Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Murai Batu Lampung semi adalah Murai Batu Palangka

gambar pola ekor murai batu palangka / lampung semi
Pola Ekor Murai Batu Palangka

Onkicau.com - Dikalangan Kicau Mania sering kita dengar istilah Murai Batu Lampung semi yang dikenal sebagai Murai Batu asal Lampung (Sumatera) yang memiliki karakter semi gembung.

Anggapan tersebut sebetulnya keliru karena Murai Batu (MB) asal Sumatera tidak ada yang gembung atau semi gembung.

Istilah Murai Batu Lampung semi adalah sebutan dari para bakul/pedagang untuk menarik minat pembeli dan menaikkan harga jual Murai Batu Palangka atau Murai Batu Kalimantan super (Kalsup).

Murai Batu Palangkaraya memang memiliki penampilan fisik dan karakter yang agak berbeda dengan Murai Batu Kalimantan (Borneo) lainnya seperti Murai Batu Banjar dan Murai Batu kepala haji.

Baca juga: Mengenal jenis-jenis Murai Batu Borneo / Kalimantan

Murai Batu Palangka memiliki postur tubuh sedang memanjang dengan ukuran ekor cukup panjang sekitar 16 - 18 cm, lebih panjang dari Murai Batu Kalimantan dari wilayah lain yang rata-rata panjang ekornya hanya sekitar 10 - 15 cm saja.

Bulu dada Murai Batu Palangka rata-rata berwarna coklat tua, kakinya berwarna kehitaman dan pada saat berkicau tidak gembung seperti jenis Murai Batu Kalimantan (Borneo) lainnya. Kalaupun gembung hanya tipis saja pada bulu-bulu dibagian perutnya.

Tapi ketika ditrek / dipertemukan dengan lawan maka akan tampak karakter aslinya seperti Murai Batu Borneo pada umumnya, yaitu menggembungkan bulu-bulu badannya pada saat tarung.

Walaupun Murai Batu Palangka memiliki penampilan fisik dan karakter yang berbeda dengan Murai Batu Kalimantan lainnya, namun pola ekornya sama dengan para kerabatnya dari Kalimantan.

Jadi harus lebih teliti jika ingin membeli Murai Batu yang dikatakan sebagai Murai Batu Lampung atau Lampung super. Pastikan dulu jika Murai Batu tersebut betul-betul tidak gembung dengan cara ditrek / di adu dengan Murai Batu lainnya.

Baca juga: Ciri-ciri Murai Batu Lamgpung yang asli

Atau cek dulu pola ekornya, pastikan pola ekornya bukan pola ekor Murai Batu Kalimantan (Borneo). Jangan terkecoh dengan penampilannya yang memiliki ekor panjang dan tidak gembung pada saat berkicau sendirian.

Tapi jika Murai Batu yang akan dibeli tersebut dikatakan sebagai Murai Batu Lampung semi atau Bordan tentu saja tidak masalah dan tidak perlu dicek lagi asalkan harganya sesuai dengan harga pasarannya.

Jadi kesimpulannya, Murai Batu Lampung semi sebetulnya adalah Murai Batu Kalimantan (Borneo) yang berasal dari daerah Palangkaraya atau biasa disebut juga sebagai Murai Batu Kalimantan super (Kalsup).

Selain sering disebut sebagai Murai Batu Lampung semi, Murai Batu Palangka juga sering disebut sebagai Murai Batu Bordan untuk menarik minat pembeli dan juga untuk menaikkan harga jualnya.

Baca juga: Ciri fisik dan bentuk pola ekor Murai Batu Bordan

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Murai Batu Lampung semi atau Murai Batu Palangka yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Murai Batu Lampung semi adalah Murai Batu Palangka"