Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat terapi sauna untuk Kacer

gambar terapi sauna kacer
Ilustrasi terapi sauna

Onkicau.com - Bagi para Kacer Mania, memelihara burung Kacer dari bahan sampai bisa moncer adalah suatu kebanggaan. Banyak cara yang dilakukan oleh para penggemar Kacer agar gacoannya bisa tampil maksimal ketika dilombakan.

Para pemain Kacer akan melakukan berbagai macam cara untuk memaksimalkan performa gacoannya, dari mulai mencari settingan extra fooding yang tepat, perawatan mandi, penjemuran, pengumbaran dan bahkan sampai melakukan cara-cara yang tergolong ekstrim. Salah satunya adalah terapi sauna, yaitu menjemur burung dalam kondisi sangkar dikerodong.

Sebetulnya terapi sauna biasanya dilakukan hanya pada situasi tertentu saja, misalnya saat burung mengalami susah mabung atau macet mabung.

Dengan menjemur burung sambil dikerodong basah, maka tingkat kelembaban dan suhu didalam kandang akan meningkat sehingga akan memicu rontoknya bulu-bulu burung yang susah mabung.

Tapi belakangan ini banyak Kacer Mania yang melakukan terapi sauna untuk tujuan untuk membuat burung Kacer menjadi lebih bringas dan lebih fighter.

Hal itu memang ada benarnya, karena suhu panas didalam kandang yang meningkat drastis tentunya akan membuat emosi Kacer menjadi tinggi, dan efeknya burung Kacer memang akan menjadi lebih bringas.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Akan tetapi keberhasilan dari terapi sauna untuk Kacer tidak bisa sepenuhnya dipertanggung jawabkan, karena ada yang memang sukses dengan menerapkan terapi ini, tapi tidak sedikit pula yang mengeluh tidak ada perubahan apapun ada burung Kacer-nya setelah diterapi sauna.

Bahkan ada juga yang justru berakibat fatal pada momongannya. Banyak burung Kacer setelah diterapi sauna malah menjadi ngedrop dan bahkan ada yang sampai mengalami kematian.

Untuk melakukan terapi sauna, perlu pemahaman dari para Kacer Mania mengenai dampak positif dan negatif dari terapi ini untuk burung Kacer.

Terapi sauna termasuk cukup ekstrim, karena menjemur burung dibawah terik matahari dalam kondisi sangkar dikerodong akan sangat berisiko bagi burung.

Suhu panas didalam kandang yang dikerodong tentunya lebih tinggi dari penjemuran biasa tanpa dikerodong. Hal itu akan membuat burung Kacer rentan mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, sebelum melakukan terapi sauna, kita harus memperhatikan kondisi fisik burung Kacer dan juga karakternya.

Burung Kacer yang memiliki karakter fighter rendah mungkin cocok diterapi sauna karena bisa mendongkrak emosinya secara signifikan. Kacer dengan tipe ini memang membutuhkan panas yang lebih untuk mendongkrak jiwa tempurnya agar cepat on.

Sedangkan burung Kacer yang memiliki karakter fighter tinggi tidak cocok diterapi sauna karena tingkat emosinya sudah tinggi dan justru harus diredam dengan banyak mandi dan minim jemur.

Jika Kacer tipe fighter tinggi / tipe panas dipaksakan untuk diterapi sauna justru bisa berakibat stress dan ngedrop karena kepanasan.

Baca juga: Mengenal karakter Kacer agar tidak salah perawatan

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan terapi sauna:

1. Burung Kacer yang akan diterapi sauna harus benar-benar dalam kondisi fit.
2. Jangan melakukan terapi sauna pada siang hari dimana matahari sedang terik-teriknya.
3. Tetap sediakan air minum yang bersih didalam kandangnya agar burung Kacer tidak dehidrasi.

Cara melakukan terapi mandi sauna yang benar:

Terapi sauna harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, karena tidak jarang burung Kacer yang diterapi sauna justru berakhir dengan kematian.

Terapi sauna adalah salah satu cara untuk mengkondisikan ruangan yang hangat tapi lembab. Jadi, cara kerja terapi sauna yang efektif adalah tidak sekedar dijemur sambil dikerodong saja.

Berikut ini adalah cara terapi sauna yang dianjurkan:

• Sebelum melakukan terapi sauna sebaiknya harus memperhatikan beberapa kondisi seperti yang telah disebutkan di atas.

• Sediakan air minum bersih didalam kandangnya dan jika burung yang akan diterapi biasa memakan buah, sediakan juga buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pepaya.

• Penjemuran sebaiknya dilakukan sebelum jam 11:00 siang, karena jika melebihi dari jam 11:00 siang, matahari sudah bersinar cukup terik dan bisa menyebabkan Kacer dehidrasi.

• Untuk tahap awal, kerodong sangkar dengan posisi resleting dibiarkan terbuka atau kerodong tidak tertutup sepenuhnya. Setelah diterapi benerapa kali dan Kacer tersebut sudah mulai terbiasa, bisa dilakukan terapi sauna dengan kerodong tertutup penuh.

• Setiap beberapa menit sekali, kerodong yang menutupi kandangnya disemprot dengan menggunakan sprayer sampai basah. Hal ini dilakukan untuk memberikan kelembaban sekaligus menghindari burung dari ancaman heat stress atau dehidrasi.

• Terapi sauna sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, misalnya selam 30 menit sampai 1 jam saja untuk mencegah burung Kacer mengalami mabung lebih awal.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk Kacer mabung agar cepat tuntas

Demikian sedikit informasi tentang manfaat terapi sauna untuk burung Kacer yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat terapi sauna untuk Kacer"