Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat kandang umbaran/polier untuk burung lomba

gambar kandang umbaran
Kandang umbaran

On Kicau - Fungsi kandang umbaran atau polier cukup penting untuk burung kicauan, terutama burung yang diperuntukkan untuk lomba karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari pengumbaran, diantaranya:

1. Menjaga stamina dan fisik burung agar tetap fit karena dengan diumbar, seluruh otot-otot tubuh burung digunanakan untuk bergerak.

2. Menguatkan otot-otot dada dan sayap yang berdampak pada suara burung menjadi lebih lantang dan bertenaga.

3. Menguatkan nafas sehingga burung lebih kuat berkicau dari awal sampai akhir perlombaan. Nafas yang panjang memang bisa dilatih dengan penjemuran yang lama atau bisa juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tapi akan lebih maksimal kalau fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu nafas yang panjang dan stamina yang prima.

4. Mencegah kegemukan, karena dengan terbang bolak-balik dalam kandang umbaran, akan lebih cepat membakar kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak ditubuh burung.

5. Mencegah stres, karena dengan berada dikandang yang besar, burung bisa lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya dan juga menjadi sarana refreshing untuk burung yang sudah terlalu lama berada dalam kandang berukuran kecil (kandang harian).

Tapi harus diperhatikan, untuk melakukan pengumbaran tidak boleh asal-asalan saja memasukkan burung kedalam kandang umbaran. Kita harus melihat kondisi burung yang akan kita umbar, apakah burung perlu diumbar atau malah sebaliknya, burung justru perlu banyak istirahat karena kondisi fisiknya sedang tidak fit. Karena kalau sampai salah analisa, bukannya menjadi lebih baik tapi malah tambah parah (ngedrop).

Burung yang sedang dalam kondisi fisik tidak fit dan dipaksakan untuk berolah raga maka yang terjadi fisiknya akan semakin drop karena staminanya terkuras untuk terbang bolak-balik dalam kandang umbaran.

Burung yang akan diumbar harus dalam kondisi fisik yang fit karena pengumbaran akan benar-benar menguras stamina burung dan dalam melakukan pengumbaran juga harus disediakan pakan dan ekstra fooding (EF) yang cukup serta air minum.

Baca juga: Manfaat penting jangkrik untuk burung kicauan

Pemberian ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dengan porsi tanpa batas pada waktu diumbar bertujuan agar burung tidak kehabisan tenaga karena suplai pakan selalu tersedia. Pembakaran kalori yang besar harus diimbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai agar kondisi fisik burung tidak ngedrop.

Pengumbaran bisa dilakukan 2-3 kali seminggu agar burung tidak kelelahan. Untuk kandang umbaran sendiri penempatannya usahakan yang terkena sinar matahari langsung agar burung bisa sekalian berjemur, usahakan juga agar penempatan kandang umbaran aman dari gangguan predator seperti kucing dan lainnya. Posisi plangkringan dibuat atas bawah yaitu posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang agar burung bisa terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk olah fisik burung.

Dengan melakukan pengumbaran secara konsisten, maka lama-kelamaan fisik burung akan semakin fit dengan stamina yang semakin prima dan nafas lebih panjang sehingga saat dilombakan, burung akan tampil lebih maksimal.

Mungkin pada saat-saat awal pengumbaran biasanya burung akan terlihat ngedrop karena belum terbiasa, tapi setelah terapi umbaran berjalan 1-2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa burung yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung, karena fungsinya mengembalikan burung seperti pada habitat asli dan kodratnya, yaitu terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Burung yang sudah terlalu lama berada dalam sangkar tentunya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk terbang, dan tentunya otot-otot sayap dan dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan secara tidak langsung pasti kondisi tersebut berpengaruh pada kualitas kicauannya.

Baca juga:

Perlunya pemasteran untuk burung lomba

Fungsi dan manfaat kerodong untuk burung kicauan

Demikian sedikit informasi tentang manfaat kandang umbaran/polier untuk burung lomba yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat kandang umbaran/polier untuk burung lomba"