Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat daun mengkudu (pace) untuk memperbaiki kualitas suara Kenari

manfaat daun mengkudu untuk burung kenari
Manfaat daun mengkudu untuk burung Kenari

On Kicau - Buah mengkudu sudah lama terkenal sebagai tanaman obat dengan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Tapi selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, ternyata daun mengkudu juga memiliki khasiat yang besar untuk burung Kenari.

Salah satu manfaat pemberian daun mengkudu untuk Kenari adalah untuk memperlancar sirkulasi darah pada tubuh Kenari, karena daun mengkudu memiliki kandungan berupa fitnutrein seperti scopoletin yang berguna untuk mengatasi masalah pada pembuluh darah yang mengalami penyempitan.  Daun mengkudu memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Selain itu, daun mengkudu juga mengandung enzim, vitamin A, selenium dan nutrisi lainnya.

Baca juga: Daun ginseng Jawa rahasia Kenari juara

Daun mengkudu juga ternyata cukup ampuh untuk membantu sistem pencernaan pada burung Kenari, hal itu disebabkan karena adanya kandungan senyawa dalam daun mengkudu yang menstimulasi serotonin dari dalam otak. Serotonin ini sendiri berperan penting untuk mengatur laju makanan didalam usus dan juga mengatur sistem pencernaan.

Selain untuk memperlancar sirkulasi darah dan untuk memperlancar sistem pencernaan burung Kenari, daun mengkudu juga dipercaya memiliki manfaat lain, yaitu untuk menjaga stamina burung Kenari, merangsang Kenari agar semakin rajin berkicau, serta mengobati serak pada tenggorokan burung Kenari sehingga suaranya menjadi lebih jernih dan lantang. Selain itu, daun mengkudu juga bisa meningkatkan nafsu makan Kenari dan juga mengobati beberapa macam penyakit pada Kenari.

Cara pemberian daun mengkudu untuk Kenari sama dengan pemberian pakan tambahan lain seperti daun sawi dan sayur-sayuran lainnya, yaitu cukup digantung didalam kandangnya saja. Pilih daun mengkudu yang masih muda, sebelum diberikan pada Kenari sebaiknya dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih.

Pemberian daun mengkudu bisa dikombinasikan dengan daun-daun lain seperti daun krokot dan daun ginseng jawa serta sayur-sayuran seperti sawi, lobak, gambas dan lainnya. Berikan juga buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Kenari.

Baca juga:

Cara menambah volume dan durasi kicauan burung Kenari

Cara merawat Kenari muda agar cepat bunyi ngeplong dan ngeroll

Demikian sedikit informasi tentang manfaat daun mengkudu (pace) untuk memperbaiki kualitas suara burung Kenari yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat daun mengkudu (pace) untuk memperbaiki kualitas suara Kenari"