Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Murai Batu bermental juara

gambar murai batu juara nasional
Burung Murai Batu (MB)

Onkicau.com - Murai Batu (MB) adalah jenis burung fighter, jadi point utama yang harus dimiliki burung Murai Batu untuk bisa menjadi juara dalam lomba adalah pada mentalnya. Karena sebagus apapun materi yang dimiliki burung Murai Batu, tidak akan berguna jika tidak didukung dengan mental yang tangguh.

Setelah mental, point berikutnya adalah volume suara, irama lagu, materi isian dan stamina. Beberapa point tersebut masih bisa dibentuk, misalnya saja materi isian bisa dibentuk dengan cara pemasteran dan stamina bisa dilatih dengan cara penjemuran serta latihan dikandang umbaran.

Baca juga: Pentingnya terapi kandang umbaran untuk Murai Batu

Tapi untuk soal mental, volume suara dan irama lagu adalah karakter bawaan dari masing-masing individu burung Murai Batu (MB), kita sebagai pemiliknya hanya bisa mengoptimalkannya saja dengan perawatan dan latihan yang tepat.

Jadi intinya, agar burung Murai Batu bisa juara dalam lomba burung kicau harus dimulai dari pemilihan bahan yang berkualitas, terutama dari segi mental fighternya. Murai Batu yang prospek dan memiliki mental fighter tinggi bisa dikenali dari ciri-ciri fisik dan juga perilakunya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental jawara:

1. Matanya besar dan melotot seperti mau keluar dengan sorot mata tajam seperti orang yang sedang marah. Hal itu menandakan jika burung tersebut memiliki mental yang kuat dan memiliki karakter menyerang.

2. Postur tubuhnya ramping dan panjang dengan sayap mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya.

3. Berdiri tegak dengan membusungkan dada seperti menantang.

4. Kepalanya papak (ceper) seperti bentuk kepela ular dengan paruh panjang dan tebal.

5. Bulu ekornya lentur dan menyatu.

6. Suara cetrekannya rapat dan keras.

7. Gerakanya lincah dan selalu waspada pada pergerakan Manusia disekitarnya.

8. Nafsu makannya besar.

9. Biasanya burung Murai Batu dengan mental petarung cenderung lebih agresif dan lebih sulit dijinakkan. Tapi meskipun masih giras, ketika bertemu lawan burung tersebut akan langsung konslet tidak peduli lagi dengan keadaan disekitarnya.

Baca juga: Cara setting birahi, emosi dan stamina Murai Batu agar tampil maksimal digantangan

Itulah beberapa ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental jawara yang bisa menjadi referensi untuk memilih bahan Murai Batu yang berkualitas dan dapat membanggakan nantinya.

Karena burung Murai Batu dengan mental yang bagus akan lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan Murai Batu yang bermental jelek.

Ketika dilapangan, yang pertama akan diuji dari Murai Batu lomba adalah ketangguhan mentalnya, karena jika Murai Batu tidak kuat mental pasti akan langsung down begitu bertemu dengan puluhan burung Murai Batu lain di atas gantangan yang rata-rata merupakan burung-burung pilihan dengan kualitas di atas rata-rata Murai Batu kebanyakan.

Jadi intinya, sebagus apapun materinya dan sekuat apapun stamina Murai Batu (MB), hal itu akan sia-sia jika tidak didukung mental yang kuat.

Baca juga: Ciri-ciri trotolan Murai Batu bermental fighter

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Murai Batu bermental fighter yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Murai Batu bermental juara"