Tips memilih bahan Pleci yang prospek

Pleci adalah burung yang istimewa, karena walaupun ukuran tubuhnya kecil, tapi burung ini cukup cerdas untuk menirukan suara-suara burung lain dengan cepat dan fasih hanya dengan mendengar suaranya dalam beberapa hari saja.

Maka tidak heran jika burung mungil ini memiliki banyak penggemar fanatik yang biasa disebut PLEMAN (Pleci Mania). Walaupun pamor Pleci saat ini sedang redup, tapi para Pleman tetap setia merawat Pleci dengan sepenuh hati meskipun sepi gantangan.

Walaupun tidak seramai masa jayanya, tapi Pleci tetap masih banyak dicari, terutama untuk bahan ombyokannya yang sekarang ini sudah jarang ditemui di pasar-pasar burung.

Untuk memilih Pleci yang prospek, terutama dalam kandang ombyokan memang tidak mudah, butuh kejelian dalam memilihnya.

Dan berikut ini adalah beberapa cara dalam memilih bahan Pleci ombyokan yang prospek, agar nantinya Pleci ombyokan yang kita beli tersebut dapat membanggakan kita.

• Harus berkelamin jantan

Ciri-ciri Pleci jantan antara lain:
- Postur tubuh lebih panjang.
- Bentuk kepala lebih besar.
- Ekor lebih panjang dan ujungnya berbentuk huruf "V".
- Warna bulunya lebih cerah dan bersih.
- Pen dubur lebih panjang dan ditumbuhi bulu.
- Lingkar mata/kaca matanya lebih tebal dan putih bersih.
- Matanya lebih besar dan terlihat melotot.
- Pleci jantan juga memiliki nada "call" yang lebih keras daripada Pleci betina.
- Perilakunya lebih lincah dan agresif.

• Pilih yang usianya masih muda

Sebaiknya pilihlah Pleci yang masih muda karena lebih mudah dibentuk dan masih bisa di master dengan suara-suara yang kita inginkan.

Selain itu, Pleci yang masih muda juga tidak gampang stres sehingga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga akan lebih cepat gacor.

• Pilih Pleci yang memiliki katuranggan bagus

- Pilih Pleci yang memiliki postur tubuh tubuh proporsional atau serasi antara tubuh, kaki, leher, serta ekor harus serasi.

- Pilih Pleci yang memiliki kaki jenjang/jingkring dengan jari-jari kaki yang panjang dan cengkeraman yang kuat. Hal ini menandakan Pleci memiliki power yang kuat dan gaya main yang bagus.

- Pilih Pleci dengan bentuk kepala besar dan cepak dengan dahi menonjol ke depan. Ciri tersebut menandakan bahwa Pleci memiliki kecerdasan yang bagus dan juga mental tarung yang tangguh.

- Pilih Pleci yang memiliki mata besar dan melotot, karena Pleci dengan ciri tersebut memiliki mental fighter yang bagus.

- Untuk mendapatkan power suara yang bagus, pilihlah Pleci yang memiliki paruh tebal, besar, dengan pangkal paruh yang lebar.

- Pleci yang prospek juga dapat dilihat dari bentuk lehernya yang padat dan panjang serta bentuk dada yang bidang.

- Pilih Pleci yang memiliki ekor panjang dan rapi dengan bulu-bulu tubuhnya juga rapi dan mengkilap dengan warna cerah dan kontras.

Baca juga:

Buah-buahan yang bagus untuk membuat Pleci lebih gacor

Cara pemasteran yang paling efektif untuk Pleci

Sistem koloni untuk membuat Pleci lebih gacor

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Pleci serta manfaatnya

Demikian sedikit informasi tentang tips memilih bahan Pleci yang prospek. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci Ombyokan