Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan prenjak tamu dan prenjak lumut

gambar burung prenjak tamu dan prenjak lumut
Burung Prenjak Tamu dan Prenjak Lumut

On Kicau - Meskipun sama-sama dinamakan burung prenjak dan memiliki penampilan yang mirip, tapi sebetulnya prenjak tamu dan prenjak lumut memiliki banyak perbedaan, meskipun jika dilihat sekilas antara prenjak tamu dan prenjak lumut memang tampak sama. Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama, maka akan tampak jelas sekali perbedaan antara kedua burung tersebut.

Baca juga: Perbedaan Prenjak kepala merah jantan dan betina

Berikut ini beberapa ciri-ciri perbedaan antara burung prenjak tamu dan prenjak lumut:

• Pada burung prenjak tamu, bulu-bulu dibagian kepalanya sampai dibagian pipi, bagian bawah paruh dan sekitar matanya berwarna merah. Sedangkan pada prenjak lumut, warna merahnya hanya pada mahkotanya saja (bagian atas kepala).

• Ukuran tubuh prenjak lumut lebih kecil dibandingkan dengan prenjak tamu/prenjak kepala merah.

• Bulu-bulu dibagian punggung prenjak lumut berwarna kehijauan seperti lumut, karena itulah kenapa burung ini dinamakan prenjak lumut, sedangkan bagian punggung prenjak kepala merah berwarna abu-abu gelap.

• Warna kehitaman pada bagian dada prenjak tamu jantan lebih lebar dan lebih gelap dibandingkan dengan prenjak lumut jantan.

• Paruh bagian atas prenjak lumut berwarna sedikit kehitaman dan paruh bagian bawahnya berwarna putih kemerahan. Sedangkan paruh bagian atas prenjak tamu warnanya lebih gelap, sementara paruh bagian bawahnya berwarna putih kehitaman.

Dipasaran, prenjak tamu/prenjak kepala merah lebih populer dan harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan prenjak lumut. Tapi sebetulnya, suara prenjak lumut tidak kalah bagus dibandingkan dengan prenjak kepala merah. Suara kicauan burung prenjak lumut lebih bervariasi dan juga tidak kalah nyaring dengan suara prenjak tamu.

Perbedaan yang paling menonjol dari prenjak tamu dan prenjak lumut adalah pada warna bulu dibagian punggungnya dan suara kicauannya yang jelas-jelas berbeda.

Baca juga:

Tips perawatan prenjak kepala merah bakalan

Cara merawat dan meloloh anakan burung Prenjak

Demikian sedikit informasi tentang perbedaan prenjak tamu dan prenjak lumut yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung prenjak, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan prenjak tamu dan prenjak lumut"