Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kacer Poci (dada putih) vs Kacer Wulung (dada hitam)

gambar burung kacer wulung dan kacer poci
Kacer Wulung dan Kacer Poci

Onkicau.com - Kacer Poci (dada putih) dan Kacer Wulung (dada hitam) sebetulnya adalah burung sejenis. Yang membedakan keduanya hanmya pada warna bulu dadanya saja.

Bulu-bulu dibagian dada Kacer Poci berwarna putih, sedangkan bulu dada Kacer Wulung berwarna hitam polos sampai pada bagian anusnya.

Kedua jenis Kacer ini sama-sama memiliki mental fighter yang tangguh dan juga memiliki gaya tarung (ngobra) yang sama. Jika dilihat sekilas memang tidak ada yang berbeda dari kedua jenis Kacer tersebut kecuali warna bulu dibagian dadanya.

Tapi jika dicermati lebih dalam, sebetulnya ada beberapa perbedaan dari kedua jenis Kacer tersebut selain dari warna bulu dadanya, yaitu suara kicauan dan mentalnya karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga: Cara merawat Kacer Tretes agar cepat gacor dan ngeplong

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Kacer Poci vs Kacer Wulung:

- Kacer Poci (dada putih):

Jenis Kacer inilah yang saat ini sedang digemari oleh para kicau mania, baik yang hanya memeliharanya untuk klangenan dirumah saja atau yang memelihara Kacer untuk tujuan lomba.

Saat ini Kacer Poci lebih mendominasi lomba burung kelas Kacer hampir di semua wilayah, dari mulai latber dikampung-kampung sampai pada event-event besar tingkat Nasional, Kacer Pocilah yang banyak dilombakan. Maka tidak heran jika dipasaran Kacer dada putih lebih diminati oleh para Kacer Mania.

Kacer Poci memiliki keunggulan pada karakter suaranya yang kristal melengking dengan banyak variasi lagu. Gaya tarungnya juga sangat eksotis dengan membuka sayap dan ekor serta leher yang meliuk-liuk (ngobra). Kelebihan lain dari Kacer Poci adalah pada saat tarung akan lebih ngotot, total dan penuh power.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

- Kacer Wulung (dada hitam):

Kacer Wulung saat ini memang kurang diminati, popularitasnya kalah jauh dibanding Kacer Poci. Di arena lomba burung kicau, Kacer Wulung juga jarang terlihat karena jarang sekali ada EO yang membuka kelas khusus untuk Kacer Wulung (dahit). Maka tidak heran jika dipasaran Kacer Wulung sepi peminat.

Harga Kacer Wulung saat ini juga mulai turun, berbeda dengan jaman dulu yang terkesan exclusif jika memiliki burung Kacer Wulung. Jaman dulu harga Kacer Wulung juga jauh lebih mahal dari Kacer Poci.

Dari segi kualitas sebetulnya Kacer Wulung tidak kalah dengan Kacer Poci, penampilan fisiknya juga terlihat lebih gagah dan terkesan garang dengan warna hitam full dibagian dadanya. Bahkan untuk masalah mental dan stamina, rata-rata Kacer Wulung lebih tangguh dibandingkan kebanyakan Kacer Poci.

Kacer Wulung (dada hitam) mampu bertarung berjam-jam tanpa mbagong dan jika Kacer Wulung ditrek dengan Kacer Poci, biasanya Kacer Wulunglah yang lebih unggul dan kebanyakan Kacer Poci akan mbagong.

Kelemahan dari Kacer Wulung (dada hitam) adalah pada type suaranya yang cenderung ngebass, kurang kristal dan terkesan tidak plong atau kurang melengking.

Pada saat tarung, Kacer Wulung juga memiliki gaya ngobra seperti halnya Kacer Poci namun terkesan kurang ngotot.

Jadi, jika kedua jenis Kacer ini dibandingkan maka kelebihan untuk Kacer Poci (dada putih) adalah pada type suaranya yang kristal dengan banyak variasi lagu, sedangkan Kacer Wulung (dada hitam) memiliki kelebihan pada mentalnya yang lebih tangguh.

Baca juga: Perawatan khusus untuk Kacer Wulung (dada hitam)

Demikian sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan Kacer Poci (dada putih) dibanding Kacer Wulung (dada hitam) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kacer Poci (dada putih) vs Kacer Wulung (dada hitam)"