Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah membedakan jalak suren jantan dan betina

On Kicau - Untuk membedakan jenis kelamin burung Jalak Suren memang agak sulit karena antara burung Jalak Suren jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang serupa.

Tapi meskipun sangat mirip, jika diperhatikan dengan teliti sebetulnya ada beberapa ciri-ciri khusus yang membedakan antara burung Jalak Suren jantan dan betina.

Cara paling mudah untuk mengidentifikasi jenis kelamin burung Jalak Suren jantan dan betina adalah ketika burung sudah berumur 10 bulan lebih atau ketika burung sudah dewasa, karena pada usia tersebut sudah mulai muncul perbedaan yang mendasar antara burung jantan dan betina.

Baca juga: Cara merawat Jalak Suren Jawa agar cepat gacor

Berikut ini beberapa ciri-ciri perbedaan burung Jalak Suren jantan dan betina paling akurat:

gambar kloaka/dubur burung jalak suren jantan dan betina
Bentuk kloaka/dubur burung Jalak Suren jantan dan betina

• Pada bagian anus Jalak Suren jantan dewasa berwarna kebiruan atau ungu. Tanda tersebut hanya muncul pada Jalak Suren jantan yang sudah dewasa, sedangkan pada Jalak Suren betina, warna anusnya tetap putih kemerahan.

• Lingkaran kulit disekitar mata burung Jalak Suren jantan terlihat lebih tebal dan berwarna oranye cerah, sedangkan pada Jalak Suren betina, warnanya orange pudar/pucat.

• Warna bulu di bagian kepala dan punggung burung Jalak Suren jantan terlihat lebih mengkilap, sedangkan bulu dibagian kepala dan punggung burung Jalak Suren betina terlihat agak kusam.

• Postur tubuh burung Jalak Suren jantan lebih besar, panjang dan gagah, sedangkan postur tubuh Jalak Suren betina lebih kecil dan pendek (terlihat lebih bulat/ buntet).

• Pada saat berkicau, baik Jalak Suren jantan maupun betina akan sama-sama mengembangkan jambulnya, tapi jika diperhatika lebih seksama, jambul Jalak Suren jantan terlihat lebih njabrik.

• Jalak Suren jantan juga lebih aktif dan agresif serta selalu ingin menyerang. Ketika berkicau, burung jantan sering terlihat membusungkan dadanya. Suara kicauan Jalak Suren jantan juga lebih bervariasi, lebih nyaring dan lebih keras dibandingkan Jalak Suren betina.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Jalak Bali jantan dan betina

Ciri-ciri perbedaan Jalak Nias jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Jalak, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mudah membedakan jalak suren jantan dan betina"