Cara mengatasi Kacer macet bunyi karena kalah mental

Selama kita memelihara burung kicau, pasti kita pernah mengalami membeli Kacer yang tadinya gacor ditempat pemilik sebelumnya tapi setelah sampai dirumah kita tiba-tiba menjadi macet bunyi.

Masalah tersebut harus dicari tau dulu penyebabnya, karena banyak faktor yang dapat menyebabkan Kacer menjadi macet bunyi, dan terkadang kita salah menganalisa faktor penyebabnya sehingga penanganannya menjadi tidak tepat.

Satu hal yang paling penting harus di ingat, bahwa Kacer adalah burung teritorial yang secara naluri tidak bisa berbagi wilayah dengan Kacer lain atau burung fighter lain seperti Murai Batu (MB).

Karena itu, jika kita membeli Kacer baru, maka yang perlu diperhatikan adalah suasana dirumah kita yang akan menjadi lingkungan baru untuk Kacer yang baru kita beli tersebut.

Jika dirumah kita ada Kacer atau burung fighter lain yang gacor, maka sebaiknya Kacer atau burung lain yang sudah lebih lama kita pelihara tersebut dikerodong dan dikondisikan agar tidak berkicau untuk beberapa hari. Demikian juga dengan Kacer yang baru datang, sebaiknya untuk 1-2 hari dikerodong dulu.

Usahakan untuk menempatkannya secara berjauhan agar tidak saling melihat dan mendengar suaranya terlalu dekat. Setelah 1-2 hari berada dirumah kita, kerodong bisa mulai dibuka agar Kacer yang baru datang tersebut mulai mengenal lingkungan barunya yang akan menjadi wilayah teritorialnya yang baru.

Atur penempatannya agar berjauhan dengan Kacer yang lama atau burung fighter lainnya dirumah agar mentalnya tidak down ketika mendengar suaranya, karena penyebab utama Kacer yang macet bunyi adalah karena kalah mental.

Jadi, jika Kacer yang baru tiba tersebut langsung bertemu dengan Kacer lain penguasa wilayah tersebut yang lebih mapan/lebih dominan, maka akan membuat Kacer yang baru datang tersebut berpotensi menjadi macet bunyi. Kecuali jika Kacer yang baru kita beli teraebut memiliki mental fighter yang kuat tentunya tidak akan menjadi masalah.

Jika Kacer sudah terlanjur macet bunyi karena kalah mental dengan keberadaan Kacer lain atau burung fighter lain dirumah, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengisolasi Kacer tersebut agar tidak melihat dan mendengar suara dari Kacer lain atau burung fighter lain dirumah.

Tempatkan Kacer yang macet bunyi tersebut sendirian ditempat yang tenang dan nyaman jauh dari burung-burung fighter lainnya. Berikan porsi Ekstra fooding (EF) lebih banyak dari porsi hariannya untuk memulihkan fisik dan staminanya.

Lakukan perawatan mandi dan jemur seperti biasa, atau bisa juga untuk aktifitas mandi dan jemurnya dilakukan didalam kandang umbaran agar Kacer lebih leluasa bergerak dan merasa lebih nyaman. Perdengarkan suara Mp3 Kacer untuk memancingnya agar kembali berkicau.

Selain dari masalah tersebut, ada beberapa penyebab lain yang harus ditangani dengan tepat sesuai penyebabnya masing-masing. Dan untuk mengatasi Kacer macet bunyi karena faktor-faktor penyebab lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Baca juga:

Penyebab kanibal pada Kacer dan cara mengatasinya

Penyebab Kacer salto dan cara mengatasinya

Penanganan yang tepat untuk Cucak Ijo (CI) macet bunyi

Cara merawat Kacer mabung/ngurak yang tepat

Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi Kacer macet bunyi karena kalah mental. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci