Advertisement

Settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra

Kolibri Ninja (Konin) sebetulnya termasuk burung yang mudah dipelihara, karena burung ini cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga cepat bunyi asalkan mendapat perawatan yang tepat.

Makanan utama Kolibri Ninja (Konin) dihabitat aslinya adalah nektar bunga dan serangga-serangga kecil, ulat, laba-laba serta binatang-binatang kecil lainnya.

Perawatan Kolibri Ninja (Konin) sebetulnya tidak berbeda jauh dengan burung-burung kecil lainnya. Yang berbeda hanya pakan utama Kolibri Ninja (Konin) yang berupa cairan manis. Selebihnya hampir sama seperti pemberian menu Ekstra fooding (EF) seperti kroto, serangga dan ulat. Tapi untuk Kolibri Ninja (Konin) cukup diberikan Ekstra fooding (EF) kroto saja.

Perawatan harian Kolibri Ninja (Konin):

Agar Kolibri Ninja (Konin) memiliki performa yang maksimal tentunya kondisi fisiknya harus selalu fit, dan agar kondisi fisiknya selalu fit serta staminanya selalu prima, maka Kolibri Ninja (Konin) harus mendapatkan asupan pakan bergizi dalam jumlah yang cukup dan seimbang.

Berikut ini adalah beberapa jenis pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kolibri Ninja (Konin):

• Pakan cair

Pakan utama Kolibri Ninja (Konin) dihabitat aslinya adalah nektar bunga, jadi ketika kita pelihara dalam kandang, pakan cair sejenis nektar bunga tersebut wajib disediakan sebagai pakan utama untuk Kolibri Ninja (Konin).

Kita bisa memberikan air madu murni, susu kental manis atau air gula sebagai pengganti nektar bunga. Bisa juga menggunakan nektar buatan yang saat ini sudah banyak dijual di kios-kios pakan burung untuk menu pakan hariannya. Akan lebih baik jika pemberiannya diselang-seling setiap hari agar bervariasi.

• Ekstra fooding (EF)

Seperti halnya perawatan burung kicau jenis lainnya, pemberian Ekstra fooding (EF) merupakan bagian dari perawatan harian yang sangat penting, karena Ekstra fooding (EF) yang berupa pakan jenis hewani merupakan sumber protein utama untuk burung kicau termasuk Kolibri Ninja (Konin) agar selalu sehat dan rajin berkicau.

Salah satu Ekstra fooding (EF) yang paling umum diberikan untuk Kolibri Ninja (Konin) adalah Kroto, karena kandungan proteinnya yang tinggi dan sangat efektif untuk mendongkrak stamina dan birahi dari Kolibri Ninja (Konin), sehingga bisa lebih gacor dan ngobra.

Selain itu, alasan kenapa kroto yang paling sering digunakan sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Kolibri Ninja (Konin) adalah karena teksturnya yang lembut dan mengandung banyak air sehingga sangat cocok dengan paruh Kolibri Ninja (Konin) yang bentuknya kecil dan panjang, dan sesuai juga dengan kebiasaan Kolibri Ninja (Konin) yang suka mengkonsumsi cairan sebagai pakan utamanya.

Settingan Kolibri Ninja (Konin) agar lebih gacor dan ngobra:

• Setiap hari kalau cuaca cerah, Konin di embunkan mulai jam 05.00. Gantung ditempat yang tinggi, bisa memakai kerekan Perkutut atau gantung diatas pohon yang tinggi. Berikan makanan cair yang baru seperti air madu, susu kental manis, air gula atau nektar buatan, dan ganti juga air minumnya dengan yang baru.

• Jam 07.00 Konin dimandikan dengan disemptot halus menggunakan sprayer atau biar mandi sendiri di cepuk sesuai kebiasaan masing-masing.

• Setelah selaesai mandi, biarkan Konin didis untuk mengeringkan bulu-bulunya.

• Ambil cepuk yang berisi nektar dan berikan kroto segar yang bersih sebanyak 1 cepuk. Pemberian kroto sekenyangnya bertujuan untuk mendongkrak birahi Kolibri Ninja (Konin) agar lebih rajin berkicau.

• Setelah bulu-bulunya kering, kemudian Kolibri Ninja (Konin) dijemur sampai mangap dan gelisah. Durasi penjemuran yang maksimal tersebut bertujuan untuk mendongkrak emosi Kolibri Ninja (Konin) agar terpancing untuk ngobra ketika berkicau.

Setelah selesai dijemur, kemudian Konin ditaruh ditempat yang teduh dan berikan kembali pakan cairnya. Usahakan agar Kolibri Ninja (Konin) tidak ditempatkan bersama Konin lain atau burung-burung lainnya agar mental fighternya tidak hilang.

Lakukan perawatan tersebut secara konsisten setiap hari agar Kolibri Ninja (Konin) menjadi lebih gacor.

Setelah Kolibri Ninja (Konin) menjadi gacor, mulai atur pemberian porsi kroto dan juga durasi penjemurannya.

Jika Kolibri Ninja (Konin) terlalu galak/agresif dan hanya bunyi cit-cit, lompat-lompat sambil buka sayap, atau hanya ngobra saja tanpa keluar suara ketika ditrek atau dicas dengan Konin betina berarti settingannya ketinggian. Solusinya:

• Pangkas porsi pemberian kroto sedikit demi sedikit sampai didapatkan settingan yang pas, yaitu ditandai dengan ngobra dengan mengeluarkan semua materi isiannya saat ditrek atau dicas dengan Konin betina.

• Penjemuran dilakukan secukupnya saja.

Jika saat ditrek atau dicas Konin tersebut tidak bereaksi, atau ngobra tapi suaranya monoton berarti kurang birahi. Solusinya:

• Settingan Ekstra fooding (EF) perlu dinaikkan lagi untuk mendongkrak birahinya.

• Durasi penjemuran ditingkatkan untuk meningkatkan emosinya.

Baca juga:

Cara melatih Kolibri Ninja bahan/bakalan agar mau makan kroto

Tips memilih Kolibri Ninja (Konin) ijoan jantan dikandang ombyokan

Ciri-ciri perbedaan Pleci jantan dan betina paling akurat

Cara merawat Sirtu bakalan agar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi tentang settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra. Untuk informasi lain seputar burung Kolibri bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kolibri Ninja (Konin)

Ikuti Kami Via Email