Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter

gambar burung kacer skoci / dada putih
Burung Kacer Poci

Onkicau.com - Tidak semua burung Kacer memiliki mental fighter yang tangguh, bahkan prosentasenya justru lebih banyak burung Kacer yang mental fighternya rendah dibandingkan dengan burung Kacer yang tipe fighter tinggi.

Maka tidak heran jika hanya sedikit burung Kacer yang mampu tampil bagus dilapangan, karena burung Kacer yang memiliki mental fighter tangguh jumlahnya sangat sedikit di alam bebas, dan rata-rata populasi burung Kacer di alam bebas justru lebih banyak yang memilliki karakter kurang fighter / fighter rendah.

Jika burung Kacer yang dipelihara memiliki karakter fighter rendah, maka harus diberikan perawatan yang tepat agar Kacer tersebut dapat mencapai performa terbaiknya dan dapat tampil maksimal di lapangan.

Untuk memaksimalkan performa burung Kacer, maka pola perawatan harian dan latihan harus dilakukan secara rutin dan konsisten, dari mulai pemberian pakan dan extra fooding (EF), perawatan mandi dan jemur, pengumbaran, pengerodongan dan melatih mental fighternya.

Baca juga: Cara melatih mental fighter Kacer muda

Berikut ini pola perawatan harian yang tepat untuk mendongkrak mental fighter Kacer:

1. Pemberian pakan dan extra fooding (EF)

Kacer yang kurang fighter atau fighter rendah memerlukan asupan pakan yang dapat meningkatkan suhu tubuh dan tensinya agar emosinya juga lebih tinggi.

Jenis pakan yang cocok untuk Kacer yang kurang fighter / fighter rendah, antara lain: voer yang mengandung telur dan madu pada komposisi bahannya, jangkrik alam, belalang, ulat hongkong, ulat kandang, larva tawon dan kelabang.

Berikan jenis jenis extra fooding (EF) tersebut dengan porsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan burung Kacer, karena masing-masing individu burung Kacer memiliki metabolisme yang berbeda-beda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda-beda.

Baca juga: Jenis pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

2. Perawatan mandi

Kacer yang kurang fighter memiliki emosi yang rendah, oleh karena itulah suhu tubuhnya harus terus dikontrol agar tetap berada pada tingkat yang ideal karena hal itu berkaitan erat dengan emosinya yang mutlak berdampak pada performa tempurnya saat dilapangan.

Kacer tipe ini tidak memerlukan intensitas mandi yang terlalu sering, cukup dimandikan 3 hari sekali atau satu minggu sekali saja agar suhu tubuhnya tidak ngedrop.

3. Penjemuran

Untuk mendongkrak mental tempurnya, burung Kacer yang kurang fighter / fighter rendah harus digenjot emosinya dengan penjemuran yang maksimal sampai terlihat mangap dan gelisah baru diteduhkan. Atau bisa juga dengan terapi sauna agar Kacer menjadi semakin bringas ketika bertemu lawan.

4. Umbaran

Latih stamina dan nafas burung Kacer dengan cara di umbar secara tetatur, karena Kacer lapangan memerlukan stamina yang prima serta nafas yang panjang untuk dapat tampil maksimal digantangan.

Umbar burung Kacer 2 - 3 kali dalam seminggu secara teratur. Sediakan extra fooding (EF) dan air minum yang cukup didalam kandang umbaran agar burung Kacer bisa makan dan minum semaunya.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

5. Kerodong

Kacer yang kurang fighter sebaiknya lebih banyak dikerodong (full kerodong) setiap harinya pada siang dan malam hari untuk menjaga mental fighternya agar tetap bringas dan agresif ketika bertemu lawan.

6. Melatih mental fighter Kacer

Burung Kacer yang kurang fighter harus dikondisikan agar merasa bahwa dialah yang paling dominan dan paling kuat di wilayahnya. Caranya dengan menempatkannya bersama burung-burung kecil yang gacor seperti burung Kolibri, Lovebird (LB), Kenari, Ciblek, gelatik atau burung-burung kecil lainnya setiap hari.

Selain berfungsi sebagai burung masteran, keberadaan burung-burung kecil tersebut juga sangat bermanfaat untuk mendongkrak mental burung Kacer.

Cara lain untuk mendongkrak mental fighter Kacer adalah dengan memberikan untulan berupa burung-burung kecil ketika Kacer di umbar. Tujuannya agar burung-burung kecil tersebut dikejar dan dihajar oleh burung Kacer.

Dengan cara itu, maka burung Kacer akan merasa bahwa dialah yang paling kuat dan paling dominan sehingga mental fighternya akan bangkit kembali.

Baca juga: Penyebab hilangnya sifat fighter Kacer

Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan untuk Kacer kurang fighter yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter"