Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal jenis-jenis burung Kacer serta kelebihan dan kekurangannya

gambar burung kacer poci, kacer wulung raja, kacer wulung lokal dan kacer tretes
Kacer Wulung Raja, Kacer Poci, Kacer Wulung Lokal dan Kacer Tretes

Onkicau.com - Kacer adalah jenis burung kicauan yang popularitasnya tidak pernah surut dari jaman dulu sampai sekarang. Burung fighter ini masih tetap memiliki penggemar fanatik meskipun hobi burung kicau saat ini sedang agak lesu.

Di Indonesia ada empat jenis burung Kacer yang umum dipelihara, baik untuk tujuan lomba atau hanya sekedar untuk klangenan dirumah.

Dari ke empat jenis burung Kacer tersebut adalah Kacer Poci (dada putih), Kacer Wulung Lokal (dada hitam ekor putih), Kacer Tretes (semi Poci dan Wulung) dan Kacer Wulung Raja (ekor hitam).

Ke empat jenis burung Kacer tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berpengaruh pada harga jualnya dipasaran.

Baca juga: Perawatan khusus untuk Kacer Wulung (dada hitam)

Berikut ini 4 jenis burung Kacer yang ada di Indonesia beserta ciri-cirinya:

1. Kacer Poci

Dari ke empat jenis Kacer tersebut yang saat ini paling populer dan paling banyak diminati oleh para Kacer Mania adalah Kacer Poci (dada putih). Karena saat ini yang banyak dilombakan adalah jenis Kacer Poci sehingga popularitasnya semakin meningkat.

2. Kacer Wulung Lokal

Meskipun popularitasnya kini jauh menurun dibanding Kacer Poci, namun masih cukup banyak Kacer Mania yang memelihara Kacer Wulung walaupun hanya untuk klangen dirumah saja, karena saat ini memang sangat jarang ada EO yang membuka kelas khusus Kacer dada hitam dalam gelaran lomba burung kicau.

3. Kacer Tretes

Kacer Tretes adalah Kacer semi Poci dan Wulung. Warna bulu Kacer Tretes hampir sama dengan Kacer Wulung Lokal, bedanya warna bulu pada bagian perutnya terdapat totol-totol berwarna putih, sedangkan bulu dada Kacer Wulung berwarna hitam polos sampai pada bagian anusnya.

Kacer Tretes paling sedikit peminatnya, tapi karena stocknya dipasaran cukup banyak sehingga banyak juga yang memelihara Kacer jenis ini karena harganya juga paling murah dibanding burung Kacer jenis lainnya.

4. Kacer Wulung Raja

Sebetulnya Kacer Wulung Raja banyak peminatnya, tapi karena termasuk langka dan sulit untuk mendapatkannya sehingga tidak banyak orang yang memeliharanya.

Karena kelangkaannya itulah yang menjadikan Kacer Wulung Raja menjadi paling spesial diantara jenis burung Kacer yang lain. Hal itu juga membuat harga pasaran Kacer Wulung Raja menjadi paling mahal diantara jenis burung Kacer yang lain.

Baca juga: Kelebihan Kacer Wulung Raja

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari keempat jenis burung Kacer tersebut:

• Kacer Poci (dada putih)

Kelebihan dari Kacer Poci adalah pada suara kicauannya yang kristal melengking dan bervariasi dengan banyak materi isian serta gaya tarung yang ngotot.

Kekurangan Kacer Poci adalah pada mentalnya yang rata-rata paling lemah dibandingkan jenis Kacer lainnya, walaupun ada juga beberapa individu Kacer Poci yang memiliki mental fighter tinggi.

• Kacer Wulung Lokal (dahit ekor putih)

Kelebihan dari Kacer Wulung Lokal adalah pada mental fighternya yang sangat tangguh dan jarang sekali mbagong ketika ditrek.

Kekurangan Kacer Wulung Lokal adalah pada suara kicauannya yang kurang kristal dan cenderung ngebass (tidak plong) serta irama lagunya kurang harmonis. Gaya tarung Kacer Wulung juga cenderung slow / santai / kurang ngotot.

• Kacer Tretes

Kelebihan dari Kacer tretes adalah pada mentalnya yang cukup bagus, walaupun masih dibawah Kacer Wulung Lokal. Sedangkan suara kicauannya hampir sama dengan Kacer Wulung Lokal.

• Kacer Wulung Raja (dahit ekor hitam)

Kelebihan dari Kacer Wulung Raja adalah pada mental tarungnya yang sangat tangguh serta ditunjang dengan warna bulu hitam dengan postur besar sehingga semakin menambah kesan gagah dan garang pada burung petarung ini. Bahkan kebanyakan Kacer jenis lain jika ditrek dengan Kacer Wulung Raja akan mbagong karena kalah mental.

Kekurangan dari Kacer Wulung Raja hampir sama dengan Kacer Wulung Lokal, yaitu pada tipe suaranya yang cenderung ngebass dengan irama lagu yang kurang harmonis.

Perbandingan diatas berdasarkan rata-rata, karena jenis burung Kacer apapun ada yang memiliki mental bagus dan juga sebaliknya, ada yang memiliki suara bagus dan juga sebaliknya, ada yang memiliki kecerdasan dalam merekam suara masteran dan juga sebaliknya.

Baca juga: Penyebab utama Kacer mbagong dan cara mengatasinya

Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis burung Kacer yang ada di Indonesia beserta kelebihan dan kekurangannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengenal jenis-jenis burung Kacer serta kelebihan dan kekurangannya"