Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan perkutut jantan dan betina

gambar burung perkutut jantan dan betina
Perkutut Jantan & Betina
Onkicau.com - Untuk membedakan jenis kelamin burung memang cukup sulit karena antara burung Perkutut jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sama sehingga bagi para pemula pasti akan kesulitan untuk membedakannya.

Tanpa pengamatan yang seksama akan sulit bagi kita yang masih pemula untuk membedakan antara burung Perkutut jantan dan betina. Tapi meskipun terlihat sama, jika diamati dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Perkutut jantan dan burung Perkutut betina.

Baca juga: Ciri-ciri Perkutut lokal yang suaranya besar

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut jantan dan Perkutut betina:

Ciri-ciri Perkutut jantan:

• Jika diperhatikan raut muka burung Perkutut jantan terlihat garang / sangar.

• Selaput kulit disekitar mata Perkutut jantan terlihat lebih tebal dan bulat.

• Bola mata burung Perkutut jantan tampak melotot dengan sorot mata yang tajam.

• Garis belahan pada paruhnya sejajar dengan mata.

• Pupur (bulu yang berwarna putih keabu-abuan dibagian kepala) lebih dari separuh bagian kepala sehingga warna bulu kepala Perkutut jantan terlihat lebih terang dibanding Perkutut betina.

• Kepala burung Perkutut jantan lebih besar dan bentuknya pipih.

• Ukuran tubuh burung Perkutut jantan rata-rata lebih besar dari burung Perkutut betina.

• Supit udang (tulang pubis) Perkutut jantan terasa lebih keras jika ditekan dengan jari.

• Perkutut jantan yang sudah dewasa kelamin akan menunjukkan perilaku yang khas jika berdekatan dengan Perkutut betina, yaitu berbunyi sambil mengangguk-anggukkan kepala (mbekur).

Ciri-ciri Perkutut betina:

• Raut muka Perkutut betina terlihat sayu.

• Selaput kulit disekitar matanya lebih tipis.

• Bola mata Perkutut betina lebih kecil dengan sorot mata yang sayu.

• Garis belahan pada paruhnya berada pada pososi dibawah mata.

• Ukuran tubuh Perkutut betina rata-rata lebih kecil dari Perkutut jantan.

• Pupurnya tidak lebih dari separuh bagian kepalanya.

• Kepalanya kecil dan bulat serta warnanya terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan Perkutut jantan.

• Supit udang (tulang pubis) rata-rata lebih lebar dan terasa lunak / lembek jika ditekan dengan jari.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina paling akurat

Caranya mengetahui jenis kelamin burung Perkutut dari supit udangnya bisa dilakukan dengan cara memegang tubuh burung Perkutut lalu raba tulang supitnya yang berada dibagian perut didekat dubur menggunakan jari telunjuk atau ibu jari.

Jika bagian supit tersebut terasa keras berarti burung Perkutut tersebut berjenis kelamin jantan, dan jika jarak supitnya lebih renggang dan lunak / lembek berarti kemungkinan besar burung Perkutut tersebut berjenis kelamin betina.

Tapi cara ini baru bisa dilakukan setelah piyik / anakan burung Perkutut sudah berumur 4 bulan keatas, karena sebelum berumur 4 bulan supit udang anakan burung Perkutut jantan relatif renggang dan lembek sehingga untuk orang yang masih awam tentang burung Perkutut akan kesulitan untuk menentukan jenis kelaminnya.

Setelah anakan burung Perkutut berumur 4 bulan lebih, apalagi jika sudah berumur di atas 6 bulan maka secara alami supit udang burung Perkutut jantan akan menjadi lebih keras sehingga mudah dibedakan dengan Perkutut betina.

Supit udang pada burung Perkutut dikatakan sempurna jika panjangnya sama dan letaknya sejajar. Perlu juga diketahui bahwa tidak jarang ditemui burung Perkutut yang memiliki supit udang panjang sebelah (salah satu tulang supitnya lebih pendek dan letaknya kurang sejajar).

Burung Perkutut dengan ciri seperti itu walaupun suaranya bagus umunya kurang disukai oleh para Kung Mania karena dianggap cacat secara katuranggan.

Untuk mendapatkan burung Perkutut yang memiliki kualitas suara bagus pilihlah yang berjenis kelamin jantan dengan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan diatas.

Karena burung Perkutut jantan memiliki suara anggungan yang lebih keras dan lebih merdu serta lebih cepat gacor. Walaupun Perkutut betina juga bisa manggung tapi suaranya cenderung kecil dan cempreng.

Baca juga: Cara merawat Perkutut ombyokan agar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Perkutut jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan perkutut jantan dan betina"