Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan

gambar murai batu bordan
Murai Batu Bordan

Onkicau.com - Murai Batu Bordan adalah istilah untuk menyebut Murai Batu (MB) hasil perkawinan silang antara Murai Batu Borneo dan Murai Batu Medan.

Perkawinan silang tersebut bertujuan untuk memadukan kelebihan dari kedua jenis Murai Batu tersebut untuk menghasilkan anakan yang berkualitas baik.

Sifat-sifat dari kedua jenis Murai Batu tersebut akan diturunkan pada anakannya yang merupakan perpaduan dari kedua indukannya.

Dalam Crossing beda suku tersebut sebaiknya indukan betina berasal dari Borneo (Kalimantan) dan indukan jantan berasal dari Medan (Sumatera).

Baca juga: Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan

Kelebihan Murai Batu Medan:

Murai Batu asli Medan memiliki kelebihan pada postur tubuhnya yang besar, gagah dan proporsional, serta didukung dengan bulu ekor yang panjang menjuntai semakin menambah anggun penampilan burung ini.

Selain bentuk fisiknya yang menawan, Murai Batu Medan juga terkenal memiliki mental dan karakter fighter yang kuat serta gaya tarung yang atraktif.

Kelebihan Murai Batu Borneo:

Murai Batu Borneo memiliki ciri khas menggembungkan bulu dadanya saat berkicau, terutama saat bertemu lawan.

Kelebihan Murai Batu Borneo dapat melantunkan lagu-lagu ngeroll dengan gaya duduk atau nancap tanpa banyak loncat dari plangkringan. Tapi kekurangannya, Murai Batu Borneo lebih banyak membawakan lagu-lagu mati dan cenderung hanya satu arah saja.

Dengan menyilangkannya dengan Murai Batu Medan, maka anakan yang dihasilkan dari kawin silang tersebut akan memiliki banyak kelebihan yang diturunkan dari perpaduan kedua indukannya.

Baca juga: Mengenal jenis-jenis Murai Batu Borneo / Kalimantan

Anakan hasil crossing dari Murai Batu Borneo dan Murai Batu Medan disebut Murai Batu Bordan (Borneo - Medan) yang memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Gaya mainnya cenderung lebih duduk / anteng diplangkringan dan hanya kepalanya saja yang naik turun sambil membawakan lagu-lagu ngeroll. Gaya tersebut diturunkan dari indukan Murai Batu Borneo.

2. Murai Batu Bordan memiliki mental fighter tinggi yang diwarisi dari indukan Murai Batu Medan.

3. Murai Batu Bordan memiliki gaya ngeplay saat membawakan lagu dan mengeluarkan materi-materi tembakan.

4. Memiliki variasi lagu lebih lengkap dengan volume lebih keras dan tembus.

5. Gaya mainnya juga tidak hanya menaik-turunkan kepalanya saja saat berkicau, tapi kepalanya lebih menekan kebawah bahkan sampai kebawah plangkringan yang merupakan ciri khas dari gaya main Murai Batu Medan.

Murai Batu Bordan juga tidak terlalu gembung seperti Murai Batu Borneo. Anakan hasil silangan Murai Batu Borneo dan Murai Batu Medan hanya akan menggembungkan bulu-bulu dibagian bawah dadanya saja dan itupun juga tidak terlalu mencolok atau hanya semi gembung saja.

Baca juga: Perbedaan Murai Batu Lampung Super dan Murai Batu Lampung Semi

Murai Batu Bordan memiliki bentuk kepala yang cenderung mirip indukan jantan Medan, yaitu paruh bagian atas tidak terlalu panjang seperti Murai Batu Borneo, sedangkan ukuran panjang ekornya tergolong sedang, mirip dengan ekor Murai Batu Lampung atau Murai Batu Jambi tapi dengan pola ekor yang mirip dengan Murai Batu Medan.

Untuk mendapatkan kualitas Murai Batu Bordan yang terbaik, sebaiknya indukan betina menggunakan Murai Batu Borneo Kepala Putih / Murai Batu Kepala Haji karena Murai Batu jenis ini terkenal memiliki kualitas terbaik dibandingkan Murai Batu Borneo lainnya, baik dari segi mental maupun kecerdasannya.

Tapi untuk sekarang ini banyak pedagang nakal yang menjual Murai Batu Borneo, terutama yang berasal dari daerah Palangkaraya yang diberi label Murai Batu Bordan.

Jadi jika berniat membeli Murai Batu Bordan sebaiknya lebih hati-hati, apalagi jika burung tersebut tidak memakai ring peternak.

Baca juga: Cara ternak Murai Batu sistem poligami yang aman dan cepat produk

Demikian sedikit informasi tentang ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan"