Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri dan kelebihan Kacer Sumatera dibanding Kacer dari daerah lain

gambar kacer sumatera
Ilustrasi Kacer Sumatera

Onkicau.com - Burung Kacer asal Sumatera banyak diburu oleh para pemain Kacer lapangan untuk dijadikan sebagai gacoannya. Hal itu dipengaruhi karena banyak Kacer dari wilayah Sumatera yang berprestasi di arena lomba.

Maka tidak heran jika para Kacer Mania ikut-ikutan untuk memelihara Kacer Sumatera karena berharap burungnya juga dapat berprestasi di arena lomba burung kicau.

Padahal sebetulnya burung Kacer dari daerah lain juga banyak yang kualitasnya bagus, karena untuk dapat berprestasi sebetulnya tergantung dari karakter burung Kacer itu sendiri dan pola perawatan yang diterapkan oleh pemiliknya, bukan mutlak karena asal daerahnya.

Baca juga: Mengenal jenis-jenis Kacer Sumatera dan kelebihannya

Tapi memang harus di akui, rata-rata Kacer asal Sumatera terkenal dengan mental fighternya yang tangguh dan sangat agresif.

Gaya tarung Kacer Sumatera juga lebih ngotot dan full power dengan tipe suara ngeroll dan melengking penuh variasi isian. Tipe suara ngeroll itulah yang membuat Kacer Sumatra dapat tampil ngedur digantangan.

Dari segi fisik, ukuran tubuh Kacer Sumatera tidak terlalu besar tapi terlihat begitu gagah dan proporsional. Bulu-bulu hitamnya tampak mengkilat kebiruan jika terkena sinar matahari, dan warna bulu putihnya tampak bersih dan rapi.

Penampilan fisik rata-rata Kacer Sumatera tampak lebih menarik dibanding Kacer dari daerah lain. Dan dari segi mental, rata-rata Kacer Sumatera juga lebih unggul dibanding Kacer dari daerah lain.

Tapi yang terpenting dan harus di ingat adalah bahwa prestasi burung Kacer di arena lomba tergantung dari karakter dan kualitas dari masing-masing Kacer itu sendiri.

Baca juga: Cara paling ampuh untuk membentuk mental fighter Kacer lomba

Jadi jika tujuan memelihara burung Kacer adalah untuk dilombakan, maka kita harus benar-benar jeli dalam memilih bahan Kacer yang berkualitas agar nantinya dapat membanggakan. Karena banyak juga Kacer dari daerah lain seperti dari Kalimantan dan Jawa yang juga dapat berprestasi mengungguli Kacer-Kacer asal Sumatera.

Kunci kesuksesan dalam bermain Kacer adalah pada pemilihan bahan yang berkualitas, yaitu burung Kacer yang memiliki karakter fighter tinggi dari manapun asal daerahnya (KTP-nya), kemudian harus didukung juga dengan pola perawatan yang tepat untuk memaksimalkan potensi yang ada pada Kacer tersebut.

Jadi kesimpulannya, Kacer Sumatera tidak mutlak selalu bisa berprestasi karena mental masing-masing individu burung Kacer tidak selalu sama meskipun berasal dari habitat yang sama.

Selain itu, pola perawatan dan settingan harian serta settingan lomba juga sangat menentukan performa burung Kacer di atas gantangan.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Kacer Sumatera dibanding Kacer dari daerah lain yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan kelebihan Kacer Sumatera dibanding Kacer dari daerah lain"