Advertisement

Cara mudah membedakan jalak suren jantan dan betina

Cara mudah mengidentifikasi jenis kelamin jalak suren jantan atau betina adalah ketika burung sudah berumur 10 bulan lebih atau sudah dewasa. Pada usia tersebut, sudah mulai muncul perbedaan yang mendasar antara jantan dan betina.

Ciri-ciri jalak suren jantan dan betina:
• Untuk jalak suren jantan, pada bagian anusnya berwarna kebiruan atau ungu. Tanda tersebut hanya muncul pada jalak suren jantan yang sudah dewasa, sedangkan pada jalak suren betina, warna anusnya tetap putih kemerahan.

• Lingkaran kulit disekitar mata jalak suren jantan terlihat lebih tebal dan berwarna oranye cerah, sedangkan pada jalak suren betina, warnanya orange pudar/pucat.

• Warna bulu di bagian kepala dan punggung burung jantan terlihat lebih mengkilap, sedangkan bulu kepala dan punggung burung betina terlihat agak kusam.

• Postur tubuh jalak suren jantan besar, panjang dan gagah, sedangkan betina lebih kecil dan pendek, terlihat lebih bulat/ buntet.

• Pada saat berkicau, baik jantan maupun betina akan sama-sama mengembangkan jambulnya, tapi kalau diperhatika lebih seksama, jambul jalak suren jantan terlihat lebih njabrik.

• Jalak suren jantan juga lebih aktif, agresif, dan selalu ingin menyerang. Ketika berkicau, burung jantan sering terlihat membusungkan dadanya. Kicauan jalak suren jantan juga lebih bervariasi, lebih nyaring dan lebih keras dibandingkan dengan yang betina.

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri jalak suren jantan dan betina, untuk informasi lain seputar jalak suren akan dibahas pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

DOWNLOAD audio suara asli jalak suren.mp3

Warna anus jalak suren jantan dan betina