Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fenomena Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin

gambar kacer tipe panas
Burung Kacer Poci

Onkicau.com - Belakangan ini dimedia sosial khususnya di group-group komunitas Kacer sedang ramai membahas topik tentang Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin, bahkan banyak juga yang googling dengan kata kunci tersebut.

Banyak juga pertanyaan yang masuk dikolom komentar blog ini yang menanyakan tentang Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin.

Maka pada kesempatan kali ini saya akan berusaha menjelaskan apa sebetulnya yang dimaksud Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin, sekaligus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung blog On Kicau yang belum sempat saya jawab.

Pengertian tentang Kacer tipe panas dan ciri-cirinya:

Menurut pengamatan saya, yang dimaksud Kacer tipe panas adalah burung Kacer yang memiliki karakter emosional atau biasa disebut tipe fighter tinggi. Kacer tipe inilah yang banyak dicari oleh para pemain lapangan karena lebih mudah disetting dibanding Kacer tipe fighter rendah (tipe dingin).

Karakternya yang sangat agresif terhadap keberadaan burung Kacer lain disekitarnya membuat Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) gampang nampil dilapangan karena sifat fighternya memang luar biasa.

Tapi jika kita tidak bisa mengontrol emosinya yang meluap-luap, maka yang terjadi justru sebaliknya, Kacer tipe ini akan bertingkah nakal dan rawan mbagong.

Baca juga: Cara ampuh untuk mengatasi Kacer mbagong

Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) sebetulnya lebih mudah dikondisikan, dan walaupun hanya dirawat seadanya kebanyakan Kacer tipe ini akan tetap bisa nampil meskipun kurang maksimal.

Perawatan Kacer tipe panas juga cukup mudah, yaitu dengan rutin di embunkan, mandi tiap pagi, jemur secukupnya dan berikan extra fooding (EF) yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh secara drastis.

Jenis extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe panas adalah jangkrik, kroto dan ulat daun pisang. Jika memungkinkan sebaiknya Kacer tipe panas juga di umbar seminggu 2 - 3 kali dan cukup dikerodong pada malam hari saja.

Pengertian tentang Kacer tipe dingin dan ciri-cirinya:

Yang dimaksud Kacer tipe dingin adalah burung Kacer yang lambat panas, kurang emosi atau biasa disebut Kacer tipe fighter rendah. Kacer tipe ini memerlukan treatment lebih rumit dibanding Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas).

Agar Kacer tipe dingin bisa tampil ngotot dan agresif ketika ketemu lawan, maka emosinya harus didongkrak terlebih dulu dengan pola perawatan harian yang cukup rumit, dari mulai durasi penjemuran yang maksimal dan pengaturan jadwal mandi yang tidak boleh terlalu sering serta pemberian jenis extra fooding (EF) yang dapat meningkatkan suhu tubuh burung Kacer seperti ulat hongkong (UH).

Pemberian ulat hongkong bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh burung Kacer tipe dingin agar emosinya bisa meningkat.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Selain itu, pengumbaran dan pengerodongan (full kerodong) untuk hariannya juga diperlukan untuk melatih fisiknya dan untuk menjaga tingkat emosi burung Kacer tersebut.

Sebetulnya antara Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin tidak ada perbedaan dari jenis atau spesiesnya, yang membedakan hanya pada karakternya saja.

Seperti halnya Manusia, ada yang karakternya emosional, ada yang sabar, ada yang pemberani dan ada juga yang penakut. Kedua tipe Kacer tersebut juga bisa berprestasi asal mendapatkan perawatan dan latihan yang tepat.

Soal tipe panas atau tipe dingin, tipe fighter tinggi atau tipe fighter rendah, tipe emosional atau kurang emosi, itu hanya beda penyebutan saja.

Yang terpenting dalam bermain Kacer adalah pemilihan bahan yang prospek kemudian dilanjutkan dengan perawatan harian yang kensisten serta settingan lomba yang tepat dan harus disesuaikan dengan karakter burung Kacer.

Intinya, dalam merawat burung Kacer harus sabar dan telaten sampai kita bisa mamahami karakter dan kemauan dari burung Kacer yang kita rawat agar bisa tampil maksimal dilapangan.

Baca juga: Perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Fenomena Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin"