Advertisement

Tips perawatan Kacer muda agar gacor dan ngobra

KACER menjadi salah satu burung favorit bagi para Kicau Mania. Suara kicauannya yang merdu dan bervariasi serta gaya tarung ngobranya yang eksotis membuat banyak orang jatuh cinta pada burung petarung ini. Tapi untuk membentuk Kacer menjadi gacor dan ngobra diperlukan perawatan khusus yang harus konsisten.

Kacer merupakan burung fighter yang sangat agresif dan tidak memiliki toleransi dengan keberadaan burung sejenis disekitarnya. Kacer akan mengusir keberadaan Kacer lain yang masuk wilayah teritorialnya dengan suara kicauannya yang bervariasi dan gaya ngobranya yang khas terlebih dulu sebelum fight secara fisik, karena itulah Kacer memerlukan asupan protein yang tinggi untuk menunjang stamina tempurnya.

Ketika dipelihara didalam kandang, tentunya Kacer tidak dapat memilih jenis pakannya sendiri untuk menunjang kebutuhan nutrisinya, oleh karena itu kita sebagai pemiliknya harus menyediakan semua kebutuhannya, dan usahakan sebisa mungkin di sesuaikan dengan kebutuhannya seperti di alam bebas, walaupun tidak mungkin bisa sama persis tapi minimal bisa mendekati seperti dihabitat aslinya.

Pakan untuk Kacer

• Voer

Voer adalah pakan utama untuk burung yang dipelihara didalam kandang, karena lebih praktis dan mempermudah dalam perawatan hariannya.

Berikan porsi voer sehari habis agar voer yang dikonsumsi setiap harinya selalu dalam kondisi yang fresh. Pilihlah voer yg berkualitas dengan kandungan protein antara 18-20%, bisa merk apa saja asal Kacer menyukainya.

Jangan lupa untuk mengganti air minumnya setiap hari dan cepuk minumnya juga harus selalu dibersihkan agar tidak mengundang kuman dan bakteri. 

• Ekstra fooding (EF)

Kacer memerlukan pakan tambahan seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat daun pisang, belalang, orong-orong, cacing, dan lainnya. Bisa juga diberikan telor ayam/bebek/puyuh kalau Kacer doyan, tapi yang umum digunakan dan mudah mendapatkanya adalah jangkrik, kroto dan ulat hongkong (UH), karena banyak dijual di kios-kios pakan burung.

• Buah

Kacer adalah jenis burung pemakan serangga, tapi ada juga beberapa individu Kacer yang suka mengkonsumsi buah, jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba memberikan buah sebagai menu pakan tambahan untuk Kacer karena manfaatnya sangat besar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan juga sangat bagus untuk metabolisme tubuh Kacer.

Buah yang bisa kita berikan seperti pepaya, pisang, apel dan lainnya. Alternatif lain jika Kacer tidak suka mengkonsumsi buah yaitu dengan cara memberikan pakan buah dan sayuran segar terlebih dulu pada jangkrik sebelum diberikan pada Kacer

Untuk Kacer muda sebaiknya tidak usah disetting dulu, glontor saja pemberian Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dan kroto sepuasnya karena Kacer masih dalam masa pertumbuhan dan juga untuk mendongkrak birahinya. Tidak perlu takut over birahi (OB), karena Kacer yang masih muda kondisi birahinya masih belum stabil.

Berikan jangkrik pada pagi dan sore hari dengan porsi sekenyangnya, kroto bisa diberikan 3x seminggu dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian, ulat daun pisang bisa diberikan seminggu sekali sebanyak 2 ekor yang berukuran besar (bersihkan dulu serbuk putihnya).

Saat cuaca dingin tambahkan menu pakannya dengan ulat hongkong (UH) cukup 5-7 ekor yang masih berwarna putih (baru ganti kulit). Bisa juga diberikan kuning telur ayam/bebek/puyuh seminggu sekali.

Mandi

Usahakan dalam memandikan Kacer sesuai dengan kemauan Kacer. Kalau Kacer suka mandi pada pagi hari, usahakan untuk memandikannya pada pagi hari, dan kalau Kacer suka mandi pada sore hari, usahakan untuk memandikannya pada sore hari agar Kacer yang kita pelihara merasa nyaman karena semua kemauannya dipenuhi.

Mandikan Kacer dibak keramba sampai benar-benar puas baru dipindahkan ke kandang hariannya. Biarkan Kacer didis sampai semua bulu-bulunya kering.

Jemur

Setelah semua bulu-bulunya kering baru dijemur dibawah sinar Matahari pagi antara jam 07.00 sampai jam 10.00 pagi. Lakukan penjemuran secara bertahap, dari tahap pertama mulai 30 menit saja selama satu minggu, kemudian minggu berikutnya dijemur selama 45 menit, dan terus ditingkatkan secara bertahap sampai Kacer mampu dijemur selama 2-3 jam tanpa mangap.

Ingat, jangan menjemur Kacer di atas jam 10 pagi karena sinar Matahari sudah terlalu panas, dan dapat membuat bulu-bulunya menjadi kusam, bahkan bisa berakibat fatal jika dijemur terlalu berlebihan. Saat dijemur, pakan dan air minumnya sebaiknya tetap diberikan agar Kacer tidak lemas karena kelaparan dan dehidrasi. Kecuali untuk Kacer yang sudah terlatih dan terbiasa dijemur tanpa pakan dan minum.

Umbaran

Tahap berikutnya yang tidak kalah penting dalam merawat Kacer adalah pengumbaran, jika tujuan kita memelihara Kacer adalah untuk lomba, tapi jika tujuan kita memelihara Kacer hanya untuk klangenan dirumah saja, maka pengumbaran tidak perlu dilakukan.

Kacer lapangan mutlak harus memiliki stamina yang prima agar bisa tampil maksimal menghadapi lawan-lawannya digantangan. Karena itu, Kacer lomba harus terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya dengan asupan pakan yang cukup dan bergizi.

Kacer lapangan harus memiliki nafas panjang agar bisa menyanyikan lagu-lagu ngeroll dan tembakan-tembakan rapat tanpa jeda. Stamina dan nafas panjang bisa dibentuk dengan penjemuran yang rutin dan teratur, serta latihan fisik dikandang umbaran.

Umbar Kacer 2-3x seminggu dengan latihan terbang bolak-balik untuk melatih fisik dan pernafasannya. Pakan dan air minum tetap disediakan didalam kandang umbaran. 

Kandang harian

Untuk kandang hariannya bisa memakai kandang bulat atau kandang kotak tergantung selera kita, tapi untuk Kacer yang masih giras sebaiknya memakai kandang kotak yang tatakannya mudah dibuka agar lebih mudah saat membersihkan kotorannya. Bersihkan kandangnya setiap hari agar Kacer merasa nyaman dan selalu sehat.

Tangkringan

Gunakan dua tangkringan dari kayu yang memiliki tekstur kasar, biasanya yang banyak dipakai adalah kayu asam (bisa kayu asam Jawa atau kayu asam Bali). Model tangkringan bisa dipasang sejajar atau silang tergantung dari karakter Kacer.

Kerodong

Fungsi kerodong cukup penting untuk melindungi Kacer dari cuaca dingin dan mencegahnya memakan serangga beracun yang biasa mengerubungi lampu pada malam hari. Kerodong juga bermanfaat agar Kacer lebih tenang beristirahat.

Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan Kacer muda agar gacor dan ngobra. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

Ikuti Kami Lewat Email