Advertisement

Perbedaan fisik dan perilaku antara Anis Kembang (AK) jantan dan betina

Anis Kembang (AK) termasuk burung monomorfik, yaitu antara burung jantan dan burung betina memiliki penampilan fisik yang tampak serupa. Untuk membedakan jenis kelaminnya, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membedakan keduanya.

Tapi perbedaan tersebut akan terlihat cukup jelas jika ada perbandingan dengan beberapa Anis Kembang (AK) jantan dan betina secara bersamaan. Karena kalau hanya ada satu ekor Anis Kembang (AK) saja, bagi yang belum berpengalaman/pemula tentu akan kesulitan untuk menentukan atau mengenali jenis kelaminnya.

Ciri-ciri umum yang sering digunakan untuk membedakan Anis Kembang (AK) jantan dan betina di antaranya adalah pada bentuk dan struktur mata serta kelopak matanya, warna bulunya (kontras/pudar), cara berdirinya, dan juga cara ngeriwiknya.

Ciri-ciri Anis Kembang (AK) jantan dan betina:

• Secara umum bentuk mata Anis Kembang (AK) jantan terlihat lebih menonjol dengan sorot mata tajam, sedangkan Anis Kembang (AK) betina memiliki bentuk mata yang tidak menonjol (datar) dengan sorot mata sayu.

• Postur tubuh Anis Kembang (AK) jantan terlihat panjang dan serasi, sedangkan postur tubuh Anis Kembang (AK) betina terlihat lebih pendek dan bulat (buntet).

• Warna paruh Anis Kembang (AK) jantan lebih gelap dari yang betina.

• Bulu Anis Kembang (AK) jantan lebih mengkilap dan warnanya lebih tegas/kontras, sedangkan bulu Anis Kembang (AK) betina terlihat lebih kusam/pudar.

• Ekor Anis Kembang (AK) jantan lebih panjang dari yang betina.

• Pada bagian pantat Anis Kembang (AK) jantan, juga terlihat ada bulu hitam atau abu-abu yang berlekuk-lekuk menyerupai pola gambar awan, sementara pada Anis Kembang (AK) betina, warna bulu pada bagian pantatnya hanya satu warna saja, yakni putih (bisa terang/bisa keruh). Namun membedakan jenis kelamin dengan cara ini tidak bisa diterapkan untuk Anis Kembang (AK) yang masih trotolan.

• Supit udang Anis Kembang (AK) jantan jaraknya lebih rapat dan runcing, serta terasa keras kalau ditekan dengan jari, sedangkan supit udang Anis Kembang (AK) betina jaraknya lebih lebar dan terasa lembek/lunak kalau ditekan dengan jari.

• Untuk Anis Kembang (AK) trotolan, jika pada saat ngeriwik dengan membuka paruh, maka kemungkinan adalah jantan, tapi jika pada saat ngeriwik hanya terlihat lehernya saja yang menggelembung tanpa membuka paruh meski terdengar cukup keras kemungkinan adalah betina.

• Jika dilihat dari cara atau gaya berdirinya, Anis Kembang (AK) jantan cenderung merapatkan kaki, sedangkan Anis Kembang (AK) betina sedikit merenggangkan kaki dan agak menunduk.

• Anis Kembang (AK) jantan yang sudah birahi, jika didekatkan dengan betina akan menanduk-nanduk dengan gaya seperti ular kobra, sedangkan Anis Kembang (AK) betina yang sudah birahi, jika didekatkan atau mendengar burung jantan berkicau, akan menggetar-getarkan sayapnya atau membuka-tutup sayapnya terus-menerus.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Anis Merah (AM) jantan dan betina

Ciri-ciri yang membedakan Kacer trotolan jantan dan betina

Ciri-ciri perbedaan Sirtu/Cipoh jantan dan betina yang akurat

Demikian sedikit informasi tentang perbedaan fisik dan perilaku antara Anis Kembang (AK) jantan dan betina. Untuk informasi lain seputar Anis Kembang (AK), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anis Kembang (AK) Jantan dan Betina

Ikuti Kami Via Email