Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci sukses bermain Kacer

gambar burung kacer didalam kandang umbaran
Kacer Poci

Onkicau.com - Burung Kacer termasuk jenis burung ocehan yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar, bahkan lomba burung kelas Kacer juga selalu ramai peserta.

Hal itu membuat para penggemar burung Kacer berusaha semaksimal mungkin dengan melakukan berbagai macam perawatan agar burung Kacernya bisa tampil maksimal dan menjadi juara saat dilombakan.

Kacer lomba memerlukan perlakuan khusus yang berbeda dengan Kacer rumahan, dari mulai pemilihan bahan, perawatan, perlakuan sehari-hari sampai pada pengondisian dilapangan.

Pola perawatan burung Kacer untuk lomba tentunya jauh berbeda dengan pola perawatan Kacer rumahan, karena bukan perkara yang mudah untuk bisa menampilkan burung Kacer dilapangan, apalagi untuk meraih predikat juara.

Untuk bisa sukses dalam bermain Kacer, kita harus punya pemahaman yang mendalam terhadap burung Kacer yang kita rawat. Dimulai dari pemilihan bahan yang prospek lapangan, perawatan harian, sampai pada settingan dan pengondisian burung Kacer pada saat menjelang lomba.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Berikut ini tips agar sukses bermain Kacer:

Kacer termasuk salah satu jenis burung fighter yang agresif, tapi tidak semua individu burung Kacer memiliki mental fighter yang tangguh.

Jika kita memelihara burung Kacer dengan tujuan untuk dilombakan, maka dalam pemilihan bahan mutlak harus melalui seleksi yang ketat agar kita bisa mendapatkan bahan Kacer yang benar-benar prospek lapangan agar tidak mengecewakan nantinya.

Jika kita membeli burung Kacer dari penangkaran, maka kita harus melihat dulu rekam jejak dari indukannya dan jika membeli Kacer muda hutan, maka kita harus lebih jeli melihat karakternya karena burung Kacer yang dihabitat asalnya merupakan penguasa wilayah akan lebih berpotensi untuk bisa moncer digantangan karena pasti memiliki mental yang tangguh.

Sedangkan burung Kacer yang dihabitat asalnya merupakan pecundang maka akan sangat sulit dibentuk untuk menjadi jawara walaupun sudah dirawat semaksimal mungkin karena mentalnya memang lemah.

Jadi kesimpulannya, kunci kesuksesan dalam bermain Kacer adalah pada pemilihan bahan, sedangkan perawatan harian hanyalah penunjang saja untuk memaksimalkan perforna yang dimiliki burung Kacer tersebut.

Burung Kacer yang dasarnya bagus, mau dirawat seperti apapun akan tetap bagus karena mental adalah modal utama burung Kacer untuk bisa menjadi jawara.

Jadi jangan sampai salah dalam pemilihan bahan Kacer lapangan, karena jika kita salah dalam pemilihan bahan maka hanya akan buang waktu dan tenaga saja dengan gonta-ganti settingan dan perawatan yang sudah maksimal tapi hasilnya tetap nihil.

Baca juga: Beda perilaku antara Kacer bermental juara dan Kacer bermental pecundang

Ciri-ciri burung Kacer yang bagus dan prospek:

1. Mata

Kita bisa membaca karakter burung Kacer dari matanya. Pilihlah burung Kacer dengan mata yang melotot seperti mau keluar dan sorot matanya tajam seolah mengintimidasi.

Buru Kacer dengan ciri seperti itu memiliki mental yang tangguh dan berkarakter menyerang, jadi tinggal memolesnya saja dengan perawatan dan latihan yang tepat.

Jangan memilih burung Kacer yang matanya terlihat redup dan sayu karena mentalnya kurang tangguh. Kacer dengan ciri seperti itu memang bisa gacor dan ngobra juga, tapi mentalnya tidak akan kuat untuk menghadapi intimidasi dari burung Kacer lain yang lebih superior.

3. Postur tubuh (Katuranggan)

Biasanya burung Kacer yang memiliki mental bagus juga akan didukung dengan postur tubuh yang proporsional. Jadi tidak ada salahnya jika kita menggunakan ilmu katuranggan untuk memilih bahan Kacer yang prospek lapangan.

Pilih burung Kacer yang bodi panjang dan ramping tapi padat berisi serta bagian sayapnya mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya. Lebih bagus lagi jika strip putih pada sayapnya lebar.

Pilihlah burung Kacer yang memiliki bentuk kepala papak dan lonjong dengan leher besar dan kokoh serta memiliki paruh tebal, panjang dan lurus.

Pilihlah burung Kacer yang kakinya berwarna hitam dan tampak kokoh dengan cengkeraman jari kaki yang kuat pada tangkringan.

Burung Kacer yang mentalnya bagus biasanya ketika berdiri badannya hampir menempel plangkringan yang menandakan jika burung tersebut selalu waspada dan siap tempur.

Pilihlah burung Kacer yang memiliki bulu rapi, mulus dan mengkilap kebiruan dengan rongga mulut yang berwarna hitam menandakan jika burung tersebut usianya sudah mapan dan mentalnya sudah stabil.

Baca juga: Beda perawatan antara Kacer lomba dan Kacer rumahan

Demikian sedikit informasi tentang kunci sukses bermain Kacer lapangan / lomba yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kunci sukses bermain Kacer"