Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi Kacer yang sering nyiblek

gambar burung kacer nyiblek
Burung Kacer Nyiblek

Onkicau.com - Kacer merupakan burung tipe fighter yang sangat agresif ketika bertemu dengan burung sejenis. Tapi ada juga burung Kacer yang hilang sifat fighternya dan berperilaku negatif seperti mbagong atau nyiblek.

Nyiblek adalah perilaku burung Kacer yang mengangkat ekornya ke atas seperti burung Ciblek, sehingga disebut nyiblek.

Nyiblek sebetulnya merupakan hal yang wajar karena merupakan perilaku alami dari burung Kacer ketika kondisinya sedang tidak nyaman.

Burung Kacer yang berperilaku nyiblek biasanya karena merasa terancam atau ada sesuatu yang mengganggunya.

Perilaku nyiblek juga sering dilakukan burung Kacer yang terlalu jinak dan manja terhadap pemiliknya, dan biasanya juga sambil menggetar-getarkan sayap serta bersuara ngeriwik didasar kandang ketika pemiliknya mendekat.

Burung Kacer yang sering berperilaku seperti itu sudah tidak tampak lagi karakternya sebagai burung fighter yang garang karena jiwa fighternya sudah mulai luntur.

Untuk mengatasi perilaku nyiblek tersebut, maka pola perawatan harian yang selama ini diterapkan pada burung Kacer yang terlalu jinak dan manja harus dirubah total, karena jika melihat tingkah lakunya yang kolokan berarti sudah jelas pasti ada sesuatu yang salah pada pola perawatan burung Kacer tersebut selama ini.

Baca juga: Penyebab Kacer kehilangan jiwa fighter

Berikut ini cara ampuh untuk mengatasi burung Kacer yang sering nyiblek:

1. Agar burung Kacer tidak kolokan sebaiknya jangan sering digoda dan lebih banyak dikerodong (full kerodong) setiap harinya.

2. Berikan extra fooding (EF) berupa jangkrik sekenyangnya ditambah ulat hongkong (UH) sebanyak 10 - 15 ekor. Dan jika selama ini diberikan kroto untuk sementara di stop dulu sampai kondisi burung Kacer tersebut normal.

3. Mandikan burung Kacer seminggu sekali saja untuk menekan birahinya dan menjaga emosinya agar tetap stabil.

4. Jemur burung Kacer dengan durasi 2 - 3 jam rutin setiap hari atau sampai terlihat mangap dan gelisah baru di angkat dan diteduhkan.

5. Setelah selesai dijemur kemudian berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang diteteskan pada air minumnya lalu kandangnya kembali dikerodong.

6. Umbar burung Kacer dan berikan untulan burung kecil atau pakan hidup seperti cicak, kadal kecil, atau katak kecil agar diburu dan dimangsa oleh burung Kacer untuk mengembalikan sifat fighternya.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan konsisten selama kurang kebih satu bulan atau sampai kondisi burung Kacer yang kolokan dan sering nyiblek tersebut membaik.

Baca juga: Cara ampuh untuk mengatasi Kacer mbagong

Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi burung Kacer nyiblek yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengatasi Kacer yang sering nyiblek"