Advertisement

Cara mengatasi Kacer yang sering nyiblek

Kacer nyiblek merupakan hal yang wajar karena perilaku tersebut merupakan perilaku alami dari seekor Kacer ketika kondisinya sedang tidak nyaman.

Kacer nyiblek biasanya karena merasa terancam atau ada sesuatu yang mengganggunya. Perilaku nyiblek juga sering dilakukan oleh Kacer yang terlalu jinak dan manja terhadap pemiliknya, biasanya sambil menggetar-getarkan sayap dan ngeriwik didasar kandang ketika pemiliknya mendekat.

Kacer yang sering berperilaku seperti itu, sudah tidak tampak lagi karakternya sebagai burung fighter yang garang karena jiwa fighter Kacer tersebut sudah mulai luntur.

Untuk mengatasinya, maka pola perawatan harian yang selama ini diterapkan pada Kacer yang jinak dan manja tersebut harus dirubah total karena jika melihat tingkah lakunya yang kolokan, berarti sudah jelas pasti ada sesuatu yang salah pada pola perawatan Kacer tersebut selama ini.

Rubah pola perawatan hariannya:

• Jangan sering digoda, sebaiknya Kacer lebih banyak dikerodong (full kerodong) setiap harinya.

• Berikan Ekstra fooding (EF) jangkrik sekenyangnya ditambah ulat hongkong (UH) pada sore hari cukup 10-15 ekor saja. Stop pemberian kroto untuk sementara.

• Mandikan Kacer cukup seminggu sekali saja untuk menekan birahinya dan menjaga emosinya agar tetap stabil.

• Jemur Kacer selama 2-3 jam rutin setiap hari, atau sampai terlihat mangap dan gelisah baru di angkat dan diteduhkan. Setelah dijemur berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang diteteskan pada air minumnya kemudian Kacer dikerodong kembali.

• Umbar dan berikan untulan berupa burung kecil atau pakan hidup seperti cicak, kadal kecil, atau katak kecil agar diburu dan dimangsa oleh Kacer untuk mengembalikan sifat ganasnya.

Lakukan perawatan tersebut secara konsisten selama kurang kebih satu bulan atau sampai kondisi Kacer yang kolokan tersebut membaik.

Baca juga:

Penyebab dan cara mengatasi Kacer nyilet

Cara membuat Kacer bahan/bakalan muda hutan (MH) langsung bunyi

Cara mengatasi Kacer macet bunyi karena kalah mental

Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi Kacer yang sering nyiblek. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer jinak

Ikuti Kami Via Email