Advertisement

Penyebab dan cara mengatasi Lovebird (LB) cabut bulu

Ketika memelihata Lovebird (LB), seringkali kita dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang sering di alami Lovebird, dan permasalahan/perilaku negatif yang sering terjadi adalah perilaku cabut bulu.

Perilaku cabut bulu pada Lovebird (LB) tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya:

Lovebird (LB) cabut bulu karena dipaksa mandi

Coba perhatikan dengan teliti, apakah Lovebird (LB) yang kita pelihara tersebut selalu mencabuti bulu-bulunya setelah kita mandikan dengan cara disemprot..?? Jika demikian, berarti Lovebird tersebut tidak suka dimandikan dengan cara disemprot.

Pada saat Lovebird (LB) sedang tidak ingin mandi, tapi kemudian kita paksa untuk mandi dengan cara disemprot, hal itu menyebabkan Lovebird merasa tidak nyaman dan akan melampiaskan ketidak nyamanan tersebut dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

Untuk mengatasi perilaku cabut bulu tersebut, sebaiknya jangan memandikan Lovebird (LB) dengan cara disemprot. Sediakan saja cepuk mandi didalam kandangnya agar Lovebird mandi sendiri sesukanya. Cara tersebut akan membuat Lovebird lebih nyaman dan tidak akan mencabuti bulu-bulunya lagi.

Lovebird (LB) cabut bulu karena mengalami kekurangan gizi

Kekurangan nutrisi juga dapat memicu timbulnya perilaku cabut bulu. Dan untuk mengatasinya, kita harus memberikan ransum pakan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Lovebird (LB), misalnya:

• Untuk pakan utamanya, berikan campuran biji-bijian yang bervariasi untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

• Ekstra fooding (EF) berupa sayur-sayuran dan buah-buahan juga wajib diberikan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin Lovebird (LB).

• Pemberian asinan seperti tulang sotong juga cukup penting sebagai sumber kalsium bagi Lovebird (LB), sehingga Lovebird tidak perlu mencari sumber kalsium dari bulu-bulunya sendiri.

Selain untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, tulang sotong juga bermanfaat sebagai remisan untuk dikunyah dan dimainkan, sehingga Lovebird (LB) menjadi sibuk dan lupa untuk mencabuti bulu-bulunya.

• Pemberian vitamin tambahan juga perlu dilakukan untuk mempercepat pemulihan kondisi Lovebird (LB).

Lovebird (LB) cabut bulu karena dalam kondisi over birahi (OB)

Salah satu perilaku Lovebird (LB) ketika mengalami over birahi (OB) adalah mencabuti bulunya sendiri. Hal itu disebabkan karena tingkat birahi yang terlalu tinggi dan tidak pernah tersalurkan, sehingga menyebabkan Lovebird menjadi frustasi. Dan perasaan frustasi tersebut kemudian dilampiaskan dengan mencabuti bulu-bulunya sendiri.

Untuk mengobati perilaku cabut bulu yang disebabkan karena over birahi (OB), Lovebird (LB) harus dikawinkan, dan untuk sementara berikan pakan berupa milet putih saja agar birahinya lebih terkontrol.

Lovebird (LB) cabut bulu karena mengalami stres

Banyak faktor yang dapat menyebabkan Lovebird (LB) mengalami stres, di antaranya:

• Karena suasana lingkungan yang tidak kondusif bagi Lovebird (LB) yang membuatnya merasa tidak nyaman dan tertekan.

Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan menempatkan Lovebird (LB) di tempat yang tenang untuk sementara waktu, dan jauhkan dulu dari lingkungan lama yang membuatnya tidak nyaman dan tertekan.

• Pola perawatan dan perlakuan sehari-hari yang tidak sesuai dengan kemauan Lovebird (LB).

Solusinya, yaitu dengan melakukan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kemauan dan karakter dari Lovebird (LB). Jangan memaksakan pola perawatan yang tidak disukai Lovebird karena akan membuatnya merasa tidak nyaman dan akan melampiaskannya dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

• Karena Lobebird (LB) terlalu lama hidup sendiri tanpa pasangan.

Untuk masalah yang satu ini, solusinya adalah dengan mencarikan teman/pasangan untuk Lovebird (LB) tersebut. Masukkan Lovebird yang berperilaku kanibal tersebut kedalam kandang besar/polier untuk di koloni bersama dengan beberapa ekor Lovebird jantan atau betina lainnya.

Cara tersebut lebih efektif untuk mempercepat Lovebird (LB) mencari pasangannya sendiri. Selain itu, sistem koloni juga dapat mengurangi tingkat stres pada Lovebird karena dapat bersosialisasi dengan sesama jenisnya, sehingga Lovebird tidak akan stres lagi dan tidak akan mencabuti bulu-bulunya lagi.

Baca juga:

Cara ampuh mengatasi Lovebird (LB) gestang

Perbedaan warna antara Lovebird biru mangsi dan Lovebird biru cobalt

Ciri-ciri perbedaan Lovebird Pastel Kuning (Paskun) dan Lovebird Lutino

Perawatan harian Lovebird (LB) muda/paud agar rajin ngekek

Demikian sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi Lovebird (LB) cabut bulu. Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird kanibal/cabut bulu

Ikuti Kami Via Email