Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur

gambar lovebird bertelur
    Ilustrasi Lovebird betina bertelur

Onkicau.com - Bagi para peternak Lovebird (LB) pemula mungkin ada banyak kendala yang dihadapi ketika awal-awal mulai beternak burung ini, dari mulai kesulitan untuk membedaan jenis kelamin kedua indukan burung Lovebird, proses perjodohan, indukan tidak mau kawin, indukan tidak juga bertelur, telur tidak menetas, dan masih banyak permasalahan-permasalahan lainnya.

Semua permasalahan tersebut adalah proses dalam belajar menangkarkan burung Lovebird (LB), dan mungkin semua breeder pernah mengalami permasalahan-permasalahan tersebut pada awal-awal memulai usahanya.

Agar dapat sukses beternak burung Lovebird (LB) kita memang harus jeli melihat kondisi Lovebird yang kita ternak agar segera dapat dicari solusinya jika terjadi masalah, termasuk mempersiapkan semua keperluan indukan Lovebird pada saat akan bertelur, karena ini merupakan tahap awal dari keberhasilan dalam beternak Lovebird.

Baca juga: Tips agar Lovebird cepat produk

Perilaku Lovebird (LB) betina yang mulai akan bertelur:

Lovebird (LB) betina yang akan bertelur dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang tampak lebih besar/gemuk dan juga terlihat dari perilakunya yang selalu gelisah dan bersuara keras.

Jika Lovebird (LB) betina sudah menunjukkan perilaku seperti itu, kita bisa mencoba memasukan selembar kertas koran/tisu kedalam kandangnya. Jika Lovebird betina mulai menyobek-nyobek kertas koran/tisu tersebut dan menyelipkan pada sayapnya maka bisa dipastikan jika indukan Lovebird betina tersebut akan mulai bertelur.

Setelah pasangan Lovebird (LB) melakukan perkawinan, dalam waktu 10 hari kedepan biasanya Lovebird betina sudah mulai memproduksi telur. Telur akan keluar satu persatu dengan jeda antara 1 - 3 hari untuk mengeluarkan telur berikutnya.

Baca juga: Faktor penyebab telur Lovebird kososng dan solusi untuk mengatasinya

Ciri-ciri Lovebird (LB) betina akan bertelur:

1. Lovebird (LB) betina akan mulai ngunjal atau membuat sarang dengan menggunakan sobekan-sobekan kertas, daun cemara, serpihan kayu, atau serabut kelapa yang sudah kita sediakan didalam kandangnya.

2. Lovebird (LB) betina akan lebih sering berada didalam kotak glodok.

3. Jika dilihat, bagian anus Lovebird (LB) betina tampak membengkak.

4. Jika diperhatikan, nafas Lovebird betina yang akan bertelur terdengar lebih berat.

Perawatan pada saat indukan Lovebird (LB) akan bertelur:

1. Pada saat akan bertelur, Lovebird (LB) betina membutuhkan lebih banyak asupan kalsium untuk proses pembentukan cangkang telur. Oleh karena itu, kita harus memberikan vitamin atau tulang sontong sebagai penambah asupan kalsium agar Lovebird dapat menghasilkan telur yang bagus.

2. Pada masa ini, jangan dulu membuka kotak glodok agar indukan betina lebih fokus dalam bertelur, tapi tetap harus selalu dicek perkembangannya sampai Lovebird (LB) mengerami telurnya.

Baca juga: Tips dan trik menjodohkan Lovebird untuk pemula

Demikian sedikit informasi tentang tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

12 comments for "Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur"

  1. Assalamualaikum
    Kalo si betina sering bawa2 daun
    Itu salah satu mau bertelur juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam
      Iya kalau LB sering didalam glodok

      Delete
  2. Berapa lama lb dri membuat sarang sapai bertelur..? Apa setiap lb yg mebuat sarang dinpastikan akan bertelur atau tidak... ?

    Soal y punya saya blm pernah ngelihat kawin tp pas di masukin daun" serutak kayu dia bawa masuk ke gelodok.
    Itu dri pastikan akan bertelur atau tidak .. ?🙏 Mohon pencerahan nyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membawa bahan sarang kedalam glodok blm tentu mau bertelur, tp kalau sudah terpantau kawin kemungkinan besar akan bertelur. LB betina yg akan bertelur lebih sering didalam godok, tubuhnya lebih gemuk dan perutnya lebih besar.

      Delete
  3. Assalamualaikum
    LB saya kemungkinan lebih dewasa yg betina.kadang akur tapi terkadang suka ribut,akur dlm arti suka berduaan suka makan minum berdua.
    Terkadang juga betina nya ngejar jantan dan ribut.
    Apakah ciri ciri itu ?

    ReplyDelete
  4. Asalamualaikum
    Klo betina lagi nelur atau mengerami emang jantan tidurnya di luar glodok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam
      Iya, pejantan akan berjaga diluar glodok

      Delete
  5. Sering berduaan dlm glodok tapi belum mau kawin kenapa itu??🙏

    ReplyDelete
  6. Assalamu alaikum saya mau nanya. LB sya kok berkicau terus, tpu kicaunya pelan-pelan trus dia slalu pup encer,. Mohon pencerahan y apa yang menyebabkan LB sya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit itu om, coba kasih E-bodre atau obat lainnya. banyak kok di jual di kios-kios pakan burung

      Delete