Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat daun krokot untuk meningkatkan performa burung Kenari

manfaat daun krokot untuk kenari
Manfaat daun krokot untuk burung Kenari

On Kicau - Krokot adalah tanaman yang sering dianggap sebagai tanaman hama karena berpotensi mengganggu perkembangan tanaman pertanian. Namun selain anggapan buruk tersebut, ternyata ada manfaat besar dari tanaman ini. 

Selama ini, krokot dikenal sebagai tanaman obat yang banyak dikonsumsi Manusia untuk menjaga kesehatan maupun untuk pengobatan. Krokot juga sering dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan.

Kandungan gizi dalam daun krokot antara lain, omega 3, sodium, alumunium, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan dan masih banyak kandungan zat aktif lainnya.

Tapi selain bermanfaat untuk Manusia, ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan terutama untuk burung Kenari sebagai pakan tambahan atau Ekstra fooding (EF) agar burung lebih rajin bunyi dan memiliki nafas yang panjang saat berkicau serta masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan burung Kenari.

Baca juga: Cara menambah volume dan durasi kicauan burung Kenari

Pemberian daun krokot pada Kenari cukup digantung didalam kandangnya saja dengan posisi yang mudah dijangkau oleh Kenari, tapi sebelum diberikan sebaiknya daun krokot dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengeringkan tanaman ini dengan menjemurnya dibawah terik matahari sampai benar-benar kering lalu menggilingnya sampai menjadi tepung dengan menggunakan blender. Pemberian tepung daun krokot ini bisa dengan mencampurkannya pada pakan biji-bijian atau pakan lainnya seperti egg food.

Daun krokot sebaiknya diberikan setiap 2-3 kali seminggu dengan tetap diselingi pemberian Ekstra fooding (EF) lain terutama sayur-sayuran serta buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Kenari.

Baca juga:

Manfaat daun mengkudu (pace) untuk memperbaiki kualitas suara Kenari

Tips mencetak Kenari isian

Demikian sedikit informasi tentang manfaat daun krokot untuk meningkatkan performa burung Kenari yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat daun krokot untuk meningkatkan performa burung Kenari"