Perbedaan Tledekan gunung jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kelamin Tledekan gunung sebetulnya cukup mudah, karena antara burung jantan dan betina memiliki warna bulu yang berbeda. Secara umum Tledekan gunung jantan juga memiliki banyak variasi kicauan, volume suaranya keras dan tajam. Sedangkan Tledekan gunung betina kicauannya monoton dengan volume suara yang kecil.

Ciri-ciri Tledekan gunung jantan dan betina:

Agar tidak salah dalam memilih jenis kelamin Tledekan gunung, sebaiknya kita perlu mengetahui perbedaan fisik antara Tledekan gunung jantan dan betina sebagai panduan sebelum kita memelihara burung bertype fighter ini.

• Kalau kita memilih bakalan Tledekan gunung anakan/trotolan, perhatikan warna bulu pada tepi sayap, tepi ekor dan juga ujung ekornya yang cenderung berwarna hitam kebiruan. Sedangkan warna bulu pada anakan Tledekan betina pada tepi sayap, tepi ekor dan ujung ekornya cenderung berwarna coklat kusam.

• Pada Tledekan gunung jantan muda sudah terlihat warna biru langit mulai tumbuh di sebagian bulu bagian atasnya, dan pada Tledekan gunung jantan dewasa, warna bulunya mulai dari kepala bagian atas, punggung, hingga ujung ekor berwarna biru tua dan warna dari pangkal paruh bagian bawah sampai bagian anus berwarna merah jingga.

• Sedangkan warna bulu pada Tledekan gunung betina dewasa, mulai dari kepala sampai ujung ekor berwarna coklat kusam, dan dari pangkal paruh bagian bawah sampai ujung anus berwarna merah jingga pucat.

Demikianlah sedikit informasi tentang perbedaan Tledekan gunung jantan dan betina.
Untuk informasi lain seputar Tledekan gunung, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

DOWNLOAD audio tledekan gunung.mp3

Tledekan gunung jantan dan betina