Cara pemasteran yang paling efektif untuk Pleci

Pleci termasuk burung yang cerdas karena bisa menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya untuk di olah menjadi materi lagunya.

Karena itu, pemasteran adalah salah satu hal yang cukup penting untuk di lakukan ketika kita memelihara Pleci. Tujuan dari pemasteran tersebut agar Pleci memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi.

Pemasteran harus dilakukan secara tepat dan konsisten agar hasilnya bisa lebih optimal. Pemasteran untuk Pleci harus diakukan setiap hari ketika Pleci sedang istirahat maupun ketika Pleci sedang beraktivitas di siang hari.

Pemasteran untuk Pleci dapat dilakukan dengan menggunakan burung-burung masteran dengan jarak antara Pleci dan burung-burung masterannya tidak terlalu dekat, culup agar suara dari burung-burung masteran tersebut masih dapat terdengar dengan intonasi yang jelas oleh Pleci yang dimaster.

Selain menggunakan burung-burung masteran, pemasteran juga dapat menggunakan suara dari Mp3 player dengan volume yang pelan namun masih bisa terdengar dengan intonasi yang jelas oleh Pleci yang dimaster. Berikan jeda agar suara dari Mp3 player tersebut terdengar alami dan mudah direkam oleh Pleci yang dimaster.

Baca juga:

Sistem koloni untuk membuat Pleci lebih gacor

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Pleci serta manfaatnya

Ciri-ciri perbedaan Pleci jantan dan betina paling akurat

Perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh

Demikian sedikit informasi tentang cara pemasteran yang paling efektif untuk Pleci. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci dan burung-burung masteran