Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia

gambar pola ekor murai batu malaysia
Pola Ekor Murai Batu Malaysia

Onkicau.com - Burung Murai Batu (MB) tidak hanya terdapat di Indonesia saja, tapi juga dapat ditemukan di Negara-Negara lain seperti Malaysia, Thailand, Philipina, dan Vietnam.

Belakangan ini Murai Batu dari luar Indonesia banyak yang masuk ke Indonesia dan laris manis dipasaran, karena pada awal-awal masuk pasar Indonesia, Murai Batu import ini disebut sebagai Murai Batu Medan.

Murai Batu import yang paling banyak masuk ke Indonesia adalah Murai Batu asal Malaysia yang sering disebut sebagai Murai Batu Medan, karena bentuk fisik kedua burung Murai Batu beda habitat tersebut memang sangat mirip.

Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama, sebetulnya kedua jenis Murai Batu tersebut memiliki beberapa perbedaan, mulai dari bentuk fisik, karakter dan suara kicauannya.

Baca juga: Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Malaysia:

1. Rata-rata Murai Batu Malaysia memiliki ekor yang lebih panjang dari Murai Batu Medan, walaupun ada juga yang memiliki ekor pendek seperti Murai Batu Borneo (Kalimantan).

Panjang ekor Murai Batu Malaysia ada yang bisa mencapai 35 cm, sedangkan panjang ekor Murai Batu Medan maksimal hanya 27 cm, itupun sangat jarang bisa dijumpai.

Murai Batu Malaysia yang memiliki ekor panjang sering disebut sebagai Murai Batu Medan super karena seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa bentuk fisik keduanya memang sangat mirip.

2. Meskipun pola ekornya sangat mirip dengan Murai Batu Medan, tapi Murai Batu Malaysia memiliki daun ekor yang lebih kecil dan tipis walaupun ukurannya panjang. Berbeda dengan Murai Batu Medan yang memiliki daun ekor lebar dan lebih tebal.

3. Postur tubuh Murai Batu Malaysia lebih kecil dan tidak berisi jika dibandingkan dengan Murai Batu Medan yang berpostur tubuh besar, padat berisi, dan proporsional sehingga tampak sangat gagah dan garang.

4. Mental fighter Murai Batu Malaysia cukup tangguh, tapi memiliki kelemahan pada staminanya yang mudah gembos dan cepat lelah, terutama untuk Murai Batu Malaysia ekor panjang karena pada saat berkicau harus menahan beban ekornya yang panjang.

Tapi meskipun begitu banyak para Kicau Mania yang menyukai Murai Batu Malaysia ekor panjang karena terlihat indah dan anggun.

5. Murai Batu Malaysia memiliki tingkat kecerdasan yang sangat baik, sehingga mampu menirukan berbagai macam suara masteran dengan cepat dan fasih.

Baca juga: Burung-burung Masteran yang cocok untuk Murai Batu

Demikian sedikit informasi tentang ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia"