Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi kenari over birahi (OB)

gambar burung kenari ob
Ilustrasi burung Kenari dalam kondisi OB

On Kicau - Over birahi pada burung kicau adalah kondisi dimana tingkat birahi pada burung dalam kondisi yang tidak stabil atau berlebihan yang berakibat pada penurunan performa burung terutama pada burung-burung yang dilombakan. Over birahi bisa di alami oleh semua jenis burung kicau tarmasuk burung kenari.

Baca juga: Cara melatih mental fighter kenari muda

Berikut ini beberapa efek negatif dari over birahi (OB) pada burung kenari:

• Pada burung kenari lomba

Kondisi over birahi (OB) pada kenari lomba memang sangat mengganggu karena burung cenderung akan mengalamai penurunan performa saat dilombakan, suara kicauannya tidak bisa maksimal karena burung menjadi nakal dan agresif, ngeruji dan sering turun kedasar sangkar, bahkan ada yang sampai bertingkah mengejar-ngejar juri sambil mengepak-ngepakkan sayap dengan suara nyricit. Dalam kondisi demikian, tentu tidak akan mendapatkan nilai dari juri.

• Pada burung kenari rumahan

Kondisi over birahi (OB) pada kenari rumahan juga akan menyebabkan kenari yang tadinya gacor cenderung menjadi malas berkicau dan menjadi galak pada pemiliknya dengan bertingkah sering mengembangkan sayap dengan suara nyricit.

• Pada burung kenari yang diternakkan

Kondisi over birahi (OB) pada kenari yang ditangkarkan juga akan mengganggu proses perkawinan kedua indukan karena pejantan menjadi sangat agresif dan mengejar-ngejar indukan betina dengan galak (kasar) sehingga perkawinan tidak bisa berlangsung lancar.

Baca juga: Cara mudah beternak burung kenari

Untuk mengatasi kondisi over birahi (OB) pada burung kenari, bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

• Kurangi atau stop untuk sementara pemberian ekstra fooding (EF) yang berpotensi meningkatkan birahi burung kenari seperti telur puyuh rebus, egg food, kroto dan apel.

• Hentikan sementara pemberian pakan biji-bijian yang berfungsi menghangatkan tubuh burung kenari dan meningkatkan birahi seperti bijian niger seed untuk sementara sampai kondisinya normal kembali.

• Berikan sayur-sayuran hijau seperti selada dan sawi.

• Berikan mentimun setiap hari untuk menurunkan birahi burung kenari sampai kondisi birahinya normal kembali.

• Frekuensi mandi ditambah, misal kebiasaan burung kenari tiap hari dimandikan 1kali ditambah menjadi 2 kali setiap hari.

• Durasi penjemuran dikurangi, misal biasanya burung kenari dijemur tiap hari selama 2 jam dikurangi mejadi 1 jam.

• Kawinkan burung kenari jika kondisi over birahinya sudah terlalu parah, caranya dengan kawin cabut. Masukkan burung kenari jantan kedalam kandang burung kenari betina yang sudah siap kawin, pantau sampai kenari jantan mengawini kenari betina beberapa kali.

Setelah kenari jantan selesai mengawini kenari betina, segera pisahkan lagi keduanya dan jauhkan keduanya jangan sampai kenari jantan melihat atau mendengar suara kenari betina karena akan memicu kembali birahinya.

Lihat kondisi burung kenari jantan keesokan harinya, jika kondisi birahinya masih belum stabil, ulangi lagi proses kawin cabut tersebut sampai kondisi birahi kenari jantan normal kembali.

Baca juga: Kawin cabut untuk mengatasi Lovebird over birahi (OB)

Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi kenari over birahi (OB) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengatasi kenari over birahi (OB)"