Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Murai Batu (MB) asli Bahorok

gambar murai batu bahorok asli
Ilustrasi Murai Batu Bahorok

Onkicau.com - Murai Batu (MB) Bahorok dikenal memiliki kualitas suara yang bagus dan mental yang paling kuat di antara Murai Batu jenis lainnya, maka tidak heran jika banyak yang memburu Murai Batu Bahorok meskipun harganya tergolong mahal.

Menurut pengamatan dari para pemain Murai Batu, disinyalir bahwa Murai Batu dikawasan Taman Nasional Gunung Leuser sudah terbiasa bertemu dan berinteraksi dengan binatang-binatang yang memiliki bentuk fisik mirip Manusia, seperti Orang Utan yang menjadikan mentalnya menjadi terlatih dan mungkin ketika bertemu dengan Manusia, Murai Batu Bahorok sudah tidak merasa asing lagi.

Apakah mental baja Murai Batu Pasaman, Murai Batu Aceh dan Murai Batu Borneo juga terbentuk dari kondisi dan kebiasaan yang sama..?? Hal itu belum bisa dibuktikan secara pasti karena belum ada penelitian khusus mengenai hal itu.

Murai Batu Bahorok sering disebut sebagai Murai Batu Medan Super, hal itu dikarenakan karakteristik fisik dari Murai Batu Bahorok yang sangat menawan dan enak dilihat dari segala sisi.

Baca juga: Ciri-ciri trotolan Murai Batu yang bermental fighter

Berikut ini beberapa ciri-ciri Murai Batu Bahorok yang asli:

1. Memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak / ceper dan besar namun proporsional yang ditunjang dengan leher jenjang dan besar. Tapi ada juga beberapa individu Murai Batu Bahorok yang memiliki bentuk kepala bulat.

2. Matanya besar dan melotot dengan sorot tajam seolah mengintimidasi.

3. Postur tubuhnya besar dan panjang dengan dada yang lebar dan bidang sehingga terkesan kekar dan atletis.

4. Rata-rata Murai Batu Bahorok memiliki ekor yang panjang dengan ukuran minimal 17 cm dan bulu ekornya tebal serta berdaun lebar.

Secara umum bentuk ekornya normal seperti Murai Batu lainnya, tapi pada wilayah tertentu ada yang bentuk ekornya melengkung kebawah dan di wilayah lainnya ada yang bentuknya melengkung keatas.

5. Warna bulu leher dan punggungnya hitam mengkilap kebiruan jika terkena sinar Matahari.

6. Bulu dada sampai bagian perut berwarna dominan coklat gelap dan ada juga yang berwarna coklat terang.

7. Warna kakinya tidak ada ciri khusus, karena ada yang warna kakinya merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang adalah yang memiliki warna kaki hitam pekat.

Jadi jika dikatakan Murai Batu Bahorok identik berkaki hitam dan berekor lengkung itu juga tidak bisa dikatakan benar 100%.

Jadi, ciri-ciri fisik Murai Batu Bahorok di atas merupakan informasi yang bisa dijadikan referensi umum tapi tidak bisa dijadikan standar atau patokan mutlak untuk semua individu Murai Batu Bahorok.

Murai Batu Bahorok rata-rata memiliki vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi enak didengar. Ini bisa diperhatikan pada saat Murai Batu Bahorok mengeluarkan materi suara alamnya seperti suara tembakan air terjun yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll).

Kombinasi antara suara alam yang ngebass dengan suara-suara hutan yang nyaring melengking begitu indah dan haronis, ditambah dengan penampilan fisik yang begitu gagah dan elegant serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh sehingga menjadikan Murai Batu Bahorok pantas menyandang predikat sebagai burung kicau terbaik di Indonesia.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan Murai Batu Medan super asli dan Murai Batu import

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu asli Bahorok yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Murai Batu (MB) asli Bahorok"