Advertisement

MELATIH MENTAL KACER AGAR JUARA

Kacer adalah burung tipe fighter, dihabitatnya Kacer sangat agresif terhadap keberadaan burung Kacer lain yang memasuki wilayah teritorialnya. Kacer akan langsung mengusir keberadaan Kacer lain dengan suara kicauannya yang bervariasi dan dengan gaya tarungnya yang khas terlebih dahulu untuk mengintimidasi musuhnya sebelum bertarung secara fisik.

Naluri petarung Kacer adalah karakter yang akan tetap melekat walaupun sudah dipelihara dalam kandang, karena itulah Kacer sering dilombakan karena burung ini akan saling beradu kicauan saat melihat Kacer lain.

Tapi tidak semua Kacer memiliki mental petarung yang bagus, untuk Kacer yang mentalnya lembek pasti akan ketakutan saat bertemu dengan Kacer lain yang dianggapnya lebih dominan. Biasanya ditandai dengan perilaku mbagong/nguda laut/mbedesi.

Perilaku mbagong inilah yang paling ditakuti oleh para pemain Kacer lapangan karena sudah pasti akan menggugurkan semua penilaian juri saat dilombakan.

Kalau tujuan kita memelihara Kacer adalah untuk dilombakan, maka sebaiknya hanya memelihara satu ekor Kacer saja dirumah, kondisikan agar Kacer merasa bahwa dialah penguasa tunggal wilayahnya, karena semakin merasa berkuasa maka akan semakin bagus untuk membentuk mentalnya menjadi angkuh dan tidak ingin tersaingi, dan nantinya Kacer akan menjadi sangat agresif ketika bertemu dengan kacer lain karena sehari-harinya tidak pernah melihat dan mendengar suara Kacer lain.

Kenapa sebaiknya dipelihara sendirian..???

Karena kalau ada dua kacer atau lebih dalam satu rumah, maka setiap hari mereka akan saling sahut-sahutan beradu suara yang tentunya akan menguras staminanya. Efek negatif lainnya Kacer akan menjadi bosan untuk fight karena sudah bertarung setiap hari, dan akibatnya Kacer menjadi kurang agresif serta menjadi kurang ngotot saat dilombakan. Yang lebih fatal lagi salah satu dari Kacer-Kacer tersebut bisa down karena kalah mental dan bisa berakibat macet bunyi.

Untuk melatih mentalnya, Kacer cukup ditrek seminggu sekali saja dengan beberapa Kacer lain untuk mengasah mental tarungnya sambil mencari settingan yang pas setiap minggunya, kalau dirasa Kacer kita tersebut sudah bisa tampil maksimal saat ditrek dengan beberapa ekor Kacer lainnya berarti sudah waktunya untuk diajak jalan-jalan ke arena lomba burung. 

Untuk sementara tidak usah buru-buru mengikut sertakannya untuk ikut lomba, cukup digantang dipinggir lapangan saja agar Kacer terbiasa dulu dengan hiruk-pikuk suasana lomba. Memang butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah Kacer terbiasa dengan suasana lomba dan mulai berani koar-koar dan ngeplay saat mendengar suara burung lain yang sedang berlomba berarti sudah saatnya kita coba menggantangnya di arena.

Ikutkan dulu dilatber untuk menjajaki performanya, pantau seperti apa kerjanya dipenampilan perdananya, evaluasi kekurangannya untuk mendapatkan settingan yang pas agar Kacer kita tersebut dapat tampil lebih maksimal dipenampilan berikutnya.

Demikian sedikit informasi tentang melatih mental Kacer agar juara. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

Ikuti Kami Lewat Email