Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan yang benar pada Kacer mabung

gambar kacer mabung / ngurak
Ilustrasi burung Kacer mabung/ngurak

Onkicau.com - Mabung / ngurak adalah siklus alami yang akan di alami oleh semua jenis burung termasuk burung Kacer. Normalnya burung Kacer akan mengalami mabung / ngurak setiap satu tahun sekali, tetapi ada juga yang lebih cepat atau lebih lama.

Proses mabung / ngurak ditandai dengan rontoknya beberapa helai bulu kecil dan akan disusul rontoknya bulu-bulu besar seperti bulu sayap dan juga bulu ekor setiap harinya.

Setelah terlihat tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera lakukan perawatan khusus mabung agar proses pergantian bulunya bisa berjalan normal dan cepat selesai.

Baca juga: Penyebab kanibal (cabut bulu) pada Kacer dan cara mengatasinya

Berikut ini cara merawat burung Kacer mabung / ngurak yang benar agar cepat tuntas:

1. Isolasi

Tempatkan burung Kacer yang sedang mabung diruangan yang tenang dan jauh dari keberadaan burung fighter lain, terutama burung sejenis yang gacor agar burung Kacer yang sedang dalam proses mabung / ngurak tersebut merasa tenang sehingga proses mabungnya bisa berlangsung dengan normal.

2. Full kerodong

Sebaiknya burung Kacer yang sedang mabung lebih banyak dikerodong (full kerodong) agar dapat fokus untuk merontokkan bulu-bulunya tanpa merasa terganggu dengan suasana disekitarnya. Buka kerodong hanya pada saat membersihkan kotoran dan mengganti pakan serta air minumnya saja.

3. Settingan extra fooding (EF)

Rubah settingan extra fooding (EF) harian dengan settingan mabung. Misal porsi jangkrik hariannya sebelum mabung 5/5 pagi/sore, pada saat mabung dirubah menjadi 3/3 pagi/sore.

Untuk mempercepat proses perontokan bulu-bulu lama burung Kacer, berikan larva tawon 5/5 pagi/sore atau jika sulit mendapatkan larva tawon bisa diganti dengan pemberian ulat hongkong (UH) sebanyak 20/20 pagi/sore.

Berikan irisan daun pandan yang ditaburkan didasar kandangnya karena roma harum daun pandan akan membuat burung Kacer menjadi lebih rileks sehingga proses mabungnya dapat berlangsung dengan normal.

4. Mandi dan jemur

Pada saat mabung / ngurak, burung Kacer tidak perlu dimandikan setiap hari, tapi cukup seminggu sekali saja.

Sedangkan untuk penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja setiap jam 07:00 pagi. Setelah itu kandangnya kembali dikerodong dan tempel dengan burung-burung masteran dengan jarak yang tidak terlalu dekat.

Baca juga: Cara pemasteran Kacer agar cepat ngisi

5. Perawatan setelah mulai tumbuh bulu

Setelah semua bulu-bulunya rontok dan mulai tumbuh tunas-tunas bulu baru, rubah settingan extra foodingnya:

• Berikan jangkrik sebanyak 7/7 pagi/sore, sebaiknya olesi jangkrik dengan minyak ikan terlebih dulu sebelum diberikan pada Kacer.

Tapi jika burung Kacer tidak menyukai jangkrik yang di olesi minyak ikan sebaiknya jangan diteruskan karena dapat menyebabkan burung Kacer tersebut tidak mau makan jangkrik lagi nantinya,

• Berikan kroto segar dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.

• Berikan buah sebagai selingan, tapi jika burung Kacer tidak mau memakannya, alternatifnya dengan memberikan pakan buah dan sayuran pada jangkrik sebelum diberikan pada burung Kacer.

• Setelah semua bulu-bulunya tumbuh sempurna, burung Kacer mulai bisa dimandikan setiap hari dan untuk penjemuran cukup dilakukan 15 - 20 menit saja mulai jam 07:00 pagi.

• Kembalikan settingan extra fooding (EF) seperti settingan hariannya sebelum mabung.

• Jika cuaca cerah, embunkan burung Kacer setiap hari mulai jam 05:00 atau jam 05:30 pagi.

• Jam 07:00 pagi burung Kacer dimandikan di bak keramba sampai benar-benar puas.

• Setelah selesai dimandikan, kemudian berikan jangkrik sebanyak 5 ekor atau tergantung kebiasaan.

• Setelah itu, burung di angin-anginkan dulu sampai bulu-bulunya kering baru dijemur selama 15 menit saja karena bulu-bulunya masih baru.

Tunggu sekitar 2 bulan lagi sampai bulu-bulunya kering baru boleh dijemur lama, tapi harus dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Pakan dan extra fooding (EF) terbaik untuk Kacer serta manfaatnya

Demikian sedikit informasi tentang perawatan yang tepat pada Kacer mabung / ngurak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan yang benar pada Kacer mabung"