Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan cara mengatasi Kacer nyilet

gambar burung kacer kurus dan nyilet
Burung Kacer kurus (nyilet)

Onkicau.com - Burung Kacer yang tubuhnya sangat kurus sampai bagian tulang dadanya tampak menonjol (nyilet) bisa disebabkan karena beberapa faktor, bisa karena faktor dari luar tubuh dan bisa juga dari dalam tubuh.

Jadi untuk mengatasinya kita harus mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab burung Kacer tersebut menjadi kurus (nyilet) agar bisa memberikan penanganan secara tepat.

Berikut ini beberapa faktor penyebab burung Kacer menjadi kurus / nyilet dan cara mengatasinya:

1. Gizi buruk

Burung Kacer yang terlalu kurus sampai dadanya nyilet biasanya disebabkan karena mengalami gizi buruk dalam kurun waktu yang cukup lama, mungkin karena selama bertahun-tahun burung Kacer tersebut hanya diberikan pakan seadanya saja.

Karena terkurung didalam kandang dan tidak dapat mencari sumber makanan lain, maka yang terjadi burung Kacer tersebut mengalami kekurangan nutrisi dalam waktu yang lama dan menyebabkan tubuhnya menjadi kurus.

Cara mengatasinya:

Gelontor pemberian extra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong (UH) sekenyangnya agar burung Kacer bisa makan sepuasnya untuk memulihkan kondisi fisiknya dan menambah berat badannya.

Berikan vitamin khusus untuk burung kicauan yang diteteskan pada air minumnya seminggu sekali untuk menambah stamina burung Kacer.

Baca juga: Jenis pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk burung Kacer serta manfaatnya

2. Cacingan

burung Kacer yang tubuhnya sangat kurus sampai dadanya terlihat nyilet juga bisa disebabkan karena cacingan.

Cacingan berawal dari kondisi kandang dan perlengkapannya yang kurang terjaga kebersihannya sehingga terjangkit bibit cacing dan masuk kedalam tubuh burung Kacer melalui pakan dan air minum yang mengandung bibit cacing.

Biasanya burung Kacer yang mengalami cacingan masih memiliki nafsu makan yang bagus, tapi tubuhnya semakin lama semakin menjadi kurus dan bulu-bulunya juga menjadi kusam.

Cara mengatasinya:

Untuk mencegah agar burung Kacer tidak terserang cacingan sebaiknya rutin bersihkan kandangnya agar bibit-bibit cacing tidak berkembang.

Tapi jika burung Kacer sudah terlanjur cacingan maka harus segera di obati dengan memberikan obat cacing khusus untuk burung yang banyak dijual di kios-kios pakan burung.

Gelontor pemberian extra fooding (EF) untuk memulihkan kondisi kesehatan burung Kacer dan agar berat badannya cepat kembali normal. Berikan juga vitamin khusus burung seminggu sekali untuk mempercepat pemulihan kondisinya.

Baca juga: Ciri-ciri burung cacingan dan cara pencegahannya

3. Stress

Burung Kacer yang mengalami stress cenderung akan kehilangan nafsu makannya, dan jika tidak segera di atasi bisa berakibat fatal.

Secara perlahan-lahan kondisi tubuh burung Kacer yang mengalami stress akan semakin kurus sampai tulang dadanya terlihat menonjol tanpa daging (nyilet) dan lama-kelamaan bisa mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani.

Burung Kacer bisa mengalami stress akibat kondisi lingkungan yang tidak kondusif sehingga menyebabkan burung tertekan dan menjadi stress. Perlakuan pemiliknya yang kasar juga dapat menyebabkan burung Kacer menjadi stress.

Burung Kacer yang rawan mengalami stress biasanya adalah Kacer bahan / bakalan hutan yang baru dibeli dari pasar burung atau kios burung.

Kacer bakalan sangat rentan mengalami stress berat akibat perubahan lingkungan yang sangat drastis sehingga menyebabkan Kacer bahan / bakalan tersebut gagal beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga menyebabkan burung kehilangan nafsu makan.

Cara mengatasinya:

Tempatkan burung Kacer diruangan yang tenang dan sepi jauh dari segala bentuk gangguan agar burung merasa lebih nyaman sehingga tingkat stressnya akan berkurang dan mau makan lagi.

Berikan pakan alami seperti jangkrik, belalang, kroto, ulat hongkong (UH), ulat daun pisang dan lainnya dengan porsi yang cukup banyak agar burung Kacer merasa senang dan bebas memilih makanan yang disukainya.

Pemberian jenis pakan dengan menu yang bervariasi bertujuan untuk memancing burung Kacer agar lebih berselera untuk makan karena banyak pilihan makanan yang dapat dipilih sesuai selera.

Berikan juga vitamin khusus burung kicau yang diteteskan pada air minumnya seminggu 2x untuk mempercepat pemulihan kondisi kesehatan burung Kacer.

Baca juga: Cara merawat Kacer bakalan agar cepat bunyi dan gacor

Demikian sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi burung Kacer kurus (nyilet) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Penyebab dan cara mengatasi Kacer nyilet"