Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat nektar bernutrisi untuk Kolibri

Burung Kolibri Ninja

On Kicau - Pakan utama burung-burung madu atau burung Kolibri di alam bebas adalah nektar bunga yang merupakan sari pati bunga yang berbentuk cairan bening dan memiliki rasa manis. Nektar bunga inilah yang sering dihisap oleh burung Kolibri sebagai pakan utamanya. Selain menjadi pakan utama burung Kolibri di alam bebas, nektar bunga juga merupakan bahan utama dari madu lebah.

Nektar merupakan sumber kalori bagi burung Kolibri, tapi sayangnya nektar sangat rendah akan kandungan nutrisi dan vitamin. Maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitaminnya, burung Kolibri juga mengkonsumsi serangga dan binatang-binatang kecil lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti protein, vitamin, dan mineral.

Banyak para penggemar burung Kolibri salah beranggapan bahwa burung Kolibri hanya perlu nektar saja untuk kelangsungan hidupnya, dan kemudian hanya memberikan cairan manis/nektar buatan saja untuk makanan hariannya. Padahal burung Kolibri juga membutuhkan asupan protein dan nutrisi lainnya agar bisa bertahan hidup dan rajin berkicau.

Untuk memenuhi kebutuhan protein burung Kolibri, kita bisa memberikan Ekstra fooding (EF) berupa kroto karena lebih praktis dan mudah dikonsumsi oleh burung Kolibri yang memiliki paruh kecil dan panjang. Kandungan protein pada kroto yang tinggi juga sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan protein burung Kolibri.

Untuk burung Kolibri yang dipelihara didalam kandang, tentunya tidak memungkinkan lagi untuk mengkonsumsi nektar alami seperti ketika masih hidup liar di habitat aslinya. Untuk itu, pakan hariannya tidak bisa hanya diberikan air gula saja, karena walaupun bisa hidup, tapi jika burung Kolibri hanya mengkonsumsi air gula saja maka lama-kelamaan burung akan menjadi lemas dan kurus karena kekurangan nutrisi.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta vitamin burung Kolibri, kita bisa meracik sendiri nektar buatan yang mengandung nutrisi dan vitamin tinggi agar burung Kolibri tetap sehat dan rajin berkicau seperti di alam bebas.

Berikut ini cara membuat nektar buatan yang bernutrisi untuk burung Kolibri:

Bahan-bahan yang harus disiapakan:

• 1 buavita atau minuman rasa buah merk lain isi 250 ml dengan rasa apa saja.
• 1 sendok makan madu asli.
• 1 sachet susu putih kental manis.
• Untuk burung Kolibri yang sedang dalam proses mabung/ngurak bisa ditambahkan satu butir kuning telur ayam kampung/bebek.

Cara membuatnya:

• Campurkan setengah isi dari buavita dengan madu asli dan susu kental manis didalam botol yang bersih.

• Kemudian semua bahan tadi dikocok sampai semuanya benar-benar tercampur rata.

• Berikan campuran tersebut setiap hari dengan porsi satu cepuk kecil saja sebagai pakan utama untuk burung Kolibri.

• Sisa dari nektar buatan tersebut bisa disimpan didalam kulkas dengan botol harus tertutup rapat untuk persediaan beberapa hari ke depan.

Nektar buatan tersebut dapat bertahan sampai satu bulan lebih jika disimpan didalam kulkas yang selalu dingin. Tapi perlu di ingat, sebelum nektar buatan tersebut diberikan pada burung Kolibri, sebaiknya dicek dulu kondisinya apakah masih segar atau sudah basi. Caranya, cium aroma nektar buatan tersebut, jika baunya sudah asam dan menyengat berarti racikan nektar buatan tersebut sudah basi dan jangan diberikan pada burung Kolibri karena bisa berakibat fatal.

Baca juga:

Perawatan Kolibri Daun/Muncang agar rajin bunyi

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Penjelasan mengenai perbedaan Kolibri Ninja (Konin) dada merah dan dada coklat

Demikian sedikit informasi tentang cara membuat nektar bernutrisi untuk pakan utama burung Kolibri. Untuk informasi lain seputar burung Kolibri, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Cara membuat nektar bernutrisi untuk Kolibri"

  1. Menurut saya sh, tergantung selera Mas, saya pake susu bubuk dancow + sirup di en erkan air panas stlh dingin masukan ke kulkas untuk persediaan Alahamdulillah konin sehat

    ReplyDelete