Advertisement

Perawatan khusus untuk kacer wulung (dada hitam)

Kacer wulung (dada hitam) saat ini memang kalah pamor dengan kacer poci (dada putih), padahal secara kualitas kacer wulung tidak kalah dengan kacer poci. Namun walaupun tidak populer lagi, masih banyak kacer mania yang memelihara burung ini walaupun kebanyakan hanya untuk klangenan dirumah saja. Karena untuk lomba, kacer wulung kurang diminati.

Dari segi penampilan, kacer wulung terlihat sangat gagah karena rata-rata postur tubuh kacer wulung lebih besar dari kebanyakan kacer poci, gaya mainnya juga bagus.
Dari segi mental, rata-rata kacer wulung memiliki mental yang lebih tangguh dari kebanyakan kacer poci. Tapi untuk suara, kacer wulung memang kurang bening (kristal) jika dibandingkan dengan kacer poci, tapi hal itu bisa disiasati dengan pemasteran yang tepat karena kacer wulung termasuk burung yang cukup pintar menirukan suara burung lain.

Untuk perawatan kacer wulung sebenarnya tidak jauh beda dengan perawatan kacer poci pada umumnya, hanya ada beberapa point saja yang dikhususkan.

Perawatan harian kacer wulung:
• Pagi hari burung diembunkan mulai jam 5 pagi, berikan jangkrik 3 ekor.
• Jam 7 pagi burung dimandikan dikeramba, biarkan mandi sampai puas (Seminggu sekali mandikan dengan shampo khusus burung agar bulunya tetap mengkilap dan tidak kutuan).
Sambil menunggu kacer selesai mandi, kandang dibersihkan, voor dan air minum disiapkan.
• Setelah selesai mandi, burung dimasukkan lagi kekandang harian untuk mengeringkan bulu-bulunya. Berikan 3 ekor jangkrik lagi.
• Jemur selama 2-3 jam rutin setiap hari. Voor dan air minum tetap diberikan.
• Setelah selesai dijemur, gantang burung ditempat yang teduh. Berikan kroto segar 1 cepuk. Pemberian kroto cukup 2x seminggu.

Settingan ekstra fooding (EF) untuk kacer wulung:
• Jangkrik 6-6 pagi-sore.
• Ulat hongkong (UH) hanya diberikan saat cuaca dingin saja cukup 5 ekor yang masih berwarna putih (baru ganti kulit).
• Kroto segar 2x seminggu 1 cepuk.
• Kuning telur rebus 1x seminggu. Ambil kuning telur setengah saja lalu potong kecil-kecil taruh dalam cepuk tempat kroto.
• Ulat daun pisang 1 ekor ukuran besar seminggu 1x.
• Buah pepaya bisa diberikan seminggu 2x kalau kacer doyan, kalau tidak doyan, bisa diakali dengan memberikan buah pepaya pada jangkrik terlebih dulu sebelum dikonsumsi kacer.

Pemasteran:
Kunci utama dalam perawatan kacer wulung adalah pemasteran, karena kekurangan kacer wulung adalah pada suaranya yang cenderung ngebas.

Kacer wulung sebaiknya dimaster dengan suara burung-burung kecil yang bersuara nyaring dan ngerol agar nantinya kacer wulung tersebut memiliki variasi isian suara-suara nyaring dan ngerol sebagai suara dominannya.

Pemasteran yang paling efektif adalah pada saat kacer wulung dalam masa mabung, karena pada saat mabung itulah burung lebih banyak diam dan beristirahat. Saat itulah kacer lebih konsentrasi dalam menyerap materi suara yang di ajarkan.

Caranya full kerodong burung yang dimaster , tempel setiap hari dengan burung-burung masteran seperti kenari, ciblek, gelatik, prenjak, dll. kalau untuk tujuan lomba, tambah dengan variasi tembakan dan besetan kasar seperti suara lovebird dan cucak jenggot.

Setelah selesai masa mabungnya, kacer wulung tetap ditempel dengan burung-burung masterannya agar lebih fasih dalam menyanyikan materi isiannya.

DOWNLOAD audio kacer hutan.mp3

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer wulung (dada hitam)

Ikuti Kami Lewat Email