Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan kekurangan Cucak jenggot vs Kapas tembak

gambar burung kapas tembak dan cucak jenggot
Burung Kapas Tembak (KT) dan Cucak Jenggot (CJ)

On Kicau - Burung Cucak jenggot (CJ) dan Kapas tembak (KT) memiliki kemiripan dari penampilan fisik sampai pada karakter suaranya. Keduanya juga sama-sama cocok dijadikan sebagai burung masteran untuk melengkapi materi lagu burung-burung lain seperti Murai Batu (MB), Kacer, Cucak ijo (CI), dan burung-burung lainnya.

Tapi jika dibandingkan, kedua burung tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari sisi mental maupun dari karakter suara kicauannya.

Baca juga: Cara merawat Kapas Tembak agar gacor dan buka ekor

Kelebihan burung Cucak jenggot (CJ):

• Pada umumnya suara besetan dan tembakan Cucak jenggot lebih mudah direkam atau ditirukan dengan cepat oleh burung-burung lain yang dimaster.

Sedangkan suara Kapas tembak cenderung lebih susah ditirukan dan membutuhkan waktu lebih lama bagi burung-burung yang dimaster untuk dapat merekamnya.

• Selain itu, karakter suara Cucak jenggot juga lebih tajam dengan irama naik-turun yang lebih harmonis (nglagu). Walaupun ada juga Cucak jenggot yang memiliki irama lagu yang kurang bagus (fals).

• Kelebihan lain dari Cucak jenggot yaitu dapat menirukan suara Kapas tembak, sedangkan Kapas tembak tidak dapat menirukan suara dari Cucak jenggot.

• Suara besetan Cucak jenggot yang kasar akan terdengar enak dan terkesan sangar ketika dibawakan burung lain terutama burung Murai Batu (MB) yang memiliki karakter suara kasar.

• Suara tembakan Cucak jenggot memiliki kemiripan dengan suara Lovebird (LB), yaitu memiliki intonasi yang sangat jelas. Jadi, suara Cucak jenggot akan lebih mudah dan lebih jelas ketika ditirukan oleh burung-burung jenis lain.

Kelebihan Kapas tembak (KT):

• Kapas tembak cenderung lebih rajin berkicau dibanding Cucak jenggot.

• Kapas tembak memiliki mental yang lebih kuat dibandingkan dengan Cucak jenggot, dan jika keduanya ditrek biasanya Kapas tembak akan lebih dominan dan suara tembakannya dapat membuat Cucak jenggot terdiam.

• Suara tembakan Kapas tembak cenderung lebih panjang dengan speed yang lebih rapat dibanding suara tembakan Cucak jenggot.

Jadi intinya, jika kedua burung tersebut dibandingkan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, idak ada yang lebih bagus atau yang lebih jelek karena semua tergantung dari selera masing-masing Kicau Mania.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Cara merawat burung Kapas Tembak mabung agar cepat tuntas

Demikian sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan burung Cucak jenggot dan Kapas tembak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak jenggot dan Kapas tembak, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan dan kekurangan Cucak jenggot vs Kapas tembak"