Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat Lovebird muda agar rajin ngekek

burung lovebird (LB) biru mangsi
Lovebird (LB)

On Kicau - Lovebird (LB) adalah jenis burung paruh bengkok yang memiliki warna bulu beragam. Keindahan warna bulunya dan bentuk fisiknya yang menarik membuat burung ini disukai oleh banyak orang.

Banyak para peggemar burung Lovebird (LB) yang lebih memilih untuk memelihara burung Lovebird anakan usia 2 - 3 bulan, alasannya karena harganya lebih murah atau agar bisa dibentuk sesuai keinginan.

Baca juga: Cara membentuk Lovebird muda agar fighter dan ngekek panjang

Sebagian penggemar Lovebird (LB) memelihara burung cantik ini untuk klangenan atau hiburan dirumah, tapi tidak sedikit juga yang memelihara Lovebird untuk dilombakan, baik untuk kontes warna maupun kontes suara.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara perawatan Lovebird (LB) suara, yaitu bagaimana cara membentuk Lovebird muda agar rajin ngekek.

Berikut ini tahapan perawatan Lovebird (LB) muda agar rajin ngekek:

1. Mandikan Lovebird (LB) setiap pagi, bisa disemprot memakai sprayer atau biar mandi sendiri didalam cepuk, ikuti saja kemauan Lovebird, jangan memaksakan tindakan yang tidak disukai oleh Lovebird misalnya: Lovebird tidak suka mandi dengan disemprot sampai basah kuyup, kalau itu dilakukan biasanya Lovebird akan melakukan tindakan yang ekstrim untuk melampiaskan ketidak nyamanannya seperti mencabuti bulunya sendiri.

Jadi, kita sebagai pemiliknya harus memahami kemauannya, jangan asal menerapkan pola perawatan orang lain kepada Lovebird (LB) milik kita karena karakter burung itu berbeda-beda.

2. Setelah selesai mandi, angin-anginkan dulu sampai semua bulunya kering, jangan lupa kandang dibersihkan dari semua kotoran dan sisa-sisa makanan setiap hari agar Lovebird (LB) merasa nyaman dan terhindar dari penyakit.

Setelah bulu-bulunya kering kemudian dijemur sekitar 1-2 jam dan bisa ditingkatkan lagi secara bertahap untuk melatih stamina dan daya tahan Lovebird saat digantangan.

3. Sediakan pakan kesukaan Lovebird (LB) berupa bijian mix seperti milet putih, milet merah, biji bunga matahari dan lainnya. Tambah menu pakannya dengan ekstra fooding (EF) berupa sayuran segar, jagung muda, dan buah-buahan. Berikan sayur dan buah-buahan tersebut secara bergantian setiap harinya agar Lovebird terpenuhi nutrisinya. Berikan juga tulang sotong untuk remisan (ngasin) dan sebagai sumber kalsium untuk Lovebird.

4. Lakukan pemasteran pada Lovebird (LB) muda dengan suara Lovebird ngekek yang berdurasi panjang agar Lovebird muda tersebut nantinya akan menirukan suara ngekek panjang masterannya.

Pada usia dibawah 5 bulan, Lovebird (LB) masih belajar bunyi dan merekam suara yang sering didengarnya, karena itu pemasteran Lovebird diusia muda akan menentukan seperti apa suara Lovebird tersebut setelah dewasa.

Baca juga:

Ciri-ciri Lovebird jantan dan betina

Kawin cabut cara ampuh untuk mengatasi Lovebird over birahi (OB)

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Lovebird (LB) muda agar rajin ngekek yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat Lovebird muda agar rajin ngekek"