Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kencur dan Merica Untuk Burung Perkutut

gambar burung perkutut lokal
Burung Perkutut Lokal
Onkicau.com - Banyak sekali bahan-bahan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai jamu untuk burung Perkutut agar selalu sehat dan rajin manggung, diantaranya adalah kencur dan merica.

Sejak jaman dulu kencur dan merica sudah sering di manfaatkan sebagai jamu untuk Manusia untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit.

Termyata selain bermanfaat untuk Manusia, kencur dan merica juga memiliki beberapa khasiat dan manfaat untuk burung Perkutut.

Baca juga: Cara mengobati burung Perkutut yang sakit flu / pileren

Berikut ini beberapa khasiat kencur untuk burung Perkutut:

1. Menyehatkan burung Perkutut.

2. Dapat melarutkan lendir / dahak yang ada pada tenggorokan burung Perkutut sehingga akan membuat suaranya menjadi lebih jernih.

3. Menyembuhkan radang tengorokan pada burung Perkutut.

4. Melonggarkan rongga saluran pernafasan dan menguatkan nafas burung Perkutut sehingga akan membuat suaranya menjadi lebih lantang.

5. Menguatkan pita suara burung Perkutut sehingga suara anggungannya akan menjadi lebih bagus.

Cara pemberian kencur untuk burung Perkutut:

1. Dilolohkan langsung pada burung Perkutut

Caranya kupas dulu kulit kencur lalu potong kencur seukuran kacang hijau kemudian lolohkan pada burung Perkutut sebanyak 2 - 3 butir setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali.

2. Dibuat air minum untuk burung Perkutut

Caranya kupas kulit kencur kemudian diparut dan dicampur dengan air lalu direbus. Setelah matang kemudian saring airnya dan dinginkan dulu. Setelah dingin air rebusan kencur tersebut bisa diberikan sebagai air minum untuk burung Perkutut.

Baca juga: Jamu tradisional untuk menjernihkan suara burung Perkutut

Berikut ini beberapa khasiat merica untuk burung Perkutut:

1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh burung Perkutut.

2. Melancarkan peredaran darah.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh burung Perkutut.

4. Menghangatkan tubuh burung Perkutut saat cuaca dingin / musim hujan.

5. Dapat meningkatkan birahi burung Perkutut.

Adapun pemberian merica untuk burung Perkutut sebaiknya hanya pada saat cuaca dingin atau musim hujan saja untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut dan untuk menjaga kondisinya agar tetap fit.

Merica tidak di anjurkan diberikan pada burung Perkutut pada saat cuaca panas karena justru akan membuat burung Perkutut tidak bunyi.

Merica sebaiknya hanya diberikan pada burung Perkutut yang sudah dewasa saja sebanyak 3 butir seminggu sekali pada saat musim hujan.

Dan untuk burung Perkutut yang masih muda atau anakan sebaiknya jangan diberikan merica karena pencernaannya belum kuat.

Baca juga: Tips perawatan burung Perkutut saat musim hujan

Demikian sedikit informasi tentang khasiat / manfaat kencur dan merica untuk burung Perkutut yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat Kencur dan Merica Untuk Burung Perkutut"