Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar anakan Murai Batu ternak memiliki ekor lebih panjang

gambar trotolan murai batu ekor panjang
Trotolan Murai Batu Ekor Panjang

Onkicau.com - Murai Batu (MB) ekor panjang sampai saat ini masih menjadi primadona burung kicau di lndonesia bahkan di luar Negeri.

Tapi untuk mendapatkan Murai Batu ekor panjang saat ini sangatlah sulit karena populasinya di alam bebas sudah sangat langka akibat perburuan liar dan rusaknya habitat alami burung fighter bersuara merdu ini.

Hal itulah yang mendorong para peternak untuk dapat menghasilkan Murai Batu ekor panjang demi memenuhi permintaan pasar yang tinggi. Harga jual Murai Batu ekor panjang juga cukup tinggi dan tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Baca juga: Cara ternak Murai Batu sistem poligami yang aman dan cepat produk

Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dapat mencetak anakan Murai Batu ekor panjang seperti yang diharapkan, karena meskipun kedua indukannya berekor panjang tapi kadang-kadang anakannya memiliki ekor yang lebih pendek dari induknya.

Hal itu bisa saja disebabkan karena kedua indukannya kekurangan nutrisi pada saat masa reproduksi atau anakannya yang kekurangan nutrisi pada saat masa pertumbuhannya akibat dari kurangnya asupan pakan berkualitas yang diberikan.

Sebetulnya jika mau sedikit sabar, peternak bisa menghasilkan anakan Murai Batu yang memiliki mental dan daya tahan tubuh lebih bagus, caranya dengan mengambil / memanen anakan Murai Batu pada saat sudah bisa makan sendiri dan membiarkan proses meloloh anakan dilakukan penuh oleh induknnya.

Resikonya, anakan Murai Batu yang di ambil dari kandang ternak belum terbiasa makan voer sehingga harus dilatih untuk makan voer. Selain itu, anakan Murai Batu yang diloloh oleh indukannya juga memiliki karakter lebih giras / liar dibanding anakan Murai Batu yang diloloh Manusia.

Baca juga: Kelebihan trotolan Murai Batu hutan dibanding trotolan Murai Batu ternak

Resiko yang kedua, yaitu proses produksi menjadi lebih lama dibandingkan jika mengambil / memanen anakan Murai Batu yang baru menetas sampai usia 7 hari. Keterlambatan proses produksi tersebut dikarenakan indukan burung Murai Batu harus meloloh anakan sampai bisa makan sendiri.

Pemberian pakan alami seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat kandang, belalang, dan pakan alami lainnya terbukti bisa menjadikan anakan Murai Batu lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan anakan Murai Batu yang hanya diberikan voer saat masa pertumbuhannya.

Pemberian full pakan alami juga dapat membuat bulu-bulu burung menjadi lebih mengkilap, dan yang terpenting yaitu anakan Murai Batu yang diloloh oleh indukannya dengan full pakan alami akan memiliki ekor yang lebih panjang asalkan kedua indukannya juga memiliki ekor yang panjang.

Hasilnya tentu akan berbeda jika anakan Murai Batu tidak diberikan pakan alami sepenuhnya. Misalnya saja jika anakan Murai Batu diberikan pakan utama berupa voer dan ditambah pemberian extra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto dan lainnya. Tapi hasilnya tetap akan berbeda dengan jika diberikan full pakan alami.

Baca juga: Manfaat kroto untuk Murai Batu

Untuk memaksimalkan pertumbuhan bulu ekornya, anakan Murai Batu harus diberikan pakan alami yang berkualitas, misalnya untuk jangkrik sebelum diberikan pada anakan / trotolan Murai Batu sebaiknya terlebih dulu diberikan pakan berupa buah-buahan dan sayuran segar agar jangkrik lebih bernutrisi ketika dikonsumsi oleh anakan / trotolan burung Murai Batu.

Selain itu, jika mau sedikit repot sebelum diberikan pada anakan / trotolan Murai Batu, terlebih dulu jangkrik di olesi dengan minyak ikan agar pertumbuhan bulu-bulu burung Murai Batu lebih sehat dan mengkilap.

Pada saat memandikan anakan / trotolan Murai Batu, bisa ditambahkan gel lidah buaya pada air yang akan digunakan untuk mandi. Gel lidah buaya juga bisa ditambahkan pada air miumnya seminggu 3 kali, tapi pemberiannya cukup sedikit saja agar air minumnya tidak menjadi kental.

Cara tersebut memang terlihat sepele, tapi jika dilakukan secara konsisten sampai anakan / trotolan Murai Batu menjadi dewasa, maka hasilnya akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan anakan / trotolan Murai Batu yang tidak diberikan pola perawatan tersebut.

Selain bulu ekornya yang akan tumbuh lebih panjang, mental dan fisik anakan Murai Batu juga akan menjadi lebih tangguh karena diloloh dan di didik secara alami oleh indukannya.

Jika dirawat oleh induknya, maka anakan / trotolan Murai Batu tersebut juga akan meniru perilaku induknya dan telah banyak merekam materi lagu indukannya, sehingga suara kicauannya lebih bervariasi.

Baca juga: Cara merawat trotolan Murai Batu agar cepat ngeplong dan gacor

Demikian sedikit informasi tentang cara agar anakan Murai Batu ternak memiliki ekor lebih panjang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips agar anakan Murai Batu ternak memiliki ekor lebih panjang"