Advertisement

Perawatan yang benar pada Kacer mabung

Mabung/ngurak adalah siklus alami yang akan dialami oleh semua jenis burung termasuk Kacer. Normalnya Kacer mengalami mabung/ngurak setiap satu tahun sekali, tetapi ada juga yang lebih cepat atau lebih lama.

Proses mabung/ngurak ditandai dengan jatuhnya beberapa helai bulu kecil, bulu sayap, dan juga bulu ekor setiap harinya. Setelah terlihat tanda-tanda tersebut, segera lakukan perawatan mabung/ngurak:

Isolasi Kacer

Tempatkan Kacer ditempat yang tenang dan jauh dari keberadaan burung fighter lain terutama burung sejenis yang gacor agar Kacer yang sedang dalam proses mabung/ngurak tersebut merasa tenang sehingga proses mabungnya berlangsung dengan normal.

Full kerodong

Sebaiknya Kacer lebih banyak dikerodong (full kerodong) agar dapat fokus untuk merontokkan bulu-bulunya tanpa merasa terganggu dengan suasana lingkungan sekitarnya.

Buka kerodong hanya pada saat membersihkan kotoran dan mengganti pakan serta air minumnya saja.

Settingan mabung/ngurak

Rubah settingan Ekstra fooding (EF) harian dengan settingan mabung. Misal porsi jangkrik hariannya 5/5 pagi/sore, dirubah menjadi 3/3 pagi/sore.

Untuk mempercepat proses perontokan bulu-bulu Kacer, berikan larva tawon 5/5 pagi/sore atau kalau sulit mendapatkan larva tawon bisa diganti dengan pemberian ulat hongkong (UH) 20/20 pagi/sore.

Berikan irisan daun pandan yang ditaburkan didasar kandangnya. Aroma harum daun pandan akan membuat Kacer menjadi lebih rileks sehingga proses mabungnya dapat berlangsung dengan normal.

Mandi dan jemur

Saat mabung/ngurak, Kacer tidak perlu dimandikan setiap hari, cukup seminggu sekali saja. Penjemuran cukup dilakukan 15 menit saja setiap jam 07.00 pagi. Setelah itu Kacer kembali dikerodong dan tempel dengan burung-burung masteran dengan jarak yang tidak terlalu dekat.

Perawatan setelah mulai tumbuh bulu

Setelah semua bulu-bulunya rontok dan mulai tumbuh tunas-tunas bulu baru, rubah settingan Ekstra foodingnya:

• Berikan jangkrik 7/7 pagi/sore, olesi jangkrik dengan minyak ikan terlebih dulu sebelum diberikan pada Kacer.

• Berikan kroto segar dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.

• Berikan buah sebagai selingan, tapi kalau Kacer tidak suka mengkonsumsi buah, alternatifnya dengan memberikan pakan buah dan sayuran pada jangkrik sebelum diberikan pada Kacer.

• Setelah semua bulu-bulunya tumbuh sempurna, Kacer mulai bisa dimandikan setiap hari, dan untuk penjemuran cukup dilakukan 15-20 menit saja mulai jam 07.00 pagi.

• Kembalikan settingan Ekstra fooding (EF) seperti saat sebelum mabung.

• Embunkan Kacer setiap hari mulai jam 05.00 pagi.

• Jam 07.00 pagi Kacer dimandikan di bak keramba sampai benar-benar puas.

• Setelah selesai mandi, berikan jangkrik 5 ekor atau tergantung kebiasaan.

• Angin-anginkan dulu sampai bulu-bulunya kering baru dijemur, tapi cukup 15 menit saja karena bulu-bulunya masih baru. Tunggu sekitar 2 bulan sampai bulu-bulunya kering baru boleh dijemur lama.

Demikian sedikit informasi tentang perawatan yang benar pada Kacer mabung/ngurak. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Mabung/Ngurak

Ikuti Kami Lewat Email