Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara melatih mental Kacer agar juara

gambar burung kacer juara
Burung Kacer Poci

Onkicau.com - Kacer termasuk salah satu jenis burung ocehan yang cukup populer dan banyak digemari oleh para Kicau Mania di Indonesia.

Kacer adalah burung tipe fighter, di alam bebas burung ini sangat agresif terhadap keberadaan burung Kacer lain yang memasuki wilayah teritorialnya.

Jika ada burung sejenis yang memasuki wilayahnya maka Kacer akan langsung mengusir burung tersebut dengan suara kicauannya yang bervariasi dan dengan gaya tarung ngobranya yang khas terlebih dahulu untuk mengintimidasi musuhnya sebelum bertarung secara fisik.

Naluri petarung Kacer adalah karakter yang akan tetap melekat walaupun burung ini sudah dipelihara didalam kandang, oleh karena itulah burung ini sering dilombakan karena Kacer akan saling beradu kicauan saat melihat atau bertemu dengan burung Kacer lain.

Tapi tidak semua burung Kacer memiliki mental fighter yang bagus dan berani tarung ketika bertemu lawan.

Burung Kacer yang mentalnya lembek pasti akan ketakutan saat bertemu dengan Kacer lain yang dianggapnya lebih dominan dan biasanya akan ditandai dengan perilaku mbagong / nguda laut / mbedesi.

Perilaku mbagong inilah yang paling ditakuti oleh para pemain Kacer lapangan karena jika Kacer sampai mbagong pada saat dilombakan maka sudah pasti akan menggugurkan semua penilaian juri.

Baca juga: Penyebab utama Kacer mbagong dan cara mengatasinya

Jika tujuan memelihara burung Kacer adalah untuk dilombakan, maka sebaiknya hanya memelihara satu ekor burung Kacer saja dirumah dan kondisikan agar burung Kacer tersebut merasa bahwa dialah penguasa tunggal wilayahnya.

Karena jika Kacer tersebut merasa berkuasa atau paling dominan maka akan semakin bagus untuk membentuk mentalnya menjadi angkuh dan tidak ingin tersaingi, dan nantinya Kacer tersebut akan menjadi sangat agresif ketika bertemu dengan burung Kacer lain sebab sehari-harinya tidak pernah melihat dan mendengar suara burung Kacer lain.

Jika memelihara dua ekor burung Kacer atau lebih dalam satu rumah, maka setiap hari Kacer-Kacer tersebut akan saling sahut-sahutan beradu suara. Hal itu tentu akan menguras stamina burung.

Efek negatif lainnya, burung Kacer akan menjadi bosan untuk fight karena sudah terbiasa bertarung setiap hari, dan akibatnya burung Kacer akan menjadi kurang agresif serta menjadi kurang ngotot saat dilombakan.

Bahkan yang lebih fatal lagi, salah satu dari Kacer-Kacer tersebut bisa down karena kalah mental dan bisa berakibat macet bunyi.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi Kacer macet bunyi

Untuk melatih mental Kacer sebaiknya cukup ditrek seminggu sekali saja dengan beberapa burung Kacer lain untuk mengasah mental tarungnya sambil mencari settingan yang pas setiap minggunya.

Jika dirasa Kacer tersebut sudah bisa tampil maksimal saat ditrek dengan beberapa ekor burung Kacer lain berarti sudah waktunya untuk diajak jalan-jalan ke arena lomba burung atau Latber.

Untuk sementara tidak usah buru-buru mengikut sertakannya untuk ikut lomba, cukup digantang dipinggir lapangan saja agar Kacer tersebut terbiasa dengan hiruk-pikuk suasana lomba. Melatih Kacer lomba memang butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah Kacer terbiasa dengan suasana lomba dan mulai berani koar-koar dan ngeplay saat mendengar suara burung lain yang sedang berlomba berarti sudah saatnya untuk mencoba menggantangnya di arena.

Untuk tahap pertama sebaiknya Latber dulu untuk menjajaki performanya sambil dipantau seperti apa kerjanya dipenampilan perdananya.

Evaluasi kekurangannya untuk mendapatkan settingan yang tepat agar Kacer tersebut bisa tampil lebih maksimal pada penampilan berikutnya.

Setelah ketemu settingan yang tepat dan Kacer tersebut bisa selalu tampil stabil maka bisa mulai di ikut sertakan dalam lomba yang lebih besar.

Baca juga: Cara mengatur keseimbangan birahi dan emosi Kacer lomba

Demikian sedikit informasi tentang cara melatih mental fighter Kacer agar bisa juara ketika dilombakan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara melatih mental Kacer agar juara"