Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Anis Merah (AM) jantan dan betina

gambar burung anis merah jantan dan betina
Burung Anis Merah Jantan & Betina

Onkicau.com - Anis Merah (AM) termasuk burung monomorfik, yaitu antara burung jantan dan burung betina memiliki penampilan fisik yang tampak serupa.

Karena Anis Merah (AM) adalah burung monomorfik, maka perbedaan antara burung jantan dan burung betina tidak bisa dibedakan dengan hanya melihat ciri-ciri fisik yang terlihat dari luar saja.

Mungkin bagi para Kicau Mania yang sudah berpengalaman, hanya dengan sekali melihatnya saja mereka sudah tahu apakah burung tersebut berjenis kelamin jantan atau betina, tapi bagi para pemula tentu tidak semudah itu.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan burung Anis Kembang jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kelamin Anis Merah (AM), ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membedakan keduanya. Tapi perbedaan tersebut hanya bisa terlihat cukup jelas jika ada perbandingan antara beberapa Anis Merah (AM) jantan dan betina secara bersamaan.

Sebab jika hanya ada satu ekor Anis Merah (AM) saja, bagi yang belum berpengalaman tentu akan kesulitan untuk menentukan atau mengenali jenis kelaminnya.

Meskipun demikian ada patokan yang sering digunakan para penggemar si raja teler ini untuk menentukan jenis kelaminnya meskipun tidak bisa dipastikan akurat 100%, di antaranya:

Ciri-ciri Anis Merah (AM) jantan:

• Postur tubuh panjang serasi dengan ekor yang juga tampak lebih panjang.

• Bentuk kepala lebih besar, mata cenderung lebih besar/melotot dengan sorot mata tajam, dan warna paruhnya lebih pekat.

• Warna bulunya merah terang dan tajam/kontras, demikian juga dengan paduan warna hitam pada bagian sayap dan punggungnya tampak lebih legam/pekat.

• Jika diraba supit udangnya terasa lebih rapat dan runcing serta terasa keras saat ditekan dengan jari.

• Anis Merah (AM) jantan akan terlihat mendongak-dongakkan kepalanya jika bertemu dengan Anis Merah (AM) lain, sedangkan Anis Merah (AM) betina tidak menunjukkan perilaku demikian.

• Tingkah lakunya lebih agresif/lincah.

Ciri-ciri Anis Merah (AM) betina:

• Postur tubuh lebih pendek dan tampak bulat/buntet.

• Bentuk kepala lebih kecil, mata cenderung kecil/sipit dengan sorot mata sayu dan warna paruhnya tidak terlalu pekat dibandingkan yang jantan.

• Warna bulunya merah pudar/kusam, demikian juga dengan perpaduan warna hitam pada bagian sayap dan punggungnya yang tidak terlalu pekat.

• Jika diraba tulang supitnya akan terasa lebih lebar dan terasa lunak/lembek saat ditekan dengan jari.

• Anis Merah (AM) betina yang sedang birahi akan menggetar-getarkan sayapnya dan mendongakkan kepala (ngleper) sambil bunyi ngecir ketika bertemu Anis Merah (AM) jantan yang sedang berkicau atau teler.

• Tingkah lakunya cenderung lebih tenang dan tidak terlalu aktif.

Baca juga: Cara jitu untuk membuat Anis Merah cepat teler

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Anis Merah (AM) jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Anis Merah (AM), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Anis Merah (AM) jantan dan betina"