Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan yang tepat untuk kenari mabung

gambar kenari mabung
Pada saat mabung sebaiknya burung Kenari lebih banyak dikerodong

On Kicau - Burung kenari akan mengalami proses mabung pertamanya pada usia 3-4 bulan, yaitu masa pergantian dari bulu piyik ke bulu dewasa. Bulu-bulu piyik akan digantikan oleh bulu-bulu baru yang sudah lebih kuat dengan warna yang lebih tegas dan lebih cerah jika dibandingkan dengan warna bulu lamanya.

Baca juga: Cara merawat Kenari Black Red agar warna bulunya tetap indah

Mabung/ngurak pada kenari umumnya dimulai dari rontoknya bulu-bulu halus terlebih dulu dan kemudian bulu-bulu besar pada sayap dan ekor juga akan rontok. Proses pergantian bulu pada kenari biasanya berlangsung sekitar 8 mingguan dari mulai rontok bulu pertama sampai selesai berganti bulu, sehingga pada umur 5-6 bulanan pergantian bulu itu baru selesai secara sempurna.

Dan biasanya setelah berganti bulu dewasa, suara kenari juga mulai mecah (ngeplong), dari yang sebelumnya hanya ngeriwik dengan irama yang tidak jelas, berubah menjadi lebih keras, lebih berirama khas suara kenari dan sudah mulai belajar ngeroll.

Tapi banyak juga kasus dimana kenari yang sudah berganti bulu dewasa tapi masih tetap ngeriwik. Hal itu disebabkan salah perawatan ketika burung masih piyik atau salah perawatan ketika kenari dalam masa mabung.

Perawatan yang tepat pada saat burung kenari mabung/ngurak:

• Tempatkan kenari yang sedang mabung di tempat yang tenang jauh dari keramaian dan lalu-lalang orang serta gangguan-gangguan lain disekitarnya.

• Full kerodong agar suhu di dalam sangkar lebih stabil dan burung bisa lebih fokus dan tenang dalam menyelesaikan proses mabungnya.

• Lebihkan porsi pakannya dari porsi harian sebelum mabung, karena proses mabung pada burung sangat menguras energi. Pada saat mabung kenari memerlukan banyak asupan nutrisi dan vitamin, semakin lengkap asupan nutrisi yang dikonsumsi, maka kondisi dan performa kenari setelah selesai mabung akan lebih maksimal. Bulu-bulunya juga akan semakin bagus begitu juga dengan kondisi fisik dan suaranya.

• Setiap hari burung dijemur selama 15-30 menit mulai jam 7 pagi, selesai dijemur kandang dibersihkan lalu berikan pakan campuran biji-bijian yang berkualitas, pilih saja pakan khusus kenari dengan merk yang terpercaya. Untuk harga lebih mahal tidak masalah, yang terpenting nutrisi untuk kenari bisa tercukupi. Air minumnya diganti setiap hari.

• Berikan Extra fooding berupa sayuran segar, seperti: Sawi hijau, Sawi putih, Selada, Gambas, Mentimun, Daun mengkudu atau yang lainnya. Berikan sayur-sayuran tersebut secara bergantian setiap harinya.

• Buah-buahan juga perlu diberikan setiap hari secara bergantian. Buah-buahan yang bagus untuk burung kenari, antara lain: Apel, Buah pir, Pepaya, atau buah-buahan manis lainnya.

• Pada saat burung kenari mulai merontokkan bulu-bulunya, berikan telur ayam kampung setengah butir setiap hari agar bulu-bulunya bisa rontok sempurna dan mempercepat proses mabungnya. Setelah bulu-bulu jarum mulai tumbuh, porsi telur ayam bisa dikurangi atau diganti dengan telur puyuh.

• Berikan juga grit setiap hari, karena grit berfungsi untuk membantu sistem pencernaan burung pemakan biji-bijian termasuk burung kenari dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan kalsium burung kenari.

• Seminggu sekali burung dimandikan menggunakan air yang sudah dicampur dengan shampo khusus untuk burung untuk mencegah kutu dan menghaluskan bulu-bulunya. Setelah bulu-bulunya tumbuh sempurna, burung kenari bisa dimandikan setiap hari.

• Selama burung kenari dalam proses mabung, kita juga bisa melakukan pemasteran dengan menggunakan burung-burung masteran yang gacor atau bisa juga menggunakan suara Mp3 burung kenari yang ngerol panjang agar nantinya burung kenari yang kita master tersebut juga bisa bersuara panjang menirukan suara masterannya.

Baca juga:

Cara merawat Kenari bahan agar cepat bunyi

Cara menambah volume dan durasi kicauan burung Kenari

Demikian sedikit informasi tentang perawatan yang tepat untuk kenari mabung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan yang tepat untuk kenari mabung"