandi sendiri didalam cepuk minumnya. Jangan memandikan Kolibri Daun/Muncang dengan cara disemprot.

• Setelah Kolibri Daun/Muncang terlihat sudah terlihat mangap dan mulai gelisah terbang kesana kemari, segara angkat burung dan diteduhkan lalu masukan nektar/susu kental manis/madu/air gula, voer, dan juga kroto serta ganti air minum yang tadi sudah dipakai untuk mandi dengan yang baru.

• Kemudian angin-anginkan burung ditempat yang teduh, dan biasanya Kolibri Daun/Muncang akan langsung bunyi dengan gayanya yang khas.

• Jam 11.00 masukkan burung kedalam rumah atau bisa tetap dibiarkan di teras agar terus berkicau jika fungsinya sebagai burung masteran.

• Jam 17.00 bersihkan kandangnya dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang berserakan didasar kandang. Setelah bersih, kemudian burung dikerodong dan masukkan ke dalam rumah untuk istirahat.

Baca juga:

Penjelasan mengenai perbedaan Kolibri Ninja (Konin) dada merah dan dada coklat

Settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Demikian sedikit informasi tentang perawatan Kolibri Daun/Muncang agar rajin bunyi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kolibri, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan Kolibri Daun/Muncang agar rajin bunyi"