Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Tledekan gunung jantan dan betina

gambar burung tledekan gunung jantan dan betina
Burung Tledekan Gunung jantan dan betina dewasa

On Kicau - Untuk membedakan jenis kelamin burung Tledekan gunung sebetulnya cukup mudah, karena antara burung Tledekan gunung jantan dan betina memiliki warna bulu yang jauh berbeda.

Suara kicauan burung Tledekan gunung jantan juga lebih bagus dengan banyak variasi kicauan. Volume suaranya juga keras dan tajam, sedangkan suara kicauan burung Tledekan gunung betina cenderung monoton dengan volume suara yang kecil.

Agar tidak salah dalam memilih jenis kelamin burung Tledekan gunung, sebaiknya kita perlu mengetahui perbedaan fisik antara burung Tledekan gunung jantan dan betina sebelum kita membeli dan memelihara burung bertype fighter ini.

Baca juga: Perbedaan fisik Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau

Berikut ini beberapa ciri-ciri burung Tledekan gunung jantan dan betina:

• Kalau kita memilih bakalan burung Tledekan gunung anakan/trotolan, perhatikan warna bulu pada tepi sayap, tepi ekor dan juga ujung ekornya yang cenderung berwarna hitam kebiruan. Sedangkan warna bulu pada anakan burung Tledekan gunung betina pada tepi sayap, tepi ekor dan ujung ekornya cenderung berwarna coklat kusam.

• Pada bulu-bulu burung Tledekan gunung jantan muda sudah terlihat warna biru langit mulai tumbuh di sebagian bulu bagian atasnya, dan pada burung Tledekan gunung jantan dewasa, warna bulunya mulai dari kepala bagian atas, punggung, hingga ujung ekor berwarna biru tua dan warna dari pangkal paruh bagian bawah sampai bagian anus berwarna merah jingga.

• Sedangkan warna bulu pada burung Tledekan gunung betina dewasa, mulai dari kepala sampai ujung ekor berwarna coklat kusam, dan dari pangkal paruh bagian bawah sampai ujung anus berwarna merah jingga pucat.

Jadi untuk membedakan jenis kelamin burung Tledekan gunung dewasa lebih mudah karena warna bulu antara burung jantan dan betina sangat berbeda.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan trotolan Tledekan Gunung jantan dan betina

Perawatan Tledekan Gunung bakalan agar rajin bunyi

Demikianlah sedikit informasi tentang perbedaan Tledekan Gunung jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Tledekan Gunung, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan Tledekan gunung jantan dan betina"