Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silsilah Murai Batu (MB) Balak dan keistimewaannya

gambar muurai batu balak 8
Murai Batu Balak

Onkicau.com - Anggapan tentang Murai Batu (MB) balak yang di anggap memiliki keistimewaan / kelebihan pada volume suaranya yang tembus melengking dengan variasi yang melimpah mungkin hal itu tidak berlebihan karena Murai Batu balak merupakan perpaduan dari dua jenis burung Murai Batu terbaik di Indonesia, yaitu Murai Batu ekor putih (white tail) dan Murai Batu ekor hitam (black tail).

Perpaduan dua jenis Murai Batu tersebut tentunya akan menghasilkan anakan yang mewarisi kualitas dari dari kedua induknya, baik dari segi fisik, suara kicauan dan juga karakternya.

Sebelum kita membahas tentang silsilah Murai Batu balak, terlebih dulu kita harus paham tentang struktur ekor burung Murai Batu (MB).

Baca juga: Ciri-ciri dan bentuk pola ekor Murai Batu  Bordan

Stuktur bulu ekor burung Murai Batu terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. Ekor penyangga: Bentuknya kecil-kecil dengan ukuran yang lebih pendek dan letaknya dibagian bawah / samping yang berfungsi sebagai penyangga atau penahan bulu ekor utama.

2. Ekor utama: Bentuknya lebih panjang yang terletak dibagian atas / tengah yang menjadi ciri khas burung Murai Batu.

Berdasarkan warna bulu ekornya, burung Murai Batu di Indonesia digolongkan menjadi dua jenis, yaitu Murai Batu ekor putih (white rumped shama) dan Murai Batu (MB) ekor hitam (black tail shama).

Murai Batu ekor putih (white tail) memiliki struktur ekor 4 pasang bulu ekor penyangga berwarna putih dan 2 pasang bulu ekor utama berwarna hitam. Tapi ada juga yang memiliki struktur ekor 3 pasang bulu ekor penyangga berwarna putih dan 3 helai bulu ekor utama yang berwarna hitam.

Murai Batu ekor hitam (black tail) memiliki bulu ekor yang semuanya berwarna hitam, baik bulu ekor penyangga maupun bulu ekor utama dengan pola struktur 4 pasang bulu ekor penyangga dan 2 pasang bulu ekor utama. Ada juga yang memiliki pola struktur 3 pasang bulu ekor penyangga dan 3 pasang bulu ekor utama.

Selain dua jenis burung Murai Batu berdasarkan warna bulu ekornya, masih ada satu lagi jenis burung Murai Batu yang bulu ekornya memiliki perpaduan warna antara ekor hitam dan ekor putih pada bagian bulu ekor penyangganya, atau yang biasa disebut Murai Batu balak.

Baca juga: Kelebihan Murai Batu ekor hitam (blacktail)

Murai Batu balak dibedakan menjadi beberapa macam menurut jumlah ekor balaknya, antara lain:

1. Murai Batu balak dua

Pada bulu ekor penyangganya terdapat 2 helai bulu dengan perpaduan warna hitam dan putih.

2. Murai Batu balak empat

Pada bulu ekor penyangganya terdapat 4 helai bulu dengan perpaduan warna hitam dan putih.

3. Murai Batu balak enam

Pada susunan bulu ekornya terdapat 6 helai bulu dengan perpaduan warna hitam dan putih.

4. Murai Batu balak delapan

Pada susunan bulu ekornya terdapat 8 helai bulu dengan perpaduan warna hitam dan putih.

Menurut isu yang berkembang dikalangan penghobi Murai Batu (MB Mania), bahwa Murai Batu balak merupakan jenis Murai Batu langka yang memiliki keistimewaan / kelebihan pada vokalnya yang tembus melengking dengan variasi yang melimpah.

Menurut pendapat dari para pakar Murai Batu, bahwa terjadinya fenomena Murai Batu balak merupakan hasil dari kawin silang alami antara Murai Batu ekor putih (white tail) dengan Murai Batu ekor hitam (black tail).

Kemungkinan hal itu terjadi karena adanya migrasi / perpindahan tempat tinggal yang terjadi dihabitat dari masing-masing kedua jenis burung Murai Batu tersebut.

Misalnya saja Murai Batu Nias raja yang memiliki ekor balak alami dan bukan merupakan hasil kawin silang dari penangkaran. Murai Batu ini berasal dari Pulau Nias yang memiliki ekor balak atau terdapat noktah putih pada bagian ujung dari ekor penyangganya, padahal Pulau Nias merupakan pusat habitat dari Murai Batu ekor hitam.

Kemungkinan hal itu terjadi karena adanya migrasi Murai Batu ekor putih ke wilayah Pulau Nias yang merupakan habitat Murai Batu ekor hitam dan terjadi perkawinan antara kedua jenis Murai Batu tersebut sehingga menghasilkan keturunan dengan pola ekor penyangganya memiliki perpaduan warna hitam dan putih yang disebut Murai Batu Nias raja.

Sebaliknya Murai Batu ekor hitam juga bisa ditemukan di beberapa wilayah di Aceh yang sebagain besar wilayahnya merupakan habitat dari Murai Batu ekor putih. Tapi ternyata juga banyak ditemukan Murai Batu asal Aceh yang memiliki pola ekor balak.

Jadi kesimpulannya, Murai Batu balak adalah keturunan dari hasil kawin silang antara Murai Batu ekor putih dengan Murai Batu ekor hitam, baik yang terjadi secara alami dihabitat aslinya atau yang dhasilkan dari penangkaran dengan campur tangan Manusia (peternak).

Baca juga: Cara beternak Murai Batu agar menghasilkan anakan yang berkualitas

Demikian sedikit informasi tentang silsilah dan asal-usul Murai Batu Balak serta keistimewaan / kelebihannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB) bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Silsilah Murai Batu (MB) Balak dan keistimewaannya"